x

Sedang Berjuang Lolos Piala Asia, Shin Tae-yong Blak-blakan Diminta PSSI 'Turun Pangkat' ke Tim Junior

Sabtu, 11 Juni 2022 15:02 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
Rumor itu akhirnya jadi kenyataan, Shin Tae-yong diminta untuk tidak mengampu Timnas Indonesia di level senior di tengah perjuangannya lolos ke Piala Asia.

INDOSPORT.COM - Rumor itu akhirnya jadi kenyataan. Shin Tae-yong blak-blakan diminta PSSI untuk tidak mengampu Timnas Indonesia di level senior di tengah-tengah perjuangannya lolos ke Piala Asia. 

PSSI melalui ketua umunya, Mochammad Iriawan, menyampaikan jika Shin Tae-yong bakal turun pangkat untuk menangani Timnas Indonesia di sektor junior. 

Baca Juga

Sejatinya, isu pemangkasan jabatan Shin Tae-yong melatih tim junior sudah berembus dalam beberapa pekan terakhir. 

Dalam beberapa kesempatan, Mochammad Iriawan alias Iwan Bule blak-blakan berencana memfokuskan Shin Tae-yong untuk menangani Garuda Muda saja.

Iwan Bule merasa jika pelatih asal Korea Selatan tersebut keteteran mengampu Timnas Indonesia di berbagai umur, mulai junior hingga senior.

Baca Juga

Selain itu, Shin Tae-yong juga dianggap hilang fokus. Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong sudah dua tahun menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, walau belum ada trofi juara yang ia dapatkan bersama Garuda.

Padahal, Shin Tae-yong menukangi tiga sektor, yaitu Timnas U-20, Timnas U-23, dan Timnas Senior. Namun, prestasi tim hanya mentok di posisi runner-up, belum juara.

Itulah sebabnya, berdasarkan evaluasi tersebut Iwan Bule menilai jika Shin Tae-yong diminta fokus untuk menangani Timnas Indonesia muda saja.

Baca Juga

Kini isu tersebut mendekati kenyataan. Dalam sebuah video pada Jumat (10/06/22), Iwan Bule mengonfirmasi jika PSSI akan mempekerjakan Shin Tae-yong sebagi pelatih Timnas U-20.

Menurut Iwan Bule, Komite Eksekutif (Exco) sudah satu suara alias sepakat dengan wacana tersebut. Kabar tersebut seolah jadi pukulan bagi Shin Tae-yong yang tengah fokus berjuang di Kualifikasi Piala Asia 2023.


1. Bakal 'Turun Pangkat'

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Pada Jumat (10/06/22) Iwan Bule selaku ketua umum PSSI akhirnya buka suara mengenai teka-teki liar yang menyelimuti masa depan Shin Tae-yong.

Iwan Bule menyampaikan jika Shin Tae-yong akan dipekerjakan PSSI sampai kontraknya rampung yakni 2023 mendatang. Ia menjamin jika Shin Tae-yong tak akan didepak sampai masa tinggalnya berakhir.

Baca Juga

"Buat federasi kita harus menghormati kontrak yang bersangkutan. Kontraknya adalah 4 tahun yaitu sampai 2023 mendatang," ujar Iwan Bule.

"Oleh sebab itu kita sepakati dulu bahwa kontraknya harus kita hargai. Artinya dia masih berlanjut melatih Timnas kita," tegasnya.

Akan tetapi, menurutnya Shin Tae-yong bakal difokuskan untuk menangani Timnas Indonesia usia muda. Keinginan Iwan Bule sudah ia sampaikan langsung pada Shin Tae-yong.

Baca Juga

"Kemarin di sela-sela kongres, STY kita panggil. Kebetulan waktu itu memimpin dan dilaporkan kepada saya di sana disampaikan apa yang STY lakukan tentang 3 kelompok umur tersebut," ujarnya.

"Akhirnya kita berdiskusi, setelah itu dengan exco kita menginginkan nanti kelompok umur 20 saja yang dilatih oleh STY," terangnya.

Kendati begitu, keputusan berada di tangan Shin Tae-yong. Ia bakal mengkomunikasikan tersebut usai Timnas Indonesia berjuang di Kualifikasi Piala Asia 2023. 

Baca Juga

"Tapi kita belum pasti, apa jawaban yang bersangkutan. Kita tunggu pulang dari Kuwait. Kita akan diskusi kembali," ujarnya.

"Yang jelas federasi dengan Exco sudah sepakat bahwa kita inginkan kelompok umur 20 untuk persipan maksimal kepada Piala Dunia tahun depan. Jadi fokus," tandasnya.


2. Pelatih Yordania Ngamuk ke AFC

Pelatih Timnas Yordania, Adnan Hamad. Foto: Instagram@jordan.fa

Pelatih Timnas Yordania, Adnan Hamad, luapkan kekesalan terhadap federasi AFC jelang pertandingan kedua kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Timnas Indonesia. Ada apa?

Pelatih Adnan Hamad mengkritisi AFC yang tidak memperhatikan fasilitas untuk para pemain, terutama akses masuk ke kamar penginapan.

Adnan Hamad menjelaskan, bahwa anak asuhannya yakni Musa Al Taamari yang alami cedera harus berjalan cukup lama bahkan menaiki tangga sebanyak empat kali sebelum masuk ke ruang istirahat.

"Saya menyampaikan kata-kata saya kepada Konfederasi Asia (AFC). Tidak terbayangkan bahwa seorang pemain yang memainkan pertandingan 90 menit dan mengalami cedera 'memar',”

“Harus berjalan selama 20 menit dan menaiki tangga dari 3 lantai 4 kali," katanya dilansir dari almamlakatv.

Baca Juga
PSSIIwan SetiawanTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini