x

Timnas Indonesia Dibekap Yordania di Kualifikasi Piala Asia, Netizen: Siapa Aktor Utama Kekalahan?

Minggu, 12 Juni 2022 16:45 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Indra Citra Sena
Timnas Indonesia dibekap Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023, netizen mempertanyakan aktor di balik kekalahan tersebut.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dibekap Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023, netizen mempertanyakan aktor di balik kekalahan tersebut.

Menjalani matchday kedua fase grup Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia gagal meneruskan tren apik.

Baca Juga

Seperti diketahui, pada matchday pertama beberapa hari lalu, skuat Garuda membuat kejutan dengan membekuk tuan rumah Kuwait 1-0 sehingga bertengger di posisi kedua klasemen Grup A.

Hasil itu pun menjadi modal bagus bagi Marc Klok dkk untuk menghadapi Yordania di laga kedua, Minggu (12/06/22) dini hari WIB.

Menghadapi tim terkuat di Grup A itu, pelatih Shin Tae-yong kembali menurunkan pola 3-4-3 yang sebelumnya sukses membawa mereka mempermalukan Kuwait.

Baca Juga

Yordania yang memburu kemenangan kedua setelah di laga sebelumnya mengalahkan Nepal, tampil agresif. Namun, Elkan Baggott dkk di lini belakang bisa meredam Ali Olwan dkk sehingga babak pertama tuntas 0-0.

Tiga menit babak kedua berjalan, Yordania akhirnya sukses memecah kebuntuan. Memanfaatkan umpan silang Mousa Mohammad Suleiman, Yazan Abdallah Alnaimat sukses menjebol gawang Nadeo Argawinata.

Yordania nyaris saja menggandakan keunggulan di menit ke-78. Beruntung bagi Timnas Indonesia, eksekusi penalti Mohammad Faisal Zraiq gagal membuahkan hasil. Laga pun akhirnya berakhir 1-0 untuk kemenangan Yordania.

Baca Juga

Hasil ini membuat Timnas Indonesia tak beranjak dari posisi kedua klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Meski sulit menjadi juara grup, Garuda masih berpeluang lolos sebagai 1 dari 5 runner up terbaik.

Usai hasil pahit tersebut, netizen mempertanyakan aktor di balik kekalahan tersebut yang seolah menyinggung sosok Iwan Bule. 


1. Sindir Iwan Bule?

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan (kiri) saat meresmikan lapangan Soccer Training Sabilulungan Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (22/07/20).

Sindirian tersebut dilontarkan oleh beberapa netizen yang mempertanyakan klaim hasil akhir kekalahan Timnas Indonesia atas Yordania.

"Kalau kalah, siapa aktor dibalik Timnas ??? Tdk di klaim lg," cuit akun @MuhAzwar17.

Baca Juga

"Kira-kira kekalahan kekalahan Timnas Indonesia pagi ini ? A. KETUM PSSI B. IWAN BULE C. SEMUA STAF YANG ADA DI PSSI jawaban yang benar akan mendapatkan poin ganda," cuit akun @cangcorang_swah.

"Hayo siapa aktor di balik kekalahan? Kalian tau siapa lah orangnya wkwk," cuit akun @akubisajelasin_.

"Siapa tokoh kekalahan Timnas Indonesia dari Jordan? Jawabannya jelas Iwan Bule" Nunggu judul artikel diatas keluar di web PSSI ehe," cuit akun @izzudin_gooners.

Baca Juga

"Siapa tokoh utama di balik kekalahan Indonesia (0-1) atas Yordania? Jawabannya jelas: Iwan Bule..! Sejak memimpin PSSI pada 2 November 2019, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, sejauh ini gagal mengangkat prestasi timnas dan membuat Liga berjalan baik," cuit akun @abdulbf.

Iwan Bule memang tengah jadi sorotan menyusul klaim dari rilis anyar di laman PSSI yang menyebut jika dirinya adalah  tokoh utama yang memiliki andil besar dalam momen Indonesia menggebuk Kuwait.

"Siapa tokoh utama di balik kemenangan hebat Indonesia atas Kuwait? Jawabannya jelas: Iwan Bule," tertulis di rilis resmi PSSI yang berjudul 'Pecahnya Rekor 42 Tahun'.

Baca Juga

"Di masa kepemimpinannya selama dua tahun tujuh bulan, Indonesia sudah dua kali mencapai final level tertinggi Asia Tenggara,"

"Yakni final SEA-Games 2019 dan final Piala AFF 2021. Lalu semifinal SEA-Games 2022."


2. Shin Tae-yong Irit Bicara

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak dapat berkomentar banyak pasca-kekalahan timnas Indonesia dari Yordania, Minggu (12/6/22) dini hari WIB.

Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia tak bisa berbicara banyak. Namun, dia menerima kekalahan dari Yordania.

Meski begitu, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi kinerja para pemainnya. Baginya, Fachrudin Aryanto dkk. sudah berjuang keras di atas lapangan.

"Saya tak bisa bicara banyak terkait kekalahan ini, tapi saya tetap mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain yang sudah bekerja keras," ucap Shin Tae-yong selepas laga.

Timnas Indonesia sendiri masih memiliki satu pertandingan lagi, yakni menghadapi Nepal yang akan berlangsung pada Rabu (15/6/22) dini hari WIB.

Baca Juga
YordaniaTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini