x

Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023, Gerakan ‘STY Stay’ dan ‘Iwan Bule Out’ Bergema

Rabu, 15 Juni 2022 13:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Gerakan ‘STY Stay’ dan ‘Iwan Bule Out’ bergema di dunia maya menyusul keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Gerakan ‘STY Stay’ dan ‘Iwan Bule Out’ bergema di dunia maya menyusul keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia baru saja mengakhiri penantian 15 tahun untuk bisa mentas di panggung sepak bola terbesar se-Asia tahun depan.

Baca Juga

Hal tersebut dipastikan usai tim Garuda mengalahkan Nepal 7-0 pada laga penutup Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/06/22) dinihari WIB.

Lima gol Timnas Indonesia masing-masing dicetak oleh Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan. Sementara dua gol lainnya disumbangkan Witan Sulaeman.

Baca Juga

Dengan demikian, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Mereka jadi salah satu runner-up terbaik usai finis dengan enam poin dan surplus tujuh gol. 

Keberhasilan skuad besutan Shin Tae-yong ini disambut gegap gempita oleh seluruh pendukung Timnas Indonesia. Sambutan ini bahkan sampai merembet ke dunia maya.

Baca Juga

Para pendukung mengapresiasi kemampuan Marc Klok dkk saat melampui target setidaknya seri lawan Nepal yang sebelumnya dipatok Shin Tae-yong agar lolos ke Piala Asia.

Di antara sambutan positif dari para pendukung tersebut, ternyata muncul gerakan ‘STY Stay’ dan ‘Iwan Bule Out’ yang bergema di dunia maya, khususnya di Twitter.


1. Netizen: Shin Tae-yong Harus Dipertahankan

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

Taggar ‘STY Stay’ ini digemakan oleh pendukung yang berharap pelatih Shin Tae-yong dipertahankan karena berhasil membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia untuk pertama kalinya sejak 2007.

Baca Juga

Seorang netizen mengucapkan terima kasih khusus kepada Shin Tae-yong, dengan menambahkan deretan taggar #STYStay yang tidak boleh diperdebatkan lagi. 

Sebuah basis pendukung timnas di Twitter menekankan bahwa Shin Tae-yong adalah aktor utama di balik keberhasilan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Netizen lainnya ikut bangga dengan pencapaian Timnas Indonesia. Ini menunjukkkan Timnas Garuda sudah naik levelnya di kancah internasional. Taggar #STYStay juga tetap digemakan. 

Lewat beberapa postingan tersebut, netizen nampaknya berharap Shin Tae-yong tidak dipecat dan akan tetap melatih Timnas Indonesia senior hingga Piala Asia 2023. 

Perlu diketahui, sosok Shin Tae-yong belakangan memang menjadi topik hangat di kalangan pendukung Timnas Indonesia. Hal ini bermula dari rencana PSSI  menurunkan jabatan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-20 saja.

Rencana ini diungkapkan Ketum PSSI, Iwan Bule, menyusul kekalahan skuad senior dari Yordania di matchday kedua kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

Menurut PSSI, Shin Tae-yong dinilai keteteran mengurusi tiga kelompok umur Timnas Indonesia. Sementara Timnas Indonesia U-20 dalam waktu dekat akan tampil di ajang Piala Dunia U-20.

Terkait wacana PSSI ini pun menimbulkan banyak respon. Dimana dinilai bisa mengganggu Shin Tae-yong yang sedang berjuang bersama Timnas Indonesia senior di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.


2. Netizen; Iwan Bule Harus Keluar

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Sedankan taggar ‘Iwan Bule Out’ adalah desakan pada pendukung agar Iwan Bule – sapaan akrab Mochamad Iriawan – yang menjabat Ketua Umum PSSI, turun dari jabatannya.

Baca Juga

Beberapa netizen mengunggah meme yang mengaitkan keberhasilan Timnas Indonesia karena 'kontribusi' Iwan Bule.  

Akun Komisi Wasit @komisiwasit bahkan dengan lantang mengatakan Iwan Bule pasti ingin menjadi Shin Tae-yong, yang sempat diangkat beramai-ramai oleh pasukan Timnas setelah kemenangan mereka atas Nepal. 

Komika terkenal Indonesia, Bintang Emon, mengunggah pesan bernada sindiran Insta Story, di mana dia mengucapkan terima kasih kepada Iwan Bule. 

Bukan hanya itu, sosok Iwan Bule belakangan juga membuat pendukung timnas kebakaran jenggot gara-gara mengklaim dirinya adalah aktor utama dalam keberhasilan Timnas Indonesia.

Di mata netizen, Iwan Bule yang digadang-gadang bakal jadi calon gubernur Jawa Barat ini, tengah numpang ketenaran sejurus performa apik Timnas belakangan.  

Selain itu, para pendukung tengah berupaya ‘menagih janji’ kepada Iwan Bule yang sebelumnya berencana membuatkan Training Center untuk Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia tidak memiliki fasilitas training center (TC) yang tetap, sehingga berpengaruh pada kondisi pemain. Netizen pun menyuarakannya ke media sosial PSSI.

Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalIwan BuleBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini