x

4 Pemain Terakhir yang Pernah Menyabet Gelar Top Skor Piala Presiden

Kamis, 16 Juni 2022 21:28 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Piala Presiden 2022.

INDOSPORT.COM - Empat pemain ini pernah menyabet gelar top skor di turnamen pra musim Piala Presiden

Sepak bola Indonesia saat ini tengah mengalami jeda setelah kompetisi Liga 1 musim 2021 berakhir, dan musim baru belum dimulai.

Baca Juga

Masa jeda dimanfaatkan oleh banyak klub untuk melakukan evaluasi tim, dan bergerak mencari pemain baru di bursa transfer musim ini.

Tak hanya itu serangkaian uji coba untuk mengukur kekuatan juga dilakukan oleh para peserta klub Liga 1, salah satunya ikut dalam turnamen pra musim bernama Piala Presiden 2022.

Turnamen Piala Presiden 2022 telah bergulir sejak 11 Juni hingga 17 Juli 2022 mendatang, dan berlangsung di empat kota yakni Bandung, Solo, Malang, dan Samarinda.

Baca Juga

Setelah tiga tahun tak digelar karena pandemi Covid-19, para pencinta sepakbola Indonesia akhirnya bisa kembali menyaksikan kejuaraan pramusim paling bergengsi di Tanah Air tersebut.

"Hari ini kita akan mulai turnamen pra musim Piala Presiden," kata Menpora, Zainudin Amali, saat membuka Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (11/06/22).

"Memang dijadwalkan sedianya Bapak Presiden Joko Widodo yang akan membuka, tapi karena ada dengan kegiatan yang bersamaan dan sudah terjadwal di hari sebelumya maka beliau mengarahkan saya untuk mewakili untuk membuka Piala Presiden ini," tambahnya.

Baca Juga

Zainudin Amali juga mengatakan dengan dimulainya Piala Presiden menjadi awal menuju kompetisi Liga 1 dengan adanya penonton. Sebab memang di Piala Presiden ini sudah dihadiri penonton secara langsung di stadion.

"Mulai kita dengan turnamen pra musim artinya ini persiapan menuju kompetisi musim 2022/2023, kita  mulai dengan penonton.

"Saya kalau ditanya bagaimana tanggapannya tentu pemerintah mengapresiasi persiapan dari PSSI, LIB, Polri dalam hal ini Pak Kapolda yang telah menyiapkan kegiatan pembukaan ini dengan baik," jelas Amali.

Saking bergengsinya, banyak pemain yang juga tampil serius di Piala Presiden 2022 kali ini. Beberapa di antaranya bahkan tampil moncer dengan menggondol gelar top skorer. Siapa saja mereka?


1. Bruno Matos (5 Gol)

Bruno Matos berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Kalteng Putra.

Bruno Matos berhasil menunjukan penampilan yang apik bersama Persija Jakarta di ajang Piala Presiden 2019. 

Diplot untuk menggantikan posisi Renan Silva, Bruno Matos membayar kepercayaan pelatih dengan penampilan terbaiknya.

Sayang Persija Jakarta gagal dibawanya mencapai final, dan hanya sampai babak perempatfinal. 

Kendati demikian, para pendukung Persija Jakarta, The Jakmania, dihibur dengan satu gelar individual yang didapat oleh Bruno Matos sebagai top skorer dengan 5 gol.

Saat ini sang pemai sudah tidak lagi memperkuat Persija, dan membela Bhayangkara FC.

Baca Juga

Manuchekhr Dzhalilov

Selanjutnya ada Manuchekhr Dzhalilov. Dirinya pertama kali merumput di Liga Indonesia memperkuat Sriwijaya FC, sebelum akhirnya hengkang ke Persebaya Surabaya.

Sebelum bermain di kompetisi Liga 1, Manuchekhr Dzhalilov lebih dahulu menjajal turnamen pra musim, Piala Presiden 2019.

Baca Juga

Meski baru menjalani karier di Liga Indonesia, tidak membuat Manuchekhr Dzhalilov melempem.

Ia justru menunjukan tajinya di turnamen pra musim itu, dengan gelontoran 5 gol. Angka yang sama dengan top skor Bruno Matos, sehingga Piala Presiden 2019 memilik dua top skorer saat itu.


2. Zulham Zamrun (6 Gol)

Selebrasi gol Marko Simic bersama Marco Motta

Zulham Zamrun jadi pemain pertama yang sukses menyabet gelar top skor pada Piala Presiden tahun 2015 lalu.

Memperkuat Persib Bandung pada saat itu, Zulham Zamrun turut berkontribusi terhadap gelar Piala Presiden Maung Bandung, dengan menyabet gelar top skor.

Zulham Zamrun tercatat menorehkan 6 gol, sebuah pencapaian yang tak bisa dikejar pemain lain di Piala Presiden 2015 saat itu.

Marco Simic (11 Gol)

Mantan bomber Persija Jakarta ini menjadi salah satu pemain asing terbaik yang pernah bermain di Liga Indonesia. Sebelum bergabung dengan Macan Kemayoran, Simic juga pernah bermain di Liga Malaysia.

Dia bergabung bersama Persija pada tahun 2018. Kontribusinya bersama Persija cukup mengesankan.

Dia menjadi salah satu pemain kunci yang membuat tim kebanggaan Jakmania ini meraih Treble Winner pada tahun 2018 (Piala Presiden 2018, Boost Sportfix Super Cup 2018, dan Liga 1 2018).

Pada gelaran Piala Presiden 2018, ‘Super’ Simic berhasil mendapatkan gelar top skor dengan catatan 11 gol. Pada partai puncak melawan Bali United, dia mencetak 2 gol dari kemenangan 3-0 Macan Kemayoran atas Serdadu Tridatu.

Zulham ZamrunPiala PresidenMarko SimicTRIVIAPiala Presiden 2022

Berita Terkini