x

Marselino Ferdinan: Pemain Termuda Timnas Indonesia yang Bakal Sibuk di Sisa Tahun 2022

Sabtu, 18 Juni 2022 19:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Marselino Ferdinan akan menahbiskan dirinya menjadi pemain termuda dan tersibuk di Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM – Marselino Ferdinan akan menahbiskan dirinya menjadi pemain termuda dan tersibuk di Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, Marselino Ferdinan merupakan pemain termuda dalam skuat asuhan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Di usia yang baru 17 tahun, dirinya telah menjadi andalan di kubu Timnas Indonesia senior, baik di laga persahabatan maupun di laga resmi.

Baca Juga

Salah satu penampilan apik gelandang milik Persebaya Surabaya itu adalah kala mengantarkan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023.

Di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Marselino tampil sebanyak dua kali, di mana semuanya menjadi pemain pengganti.

Meski menjadi pemain pengganti, Marselino tak ketinggalan untuk bersumbangsih, dengan menyumbangkan satu gol ke gawang Nepal di laga terakhir grup A.

Baca Juga

Golnya itu memastikan kemenangan 7-0 Timnas Indonesia atas Nepal sekaligus mengantarkan skuat Garuda ke Piala Asia 2023.

Usai tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023, Marselino Ferdinan tak bisa berleha-leha. Sebab, dirinya akan kembali bermain untuk Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia di sisa tahun 2022 ini.

Tak tanggung-tanggung, Marselino akan ditunggu oleh sederet kompetisi bersama Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia baik senior dan kelompok umur.

Baca Juga

Ajang apa saja yang menanti Marselino Ferdinan sehingga membuatnya menjadi penggawa Timnas Indonesia tersibuk?


1. Ajang yang Menantikan Kehadiran Marselino

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Terhitung usai membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023, Marselino Ferdinan akan ditunggu jadwal padat lainnya di tahun 2022 ini.

Total ada empat ajang yang berpotensi diikuti oleh Marselino Ferdinan di sisa tahun 2022 ini bersama Timnas Indonesia.

Sejatinya, ajang ini bisa bertambah lima. Namun, semua itu kembali ke kapabilitas dan penampilan Marselino bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga

Apa saja ajang tersebut?

Piala AFF U-19 2022

Marselino Ferdinan dalam waktu dekat akan kembali mengenakan seragam Timnas Indonesia jika dirinya dipanggil dalam ajang Piala AFF U-19 2022.

Ajang ini sendiri akan digelar pada bulan depan, tepatnya pada tanggal 2 hingga 15 Juli 2022 yang berlangsung di Jakarta dan Bekasi.

Mengingat usianya baru 17 tahun pada ajang itu, maka Marselino Ferdinan berpotensi dipanggil demi membawa Timnas Indonesia U-19 menjadi juara.

Shin Tae-yong diprediksi akan mengandalkannya, mengingat jam terbangnya bersama Timnas Indonesia senior sebelumnya.

Baca Juga

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Usai membela Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan akan kembali dihadapkan pada jadwal lainnya, yakni Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 10-18 September 2022.

Di ajang ini, Marselino  Ferdinan diyakini akan kembali jadi andalan Shin Tae-yong untuk membawa Timnas Indonesia U-20 tampil di Piala Asia U-20 untuk ke-13 kalinya.

Bahkan, Marselino Ferdinan diharapkan bisa membawa Timnas Indonesia U-20 lolos seperti halnya saat dirinya membawa Timnas Senior ke Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong pun juga akan turun tangan di ajang ini, sembari menyiapkan skuatnya untuk Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.


2. Ajang Lainnya

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

FIFA Matchday

Usai membela tim nasional kelompok umur, Marselino Ferdinan juga berkesempatan untuk kembali membela Timnas Indonesia senior pasca Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Uniknya, Marselino Ferdinan hanya punya waktu beberapa hari untuk tampil di tim senior pada ajang FIFA Matchday, usai membela Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga

Pasalnya, Timnas Indonesia akan memainkan FIFA Matchday pada 19-27 September 2022. Dengan kata lain, Marselino Ferdinan hanya punya waktu sehari saja untuk mempersiapkan diri pasca Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Dengan melihat jadwal yang terlalu mepet tersebut, bisa jadi Marselino Ferdinan baru akan tampil di laga kedua FIFA Matchday agar bisa melakukan Recovery pasca Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Piala AFF 2022

Setelah FIFA Matchday, Marselino Ferdinan pun bisa beristirahat dan fokus terhadap klubnya. Namun, ia hanya punya waktu dua bulan saja.

Sebab, dirinya berpotensi kembali dipanggil Shin Tae-yong untuk berpartisipasi di Piala AFF 2022 yang biasanya berlangsung pada akhir tahun.

Baca Juga

Di Piala AFF 2022 ini, Shin Tae-yong akan membawa seluruh para pemain terbaiknya dari setiap posisi, termasuk Marselino Ferdinan.

Hal ini diharapkan agar Timnas Indonesia bisa mencetak sejarah dan meraih juara Piala AFF yang telah lama diidam-idamkan.

Piala Asia U-20 2023

Jika Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia 2023, maka Marselino Ferdinan tak akan beristirahat, mengingat Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada Januari 2023 nanti.

Baca Juga

Jika Piala AFF  digelar seperti edisi sebelumnya, maka selepas membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Marselino Ferdinan akan langsung bermain di Piala Asia U-20 2023.

Dengan kata lain, terhitung sejak Juni 2022 hingga Januari 2023, Marselino Ferdinan akan disibukkan dengan agenda tim nasional dari berbagai sektor.

Alhasil, dirinya akan menjadi pemain tersibuk Timnas Indonesia meski baru akan genap berusia 18 tahun pada September 2022 mendatang.

Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalSepak BolaMarselino FerdinanShin Tae-yongKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini