x

Miris, Kronologi Meninggalnya 2 Bobotoh dalam Laga Persebaya vs Persib

Sabtu, 18 Juni 2022 13:15 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Bobotoh menyaksikan laga perdana Persib di Piala Presiden 2022 menghadapi Bali United, di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (12-06-22)

INDOSPORT.COM - Kemenangan Persib Bandung atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Grup C turnamen pramusim Piala Presiden 2022, Jumat (17/6/22), berselimut duka. 

Pasalnya, dua orang Bobotoh meninggal dunia menjelang pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Mereka adalah Ahmad Solihin asal Bandung dan Sopiana Yusuf (Bogor).

Baca Juga

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung mengunjungi rumah duka salah satu korban di Gang TVRI RT 02/03, Kelurahan Cibaduyut Wetan, Kota Bandung, Sabtu (18/6/22).

Aswin lantas membeberkan kronologi kejadian di Stadion GBLA. Antusiasme penonton yang hendak menyaksikan duel Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya menjadi salah satu faktor.

Bahkan suporter yang datang ke Stadion GBLA berasal dari berbagai daerah. Pihak kepolisian sudah berupaya mengamankan pertandingan tersebut dengan maksimal.

Baca Juga

"Kami menempatkan personel lengkap Sabhara, Brimob dan TNI, kemudian masyarakat. Tadi yang datang ingin menonton masuk seperti disampaikan Panpel itu harus menunjukkan karcis. Bagi yang punya boleh masuk yang tidak punya kan tidak boleh," kata Aswin Sipayung.

Animo suporter yang sama besar tersebut menurutnya, membuat mereka tidak sabaran ingin segera masuk ke dalam stadion, sehingga terjadi penumpukan di pintu masuk.

"Nah banyak yang masuk tak sabar, ingin masuk ingin buru-buru masuk, kemudian tiba-tiba ada korban di luar di depan pintu sortir karcis bukan di dalam gedung," ungkapnya.

Baca Juga

"Jadi dugaan itu adalah tidak sabar ingin masuk buru-buru, makanya kami imbau yang akan masuk agar antri. Antreannya sudah ada dan menunjukkan tiket handphone maupun karcis," ujar Aswin.

"Kebanyakan Bobotoh mungkin ingin buru-buru masuk ingin buru-buru lihat timnya bermain, tapi melupakan keselamatan. Tiba-tiba ada yang pingsan, kami bawa ke RS dan dilakukan pertolongan," jelasnya.


1. Persib Layak Menang

Selebrasi gol pemain Persib, Ciro Alves ke gawang Persebaya di Piala Presiden 2022

Sementara itu, pertandingan Grup C Piala Presiden 2022 antara Persib Bandung vs Persebaya Surabaya berakhir dengan skor 3-1. Pelatih Robert Rene Alberts menlai anak asuhnya layak meraih kemenangan semalam.

Pasalnya, Persib mampu menunjukkan kualitas dan mental bertanding. Hal itu bisa terlihat setelah skuat Maung Bandung sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Leonardo Silva Lelis pada menit ke-17. 

Saat tertinggal satu gol, Persib mampu bangkit dan menyamakan kedudukan di menit 26, melalui Victor Igbonefo. Kemudian membalikkan keadaan saat memasuki menit 35, lewat gol Nick Kuipers.

Baca Juga

Setelah unggul 2-1, Persib terus melakukan tekanan dan pada masa injury time, Ciro Alves berhasil mencetak gol yang membuat skuat Maung Bandung menutup pertandingan dengan skor 3-1.

"Saya rasa jika kalian melihat intensitas pertandingan, ini merupakan laga tensi tinggi lainnya di masa pramusim," kata Robert Rene Alberts saat konferensi pers setelah pertandingan di Stadion GBLA.

Baca Juga

"Pemain tampil habis-habisan dan dari kedua tim ada yang cedera. Kedua tim melakukan pergantian di babak pertama karena intensitas dan tekanan untuk menang begitu tinggi untuk laga pramusim," ucapnya.


2. Menang Berkat Suporter

Selebrasi gol pemain Persebaya ke gawang Persib di Piala Presiden 2022

Selain itu, kehadiran supporter membuat motivasi pemain berlipat untuk menampilkan permainan terbaiknya dan membawa tim yang dibelanya meraih kemenangan.

Sebagai informasi, pertandingan kedua Grup C Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dipadati oleh suporter. 

Selain dari pendukung Persib, Bobotoh, pertandingan tersebut dihadiri juga oleh suporter Persebaya Surabaya, Bonek. Sehingga, atmosfer laga kali ini menurut Robert sangat luar biasa.

"Tentunya para pemain ingin menang bermain di hadapan suporter yang fantastis hari ini. Atmosfer menakjubkan termasuk suporter Persebaya. Inilah sepak bola," ungkapnya.

Baca Juga

Kehadiran supporter di Stadion menurut Robert Rene Alberts sangat berdampak positif bagi motivasi dan kepercayaan diri pemain, sehingga skuat Maung Bandung yang sempat tertinggal lebih dulu mampu membalikkan keadaan dan meraih poin penuh.

"Pada akhirnya kami memang layak untuk menang, meski sempat tertinggal pada babak pertama, tapi tim ini bisa bangkit," tegas Robert.

Persebaya SurabayaPersib BandungBobotohPiala PresidenSuporterRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaBola IndonesiaOne FootballPiala Presiden 2022

Berita Terkini