x

Persib vs Bhayangkara Tanpa Penonton, Pentolan Viking Tangerang: Panpel Tanggung Jawab Dulu!

Rabu, 22 Juni 2022 15:10 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Bobotoh kembali menggelar aksi di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (21/06/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Laga Lanjutan Piala Presiden 2022 Persib Bandung vs Bhayangkara FC yang berlangsung tadi malam terpaksa harus dilaksanankan tanpa sorak sorai suporter yang menyaksikan langsung di stadion.

Hal tersebut merupakan kebijakan dari pihak manajemen dan panpel pertandingan karena terjadinya peristiwa maut yang menewaskan dua orang Bobotoh di pertandingan Grup C Piala Presiden 2022 Persib Bandung vs Persebaya Surabaya pada Jumat (17/06/22) kemarin.

Baca Juga

Di samping itu, kebijakan tersebut juga merupakan alasan dari aksi para Bobotoh di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (19/06/22) malam.

Diketahui aksi Bobotoh tersebut merupakan bentuk belasungkawa atas meninggalnya dua orang Bobotoh, Ahmad Solihin asal dan Sopiana Yusuf.

Baca Juga

Para Bobotoh pada malam itu membentangkan spanduk besar bertuliskan kalimat "Bobotoh Berduka" dan menyalakan lilin di parkiran gedung Graha Persib.

Sejumlah Bobotoh yang berada di lokasi aksi, mengatakan kepada awak media bahwa beberapa komunitas pencinta Persib Bandung sepakat untuk tidak hadir di pertandingan skuat Pangeran Biru melawan Bhayangkara FC tadi malam.

Baca Juga

Langkah tersebut dilakukan sebagai rasa solidaritas para Bobotoh atas meninggalnya dua teman seperjuangannya itu.

Kemudian pada Selasa (21/06/22), ratusan Bobotoh kembali memadati Graha Persib yang berlokasi di Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga

Aksi yang dimulai pada pukul 1 siang itu masih merupakan buntut dari peristiwa nahas yang menewaskan dua orang Bobotoh di pertandingan Persib Bandung vs Persebaya beberapa hari lalu.

Para Bobotoh yang masih berselimutkan duka merasa tidak puas dengan keputusan manajemen yang hanya memindahkan lokasi pertandingan ke Stadion Si Jalak Harupat, Bandung Jawa Barat.

Baca Juga

“Kebetulan hari ini juga ada aksi lagi di Graha Persib jam 1 siang tadi. Tujuannya karena Bobotoh masih belum puas dengan keputusan dari pihak manajemen,” ujar Gusti Sakti Albar, Ketua Viking Tangerang, secara eksklusif kepada INDOSPORT, Selasa (21/06/22), melalui pesan WhatsApp.

“Soalnya Bobotoh melihat tidak ada evaluasi ataupun tindakan yang setimpal dari pihak manajemen atas insiden maut beberapa hari yang lalu,” cetus pentolan Viking Tangerang.


1. Tanggapan Ketua Viking Tangerang Soal Tidak Adanya Penonton di Stadion

Bobotoh kembali menggelar aksi di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (21/06/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Dikatakan Gusti kepada awak INDOSPORT, bahwa apabila nantinya pertandingan ingin dibuka kembali untuk supporter yang ingin menyaksikan secara langsung di stadion, pihak manajemen dan panpel pertandingan harus benar-benar mempersiapkan semuanya dengan baik.

“Kalau saya pribadi sih tidak neko-neko soal kebijakan tetap diadakannya penonton atau tidak. Yang terpenting pihak panpel pertandingan dan manajemen mau bertanggung jawab penuh dulu atas kejadian kemarin,” tegas Gusti secara eksklusif kepada INDOSPORT, Selasa (21/06/22), melalui pesan WhatsApp.

Baca Juga

Gusti menambahkan bahwa persiapan yang harus diperhatikan betul di antaranya seperti pembasmian beberapa oknum yang meloloskan penonton tanpa tiket.

Pentolan Viking Tangerang itu mengimbau kepada panpel pertandingan untuk memperketat keamanaan di bagian loket tiket, sehingga tidak terjadi insiden penonton yang membludak akibat adanya oknum jahat yang membuat ricuh pertandingan.

“Biar membuat penonton yang tidak punya tiket juga kapok di pertandingan berikutnya. Jika semua berjalan dengan lancar, nantinya bisa menjadi keuntungan semua pihak apalagi untuk menyambut liga 1 nanti,” tutup ketua Viking Tangerang.

Persib BandungVikingBobotohLiga IndonesiaBhayangkara FCPiala Presiden 2022

Berita Terkini