x

Proyeksi Line Up Mengerikan Arsenal dengan Kedatangan Trio Bintang Rival Liga Inggris

Jumat, 24 Juni 2022 11:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut proyeksi line up Arsenal musim depan, seiring potensi kedatangan trio bintang rival Liga Inggris termasuk Gabriel Jesus dari Manchester City.

INDOSPORT.COM – Berikut proyeksi line up Arsenal musim depan, seiring potensi kedatangan trio bintang rival Liga Inggris termasuk Gabriel Jesus dari Manchester City.

Nirgelar dan hanya finis di posisi 5 Liga Inggris membuat The Gunners berbenah serius menatap musim depan. Mereka pun langsung bergerak cepat, dan sudah berhasil mendatangkan sejumlah nama baru di bursa transfer musim panas, salah satunya Fabio Vieira.

Baca Juga

Pemain Portugal yang musim lalu jadi raja assist Porto dengan 16 assist itu diboyong dengan banderol 35 juta euro dan kontrak jangka panjang, meski manajemen klub tak mengungkapkan durasinya.

Meski demikian, Arsenal masih belum akan berhenti belanja. Kini, mereka diketahui masih mengincar 3 pemain lagi. Menariknya, ketiga pemain ini adalah bintang-bintang milik klub rival di Liga Inggris.

Nama pertama adalah bomber Manchester City yakni Gabriel Jesus. Bintang Brasil ini memang terancam tersingkir, dengan kedatangan Erling Haaland dari Borussia Dortmund.

Baca Juga

Jurnalis CBS Sports, Ben Jacobs, menyebut The Gunners sudah mencapai kesepakatan verbal dengan The Citizens terkait biaya transfer sang penyerang yang diyakini mencapai 45 juta pounds. Kepindahan Jesus pun diklaim bakal rampung pekan depan.

Sementara itu, nama kedua yang belakangan ini juga santer disebut masuk dalam radar Arsenal adalah penyerang Leeds United yakni Raphinha.

Raphinha sendiri sebelumnya santer dikaitkan dengan Barcelona, dan Leeds pun diklaim telah menolak tawaran perdana dari Arsenal. Namun sang winger kini disebut berminat pindah ke London Utara karena tak ingin terlalu lama menunggu kepastian dari Barcelona yang dilanda krisis finansial.

Baca Juga

Nama terakhir yang diburu Arsenal adalah gelandang Leicester, Youri Tielemans, yang sejatinya sudah diincar sejak musim lalu. Peluang memboyong bintang Belgia itu cukup terbuka karena kontraknya tinggal tersisa 1 tahun dan Tielemans sendiri diklaim ingin mencari petualangan baru.

Lantas, bakal seperti apa formasi dan line up Arsenal musim depan jika sukses memboyong trio pemain milik para rival Liga Inggris itu? Berikut ulasannya:


1. Lini Belakang

Dua bek tengah Arsenal, Gabriel Magalhaes dan Ben White, di laga melawan Cristal Palace (Reuters/Andrew Boyers)

Pada musim 2021/2022 lalu, Mikel Arteta gemar menerapkan pola 4-2-3-1. Sistem itu diyakini akan tetap jadi andalan meski dengan kedatangan para pemain baru.

Meski demikian, perubahan akan tetap terjadi dengan para pemain baru itu bakal menggusur sejumlah nama yang menjadi andalan musim lalu.

Baca Juga

Di sektor penjaga gawang, meski Arsenal telah resmi memboyong kiper baru dalam diri Matt Turner, tempat utama masih akan menjadi milik Aaron Ramsdale.

Kiper timnas Inggris itu tampil cukup baik musim lalu dengan 12 cleansheet dari 34 laga Liga Inggris, meski penampilannya sedikit menurun di akhir musim.

Di pos 4 bek sejajar, perubahan diyakini tidak akan terjadi. Pos bek kanan, misalnya, akan tetap ditempati oleh bintang Jepang yakni Takehiro Tomiyasu, dengan Cedric Soares sebagai pelapis.

Baca Juga

Sementara itu di pos bek kiri, Kieran Tierney yang sudah jadi andalan 3 musim terakhir pun akan tetap mempertahankan posisinya. Bintang Skotlandia ini memiliki kemampuan yang bagus dalam membantu serangan, meski kerap mengalami cedera, termasuk cedera lutut di akhir musim lalu.

Namun, peluang perubahan di sektor ini tetap terbuka, seiring munculnya minat dari Manchester City terhadap Tierney.

Di pos bek tengah, satu tempat akan menjadi milik bintang asal Brasil, Gabriel Magalhaes. Tak hanya tangguh menggalang pertahanan, Gabriel juga menjadi bek tengah tertajam di Liga Inggris musim lalu dengan 5 gol.

Baca Juga

Posisi sebagai rekan duet Gabriel kemungkinan besar akan menjadi milik Ben White yang sudah mengisi pos tersebut sejak musim lalu. White sendiri memuncaki rataan clearance per laga (3,2) dan intersep per laga (1,3) di kalangan starter Arsenal.

Namun, bukan tidak mungkin Mikel Arteta akhirnya bersedia memberi kesempatan kepada William Saliba untuk masuk ke tim utama dan mengisi pos bek tengah, seiring penampilan apiknya bersama Marseille.

 

2. Lini Tengah dan Depan

Selebrasi pemain Manchester City, Gabriel Jesus saat mencetak hattrick di pertandingan Liga Champions 2019-2020 Grup C melawan Dinamo Zagreb.

Bergerak ke lini tengah, dengan pola 4-2-3-1 yang menjadi andalan Mikel Arteta musim ini, maka dibutuhkan 2 orang untuk mengisi sektor double pivot.

Satu tempat akan menjadi milik Thomas Partey, yang langsung jadi pilihan utama sejak diboyong dari Atletico Madrid 2 tahun lalu.  Bintang Ghana itu tampil apik dan mampu memberikan perlindungan bagi lini belakang, meski sayangnya kerap absen karena cedera.

Baca Juga

Posisi sebagai rekan duet Partey akan ditempati oleh sang rekrutan baru, Youri Tielemans. Bintang Belgia itu memiliki naluri menyerang yang cukup baik dan musim lalu sukses mencetak 7 gol serta 5 assist.

Bergerak ke sektor sayap kanan, bintang muda asal Inggris, Bukayo Saka akan terus menjadi pilihan utama Arteta di sektor ini.

Seperti diketahui, Saka menjadi salah satu penampil terbaik Arsenal musim lalu dengan torehan 12 gol dan 7 assist dari 49 laga, yang juga menjadi catatan terbainya selama membela The Gunners.

Baca Juga

Sementara itu, meski berposisi natural sebagai winger kanan, fakta bahwa ia berkaki kidal membuat Raphina dan kemampuannya yang cukup versatil membuka peluang ia ditempatkan di kiri.

Raphinha yang musim lalu mencetak 11 gol di Liga Inggris akan menjadi upgrade bagi Gabriel Martinelli yang musim lalu tampil cukup baik tapi cenderung tak konsisten.

Di pos gelandang serang, Fabio Vieira sang rekrutan anyar yang berstatus raja assist Porto, akan bersaing dengan Martin Odegaard yang menjadi kandidat kuat kapten baru The Gunners musim depan.

Baca Juga

Terakhir, pos penyerang tengah akan menjadi milik Gabriel Jesus dengan Eddie Nketiah menjadi pelapis. Berbekal catatan 95 gol bersama City meski ia bukanlah pilihan utama, Jesus berpeluang meningkatkan ketajamannya seiring potensi tampil rutin bersama The Gunners.

Arsenal XI: Ramsdale; Tomiyasu, Saliba, Gabriel, Tierney; Tielemans, Partey; Saka, Vieira/Odegaard, Raphinha; Jesus.

ArsenalLeicester CityYouri TielemansLeeds UnitedGabriel JesusBerita Liga InggrisRaphinhaOne Football

Berita Terkini