x

Dihajar Borneo FC, RD Sebut Rans Nusantara Dapat Pelajaran Berharga Buat Liga 1

Rabu, 29 Juni 2022 19:54 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Rans Nusantara gagal lolos ke babak 8 besar Piala Presiden 2022. Foto: pialapresiden.id

INDOSPORT.COM - Rans Nusantara FC menelan kekalahan telak 0-3 dari Borneo FC di laga terakhir Grup B Piala Presiden 2022, Selasa (28/06/22) di Stadion Segiri, Samarinda. Hal itu membuat Rans gagal lolos ke babak 8 besar.

Rans Nusantara sejatinya mampu menahan imbang tanpa gol Borneo FC di babak pertama. 

Baca Juga

Tapi, Borneo FC kemudian lakukan perubahan dan bisa cetak gol di babak kedua lewat Matheus Pato ('51) dan dua gol Stefano Lilipaly ('65 dan '86). 

Pelatih Rans, Rahmad Darmawan menilai pemainnya sudah bekerja keras. Tapi, ada sedikit kelengahan, terutama di situasi bola mati di daerah pertahanannya sendiri. 

Baca Juga

"Pemain sudah berusaha maksimal dan ada catatan buat saya dari laga ini. Kami kebobolan lewat penalti, satu tendangan benas dan corner jadi semuanya dari servis."

"Karenanya, saya mau pemain lebih fokus saat main di daerah kami sendiri," kata coach RD. 

Baca Juga

Selain itu juga, RD mengakui jika kosentrasi para pemainnya cukup terganggu oleh permainan lawan. Rans Nusantara kesulitan keluar dari tekanan yang diberikan Borneo FC.

"Konsentrasi terganggu dan kami kesulitan. Di babak kedua kami coba perbaiki dan main dengan dua center back, beberapa situasi kami sukses, tapi lawan preassure ketat dan counter attack cepat," imbuhnya.


1. Gagal Lolos

Rans Nusantara gagal lolos ke babak 8 besar Piala Presiden 2022. Foto: pialapresiden.id

Rans Nusantara sebenarnya punya peluang besar lolos ke 8 besar Piala Presiden 2022, andai menaham imbang Borneo FC. Tetapi, tim milik Raffi Ahmad itu memilih tidak bermain aman atau mencoba memenangkan laga dengan usaha keras.

Sayangnya, Rans mendapat perlawanan keras dari Borneo FC. Pelatih Rahmad Darmawan justru senang dengan kegototan tim lawan yang disebutnya memberikan pelajaran penting sebelum hadapi Liga 1 2022/23

Baca Juga

"Memang kami bisa lolos jika bermain imbang lawan Borneo FC. Tapi wajar kami berusaha sendiri dan mau atasi, kami mau fight dan berusaha keras," tutur Rahmad Darmawan.

"Borneo juga tak berikan ruang, mereka main serius di hadapan pendukung sendiri dan ini hal bagus buat kami untuk persiapam di kompetisi nanti," lanjut eks pelatih Madura United itu. 

Baca Juga

2. Jadikan Motivasi

Rans Nusantara gagal lolos ke babak 8 besar Piala Presiden 2022. Foto: pialapresiden.id

Hal senada juga dikatakan gelandang Rans, Fadilla Akbar. Dia tidak berkecil hati atas kekalahan dari Borneo FC, tapi menjadikannya motivasi agar tampil lebih baik di Liga 1. 

"Kami dapat banyak pelajaran. Sebenarnya kami sudah main maksimal,  tapi belum dapat hasil terbaik dan semoga ke depan lebih baik lagi," tuntasnya. 

Rans Nusantara FC mengakhiri Grup B Piala Presiden 2022 ditempat ketiga dengan lima poin. Tim promosi Liga 1 itu hanya terpaut satu angka dari Barito Putera diurutan kedua dan lolos ke 8 besar. 

Rans Nusantara FCBorneo FCPiala PresidenLiga IndonesiaLiga 1Raffi AhmadPiala Presiden 2022

Berita Terkini