x

Main di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Timnas Israel Ditempatkan di Bali?

Kamis, 30 Juni 2022 15:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Timnas Israel U-19 telah mengamankan tiket untuk tampil di babak utama Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Timnas Israel U-19 telah mengamankan tiket untuk tampil di babak utama Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia. Israel lolos setelah tembus semifinal Piala Eropa U-19 2022. 

Ini bakal jadi penampilan perdana Israel di Piala Dunia U-20, karena sebelumnya mereka belum mampu lolos ke putaran final.

Baca Juga

Lolosnya Israel pun mendapat banyak sorotan di Tanah Air, mengingat negara tersebut tidak punya hubungan dipomatik dengan Indonesia. Apalagi, Israel jadi 'musuh' tak langsung masyarakat karena hubungannya dengan Palestina. 

Untuk itu, Israel disebut-sebut akan bermain di Bali pada Piala Dunia U-20 223. Mengingat Bali kondisinya lebih netral dan kondusif dibanding kota lain yang jadi ruan rumah. 

Baca Juga

Akan tetapi, PSSI masih mengkaji peluang tersebut. Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan akan ada komunikasi lanjutan dengan pemerintah atau bahkan FIFA. 

Baca Juga

Yang pasti, PSSI dan pemerintah telah berkomitmen menerima dan menjamin negara mana pun untuk bermain di Tanah Air. Sepak bola harus jadi highlight utama, bukan politik. 


1. Kesampingkan Urusan Politik

Salah satu venue Piala Dunia U-20 2022, Stadion Manahan Solo.

"Secara universal, sepak bola itu kita jauhkan dari politik, agama, ras dan lainnya. Semua federasi dan FIFA sepakat hal-hal semacam itu di sepak bola, termasuk Israel lolos sebagai salah satu peserta di Piala Dunia U-20 2023," kata Yunus Nusi.

"Terlepas apakah mereka (Israel) akan ada di grup di Bali atau daerah lain, kami akan komunikasikan. Tapi kami sudah sampaikan hal ini ke pemerintah,  Menpora dan tidak ada masalah," lanjutnya.

Baca Juga

PSSI berharap masyarakat bisa menerima situasi yang ada atau mengesampingkan urusan politik. Piala Dunia U-20 2023 adalah pesta olahraga terbesar yang dipercayakan FIFA ke Indonesia.

"Kita berharap masyarakat menyadari bahwa ini sepak bola, jauhkan dari politik. Kita tontonlah mereka sebagai manusia di belahan bumi dunia," ujar Yunus Nusi. 

Baca Juga

Sementara itu, FIFA resmi mengumumkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia akan berlangsung pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Akan ada 24 negara yang bertarung, termasuk Timnas Indonesia. 

Baca Juga

PSSI sangat optimis bisa menjadi panitia lokal yang sukses untuk Piala Dunia U-20 2023. Federasi telah bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai pihak untuk menjamin kelancaran event dua tahunan itu. 


2. 6 Stadion untuk Piala Dunia U-20 2023

Situasi Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (10/02/2020) menjelang laga uji coba Persib Bandung menghadapi Barito Putera.

Ada enam stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023 yakni Stadion Gelora Bung Krno, Gelora Bung Tomo, Mahanan Solo, Si Jalak Harupat, Kapten I Wayan Dipta dan Jakabaring Palembang. 

Delegasi FIFA, Roberto Grassi yang merupakan Direktur Kompetisi Usia Muda FIFA juga telah lakukan inspeksi di enam stadion di Indonesia untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023. Dia  memuji persiapan yang dilakukan, meski ada beberapa hal yang harus ditingkatkan untuk memenuhi standar FIFA. 
 

IndonesiaIsraelPiala Dunia U-20Bola Internasional

Berita Terkini