x

Dihantui Sejarah Pembantaian, Brunei Darussalam Gemetar Hadapi Timnas Indonesia di Piala AFF U-19

Senin, 4 Juli 2022 18:50 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Brunei Darussalam tidak punya rekor apik kala jumpa timnas Indonesia di level junior termasuk di Piala AFF U-19 kali ini.

INDOSPORT.COM - Brunei Darussalam sepertinya sadar diri jika mereka sama sekali bukan favorit kala jumpa timnas Indonesia di matchday kedua Piala AFF U-19 2022 nanti.

Jelang duel yang digelar pada Senin (04/07/22) di Stadion Patriot Candrabhaga tersebut, The Hornets dihantui rekor buruk tiap kali berjumpa Garuda Muda.

Baca Juga

Dalam lima pertemuan terakhir khusus di ajang Piala AFF U-19, timnas Indonesia mampu menyampu bersih semua kemenangan.

Bahkan Brunei hanya diberi kesempatan sekali saja untuk mencetak gol. Total agregat skor pertandingan timnas junior kedua negara adalah 34-1 untuk keunggulan Indonesia.

Brunei tahu betul sejarah ini. Bahkan akun resmi federasi sepak bola mereka bahkan mengunggah sendiri statistik tersebut di akun Instagram.

Head to head Indonesia U19 vs Brunai Darussalam U19. Foto: Instastory@bruneifootball
Baca Juga

Kemenangan terbesar timnas Indonesia U-19 atas Brunei Darussalam U-19 terjadi pada 14 September 2011 lalu di Yangon, Myanmar, tepatnya di Aung San Stadium.

Kala itu timnas Indonesia yang pada akhirnya tetap gagal lolos ke semifinal mampu memberondong gawang negeri jiran via hattrick Rahmat Saputro dan Zoel Fhadli.

Sisa gol kemudian diklaim oleh Dian Ardiansyah (dua gol) beserta Syahru Ramadhan dan Rahmadana. Brunei pun jadi juru kunci grup dengan poin nol dan selisih gol -30.

Baca Juga

Sementara itu kemenangan terbaru timnas Indonesia atas Brunei Darussalam baru dirasakan di edisi teranyar Piala AFF U-19 pada 2019 silam di Vietnam.

Brace dari Bagus Kahfi dan Rendy Juliansyah ditambah sumbangan satu gol masing-masing dari Beckham Putra dan Khairul Imam Zakiri membuat Brunei luluh lantak dengan skor 6-1.


1. Akui Hanya Underdog

Piala AFF u19 2022.

Brunei Darussalam sendiri kemungkinan besar kembali akan jadi lumbung gol tim-tim lain di Piala AFF 2022 mengingat di matchday pertama mereka sudah dihabisi oleh Myanmar 7-0.

Pelatih dari Brunei, Fiazalani Abd Ghani, tidak ingin membebani anak-anak asunya dengan kritik dan memilih untuk berkilah.

Baca Juga

Ia menyebut jika skuatnya tidak dibentuk dengan persiapan matang layaknya timnas Indonesia dan para favorit juara lainnya.

Untuk itu Faizalani hanya ingin pemain-pemain Brunei bermain selepas mungkin di lapangan dan berharap akan ada pelajaran penting yang bisa diambil.

Bahkan jika nantinya timnas Indonesia akan menang dengan skor besar, Faizalani tidak akan kaget sama sekali dan memberi kode jika ia sudah legawa.

Baca Juga

"Berat buat kami, melawan Timnas Indonesia U-19," kata Faizalani Abd Ghani, Senin (04/07/22) saat berjumpa dengan awak media.

"Brunei kurang persiapan, tidak seperti Timnas Indonesia U-19 yang cukup matang," ujarnya menambahkan kala ditanyai seperti apa kondisi timnya.

"Semoga, kami bisa memberikan persaingan yang ketat. Para pemain juga bisa mendapatkan pengalaman berharga," pungkasnya kemudian.

Baca Juga

Walau Brunei Darussalam sepertinya sudah mengibarkan bendera putih sebelum peluit dibunyikan, timnas Indonesia sama sekali tidak boleh lengah.

Bisa jadi itu hanya strategi untuk mengalihkan beban sepenuhnya ke pundak Ronaldo Kwateh dan kolega yang mana sudah diberi ekspektasi tinggi untuk juara di Piala AFF U-19 2022.


2. Hakeme Yazid, Pemain Terbaik Brunei yang Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh mungkin adalah salah satu nama pemain yang punya pamor paling besar di ajang Piala AFF U-19 2022 mengingat ia baru berusia 17 tahun namun sudah memperkuat Timnas Indonesia di banyak lebel bahkan senior.

Akan tetapi, rupanya masih ada pemain yang berpotensi mencuri panggung sang striker belia yakni bintang andalan Brunei Darussalam, Hakeme Yazid.

ayaknya Ronaldo, Hakeme adalah rising star yang paling berpendar terang di negaranya. Bagaimana tidak? Di usia 19 tahun ia adalah penggawa aktif timnas Brunei U-19, U-23, dan senior.

Hakeme mendapatkan debut bersama Brunei Darussalam senior bahkan sejak 2020 silam. Gol perdananya untuk The Hornets (Si Tawon) lahir pada medio Maret 2022 lalu kala melawan Laos dalam sebuah laga uji coba.

Pada Juni 2021, nama Hakeme Yazid masuk dalam daftar pemain muda dari Asia Tenggara yang mendapatkan pengakuan dari media internasional GOAL.

Baca selengkapnya: Profil Hakeme Yazid, Bomber Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 yang Lebih Dahsyat Ketimbang Ronaldo Kwateh

Brunei DarussalamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini