x

Hasil Piala Presiden 2022 Borneo FC vs PSM Makassar: Pesut Etam Kandaskan Perjalanan Juku Eja

Senin, 4 Juli 2022 02:12 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut hasil pertandingan Piala Presiden 2022 yang mempertemukan Borneo FC vs PSM Makassar pada Minggu (03/07/22).

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan Piala Presiden 2022 yang mempertemukan Borneo FC vs PSM Makassar pada Minggu (03/07/22).

Pesum Etam, julukan Borneo FC menjadi tim terakhir yang lolos ke babak empat besar alias semifinal Piala Presiden edisi tahun ini.

Baca Juga

Kepastian tersebut didapat setelah pada Minggu (03/07/22) Pesut Etam mampu menggebuk tamunya PSM Makassar dengan skor 2-1.

Jalannya Pertandingan

Bertindak sebagai tuan rumah, Borneo FC langsung tancap gas dan menunjukkan dominasinya sejak peluit kick off.

Laga baru berjalan lima menit, Pesut Etam sudah mampu membuka skor via Agung Prasetyo. Bermula dari situasi sepak pojok, ia sukses menyambar bola dan tak mampu diselamatkan kiper PSM Makassar.

Baca Juga

Unggul satu gol, Borneo FC tak mengendurkan tempo serangan. Sementara PSM Makassar yang belum panas pun dipaksa bermain di area pertahanan sendiri.

Hasilnya, pada menit ke-17 Matheus Pato sukses menggandakan keunggulan Borneo FC dan membuat papan skor berubah jadi 2-0.

Gol yang dicetak Pato diawali oleh umpan lambung Stefano Lilipaly ke jantung pertahanan PSM Makassar. Bola sampai ke Terens Puhiri. Kiper Juku Eja yang berniat menghalau umpan tersebut malah membiarkan bola jatuh ke kaki Pato.

Baca Juga

Dengan mudahnya, Pato yang berdiri bebas di kotak penalti PSM Makassar menceploskan bola dan membuat Borneo FC unggul 2-0.

Tertinggal dua gol, PSM Makassar terpantik dan mencoba melakukan tekanan. Sejurus kemudian sejumlah peluang pun terjadi.


1. Hasil Borneo FC vs PSM Makassar

Logo Piala Presiden 2022.

Akan tetapi, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama skor 2-0 untuk keunggulan Borneo FC tak berubah.

Memasuki paruh kedua, PSM menunjukkan dominasnya. Pada menit ke-60 Juku Eja nyaris memperkecil kedudukan andai Erwin Gutawa tak menyia-nyiakan peluang di depan gawang Borneo FC.

Baca Juga

Sadar akan tekanan PSM Makassar, kubu tuan rumah merespons. Alhasil jual beli serangan pun terjadi saat laga memasuki 20 menit babak kedua.

Pada menit ke-65 Borneo FC nyaris memperlebar kedudukan andai sepakan jarak dekat Pato tak diblok oleh kiper PSM Makassar.

Gol yang ditunggu-tunggu Juku Eja akhirnya datang juga pada menit ke-75. Adalah Willem Pluim yang mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Baca Juga

Dari skema sepak pojok, Pluim mengarahkan bola ke pojok kanan gawang Borneo FC. Bola pun meluncur deras dan membuat skor berubah jadi 2-1.

PSM Makasaar terus menggempur pertahanan Borneo FC, namun alih-alih menyamakan skor Juku Eja malah harus kehilangan Yance Sayuri lantaran diusir keluar lapangan.

Yance Sayuri mendapat kartu merah lantaran emosi hingga membuang bola ke arah ballboy. Wasit pun mengusirnya dan membuat Juku Eja bermain dengan 10 pemain.

Baca Juga

Kalah jumlah pemain tak membuat PSM Makassar mengendurkan tensi serangan. Akan tetapi, hingga peluit panjang berbunyi skor 2-1 tak berubah.

Hasil ini membuat Borneo FC menjadi tim terakhir yang lolos ke babak empat besar Piala Presiden 2022. Sementara PSM Makassar harus menghentikan langkahnya di turnamen pramusim itu.

Di babak semifinal, Pesut Etam akan menantang PSS Sleman yang lebih dulu lolos usai menyingkirkan Persib Bandung.


2. Susunan Pemain

Logo Piala Presiden 2022.

Borneo FC: Angga Saputro; Leo Guntara, Javlon Guseynov, Agung Prasetyo, Fajar Fathurrahman; Hendro Siswanto, Ezequiel Bustos, Kei Hirose; Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Terens Puhiri.

PSM Makassar: Reza Arya Pratama; Safrudin Tahar, Yuran Lopes, Erwin Gutawa, Rizky Eka Pratama; Ananda Raehan, Rasyid Bakri; Ramadhan Sananta, Willem Jan Pluim, Yakob Sayuri; Everton.

Baca Juga
PSM MakassarBorneo FCLiga IndonesiaPiala Presiden 2022

Berita Terkini