x

Liga 1: Persib Bandung Agendakan Uji Coba, Lawan RANS hingga Persita

Selasa, 5 Juli 2022 11:45 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, berbincang dengan dua pemainnya David da Silva dan Ciro Alves saat sesi latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis (26/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Persib Bandung, berencana menggelar pertandingan uji coba dengan beberapa tim untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Menurut pelatih Persib, Robert Rene Alberts, pihaknya sudah bertemu dengan manajemen dan membahas terkait rencana uji coba guna persiapan menghadapi kompetisi Liga 1, setelah skuat Maung Bandung gagal melangkah ke babak semifinal Turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Baca Juga

"Kami ada pertemuan hari ini (dengan manajemen) dan kami melihat kemungkinan untuk beruji coba dengan beberapa klub," kata Robert Alberts setelah ditemui Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (04/07/22).

Robert Alberts menambahkan, beberapa tim yang dibahas dan rencananya bakal menjadi lawan tanding skuat Maung Bandung yakin berasal dari Liga 1 2022-2023, di antaranya Dewa United dan RANS Nusantara.

Meski demikian, mantan pelatih PSM Makassar ini belum menyebutkan jadwal pertandingan uji coba pasukannya di masa persiapan menghadapi kompetisi Liga 1.

Baca Juga

"Klub yang kami diskusikan untuk beruji coba adalah Dewa, Persita, Persikabo dan RANS," jelas Robert Alberts.

Lebih lanjut Robert Alberts menuturkan, belum bisa menyebutkan jumlah uji coba yang bakal digelar oleh skuad Maung Bandung sebelum kick-off kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. Pasalnya, dia akan melihat dulu tim yang siap beruji coba dengan pasukannya.

"Kami harus melihat dulu berapa tim yang bersedia untuk beruji coba dengan kami. Dan kami juga harus menentukan kapan pertandingan tersebut akan digelar," ujarnya.

Baca Juga

"Tapi yang pasti kami menjalin komunikasi dengan klub-klub tersebut dan besar harapannya kami bisa mendapat dua sampai tiga tim untuk tampil pada laga persahabatan," jelas Robert Alberts.

Sementara itu, perjuangan Persib Bandung harus terhenti di babak 8 besar turnamen pramusim Piala Presiden 2022, setelah dikalahkan PSS Sleman melalui adu penalti di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (01/07/22).


1. Tak Maksimal di Piala Presiden

Kapten tim Persib, Achmad Jufriyanto, setelah gagal memaksimalkan penalti ke gawang PSS Sleman.

Sebagai informasi, pada pertandingan babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, Persib bermain imbang 1-1 dengan PSS Sleman di waktu normal. Sehingga, untuk mencari pemenang dilanjutkan ke adu penalti.

Pada adu penalti, dua eksekutor dari tim Persib, Erwin Ramdani dan Achmad Jufriyanto gagal menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga pada babak adu penalti skuat Maung Bandung harus mengakui keunggulan PSS 4-2.

Baca Juga

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menilai pada pertandingan tersebut penampilan anak asuhnya kurang maksimal terutama di babak pertama. Sehingga, tidak ada peluang emas yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Persib sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Boaz Salossa pada menit 53. Skuat Maung Bandung, baru bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 85 melalui tendangan penalti Marc Klok.

Selain itu, Persib juga unggul jumlah pemain pada menit 85, setelah Syaiful Ramadhan diganjar kartu kuning kedua. Namun, hal itu tidak dapat dimaksimalkan oleh skuat Maung Bandung untuk meraih kemenangan.

Baca Juga

Sebelum menghadapi PSS Sleman pada babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, skuat Maung Bandung sudah melakoni tiga pertandingan di fase grup.

Tim kebanggaan Bobotoh ini menjadi tuan rumah di babak penyisihan Grup C, dan berhadapan dengan Bali United, Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC.

Dari tiga pertandingan tersebut, Persib berhasil meraih dua kemenangan atas Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC dan bermain imbang dengan Bali United. Hasil tersebut, membuat skuat Maung Bandung keluar sebagai juara Grup C.

Setelah tersingkir dari turnamen pramusim Piala Presiden 2022, Persib mulai fokus menatap kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang akan digelar pada 23 Juli mendatang.

Menurut pelatih asal Belanda ini, meski kecewa timnya gagal melangkah ke babak semifinal, namun banyak pelajaran dan sisi positif yang bisa diambil, diantaranya skuat Maung Bandung menjadi memiliki waktu yang lebih banyak untuk mematangkan persiapan, sekaligus memulihkan kondisi beberapa pemain yang mengalami cedera.

Baca Juga

Sebagai informasi, pada Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, ada beberapa pemain Persib yang mengalami cedera, di antaranya Victor Igbonefo yang mengalami patah tulang pipi.

Kemudian Ciro Alves yang mengalami patah tulang bahu, serta dua pemain asing Persib Bandung lainnya yakni Nick Kuipers dan David da Silva.


2. Begini Tanggapan Pemain Anyar Daisuke Sato

Pemain anyar Persib Bandung, Daisuke Sato. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Pemain anyar Persib Bandung, Daisuke Sato, memberikan tanggapan mengenai penampilan timnya di babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022. 

Menurut pemain asal Filipina ini, pada pertandingan di babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 menghadapi PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (01/07/22), tim Persib sudah berusaha keras untuk meraih kemenangan.

Hal itu bisa terlihat dalam pertandingan, saat Persib tertinggal lebih dulu dan berhasil menyamakan kedudukan, hingga akhirnya laga babak 8 besar tersebut dilanjutkan ke adu penalti.

Namun, pada babak adu penalti tim kebanggaan Bobotoh harus mengakui keunggulan PSS Sleman dengan skor 2-4, setelah dua pemain Persib Bandung, Erwin Ramdani dan Achmad Jufriyanto gagal menjalankan tugasnya dengan baik sebagai eksekutor.

"Ya tentunya mereka sudah berusaha menampilkan yang terbaik," kata Daisuke Sato.

Baca Selengkapnya: Persib Bandung Tersingkir di Piala Presiden, Begini Tanggapan Pemain Anyar Daisuke Sato

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini