x

Misi Keluar dari Lubang Jarum, 2 Syarat Timnas Indonesia U-19 Bisa Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19

Kamis, 7 Juli 2022 17:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19 Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Senin (06/07/22).

INDOSPORT.COM - Mengupas syarat-syarat agar Timnas Indonesia U-19 bisa lolos dari grup A dan menembus semifinal Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 harus menelan pil pahit usai bermain imbang dengan Thailand di laga ketiga grup A Piala AFF U-19 2022, Rabu (06/07/22).

Baca Juga

Hasil imbang ini membuat Timnas Indonesia U-19 harus tertahan di peringkat keempat grup A Piala AFF U-19 2022 di belakang Vietnam, Thailand dan Myanmar.

Sejauh ini, skuat Garuda Muda baru mengantongi lima poin hasil dari satu kemenangan atas Brunei Darussalam dan dua hasil imbang dari Vietnam dan Thailand.

Jumlah poin itu masih kalah dari Vietnam dan Thailand yang duduk di peringkat pertama dan kedua dengan tujuh poin, hasil dari dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Baca Juga

Bahkan, raihan poin Timnas Indonesia U-19 ini juga masih kalah dari Myanmar yang duduk di peringkat ketiga dengan dua kemenangan dan satu kekalahan.

Melihat klasemen saat ini dengan dua pertandingan tersisa, Timnas Indonesia U-19 pun berada di posisi sulit untuk lolos ke semifinal.

Pasalnya, hanya ada dua tim saja yang akan lolos ke semifinal, yakni juara grup dan Runner Up grup baik dari grup A dan grup B saja.

Baca Juga

Meski begitu, Timnas Indonesia U-19 masih punya peluang untuk lolos ke semifinal. Setidaknya ada dua syarat yang harus dipenuhi.

Syarat apa sajakah itu? Berikut ulasannya.


1. 1. Wajib Menang di 2 Laga Tersisa

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19 Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Senin (06/07/22).

Syarat pertama agar Timnas Indonesia U-19 bisa lolos dari grup A dan tampil di semifinal Piala AFF U-19 2022 adalah memenangi dua laga tersisa.

Timnas Indonesia U-19 masih akan menjalani dua pertandingan di grup A yakni melawan Filipina (08/07/22) dan Myanmar (10/07/22).

Baca Juga

Dua laga ini wajib dimenangi, jika Timnas Indonesia ingin benar-benar langkahnya di Piala AFF U-19 tak hanya terhenti di babak grup.

Kemenangan di dua laga tersisa ini saja tidak cukup. Timnas Indonesia U-19 juga harus berharap saat Vietnam dan Thailand bertemu, kedua tim saling mengalahkan.

Jika laga Vietnam vs Thailand menemukan pemenang, maka Timnas Indonesia bisa menyodok posisi kedua dengan raihan 11 poin berkat kemenangan atas Filipina dan Myanmar.

Baca Juga

Namun, bagaimana jika Vietnam dan Thailand malah bermain imbang dan mengumpulkan maksimal 11 poin? Apakah peluang Timnas Indonesia U-19 akan benar-benar tertutup?

Tentu tidak. Timnas Indonesia U-19 masih bisa akan lolos kendati Vietnam dan Thailand bermain imbang di laga terakhir grup A nanti jika menilik syarat kedua. Apa syarat itu?


2. 2. Wajib Menang Besar

Pertandingan antara Timnas Indonesia U19 vs Brunai Darussalam U19 Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Senin (04/07/22).

Jika nantinya duel Vietnam dan Thailand berakhir imbang, dan Timnas Indonesia U-19 bisa memenangi dua laga terakhir, maka ketiga tim ini maksimal akan memiliki 11 poin.

Sehingga, untuk menentukan siapa yang lolos bisa dilihat dari agresivitas atau selisih gol dan kebobolan ketiga tim itu sepanjang babak grup A.

Baca Juga

Dengan kata lain, Timnas Indonesia U-19 harus menang besar di dua laga tersisa melawan Filipina dan Myanmar agar bisa unggul selisih gol atas Vietnam dan Thailand.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 punya selisih gol yang sama dengan Vietnam di klasemen, yakni plus 7 gol. Sedangkan Thailand punya plus 4 gol, namun belum bersua Brunei Darussalam.

Sehingga, Timnas Indonesia U-19 harus benar-benar memanfaatkan laga melawan Filipina dan Myanmar untuk meraih kemenangan dan mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Baca Juga

Jika dihitung, maka Timnas Indonesia U-19 berpeluang menggusur Vietnam yang masih akan menghadapi lawan sulit yakni Myanmar dan Thailand.

Meski begitu, Timnas Indonesia U-19 ada baiknya tak melihat hasil tim lain dan fokus pada diri sendiri untuk meraih kemenangan dan mencetak gol di laga tersisa grup A Piala AFF U-19 2022.

VietnamThailandBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Sepak BolaShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini