x

Ogah 'Main Mata' dengan Thailand, Vietnam Ingin Menang dan Bantu Timnas Indonesia

Minggu, 10 Juli 2022 16:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Vietnam targetkan kemenangan atas Thailand yang nantinya bisa berujung pada kelolosan timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia mendapat angin segar jelang digelarnya partai penentuan juara Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam vs Thailand yang digelar pada hari ini, Minggu (10/07/22).

Pasalnya The Golden Star Warriors berambisi untuk mengalahkan The War Elephants dan jika hal tersebut jadi kenyataan maka Garuda Muda bisa ikut lolos ke babak gugur.

Baca Juga

Walau menjadi tuan rumah, belum pernah kalah, dan didapuk sebagai salah satu calon kuat juara, namun timnas Indonesia tidak punya kampanye yang mudah di Piala AFF U-19 2022.

Jelang dimainkannya matchday kelima Grup A, anak-anak asuh Shin Tae-yong masih berada di posisi ketiga dengan koleksi 8 poin.

Ada jarak dua angka dari Vietnam dan Thailand di dua slot teratas yang memberi tiket menuju babak semifinal dan timnas Indonesia berada dalam bahaya besar.

Baca Juga

Baik Vietnam maupun Thailand cukup meraih satu poin saja alias imbang kala saling sikut nanti di Stadion Madya nanti untuk sama-sama lolos ke fase selanjutnya.

Andai sepakat untuk kongkalikong, maka dua raksasa Asia Tenggara itu bisa sama-sama menyingkirkan timnas Indonesia dari persaingan.

Baca Juga

Hanya saja pelatih Vietnam, Dinh The Nam, meyakinkan pada publik jika tim asuhannya tidak akan berniat menghadapi Thailand untuk seri saja.

Sangara Negeri Kopi memang mengakui jika Negeri Gajah Putih bukan lawan yang mudah untuk ditaklukkan namun usaha maksimal akan tetap ditunjukkan.


1. Vietnam Diuntungkan Andai Bantu Timnas Indonesia?

Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022.

"Saya puas dengan kemenangan yang kami dapatkan atas Myanmar walau masih ada sejumlah koreksi bisa dilakukan. Kini Vietnam harus bersiap untuk laga terakhir melawan Thailand," ujar Dinh seperti yang dilansir oleh Soha.

"Kami setidaknya harus bisa mengamankan satu poin tapi jika memang bisa kemenangan adalah target Vietnam sebenarnya. Sejumlah pemain Thailand levelnya tinggi dan bahkan menembus skuat Piala AFF U-22 beberapa waktu lalu,"

Baca Juga

"Tentu saja saya percaya jika Thailand punya skuat dan kekuatan terbaik di ajang Piala AFF U-19 kali ini," tambah pria yang menggantikan Park Hang-seo tersebut.

Vietnam memang sebaiknya mengalahkan Thailand dan membiarkan timnas Indonesia yang jadi pendamping mereka untuk lolos dari Grup A.

Baca Juga

Dengan demikian kans mereka untuk jadi kampiun akan sangat besar. Vietnam tidak perlu lagi berjumpa dengan Thailand saat kompetisi memasuki fase yang lebih krusial.

Andai menang dan timnas Indonesia ikut ke semifinal, dengan catatan bisa menang di matchday lima kontra Myanmar, maka Vietnam adalah unggulan teratas di semifinal.

Baca Juga

Pasalnya wakil dari Grup B dipercaya tidak punya kualitas yang sebanding dengan Grup B usai meloloskan Laos dan Malaysia.

Timnas Indonesia mungkin bisa merepotkan Vietnam di partai puncak Piala AFF U-19 2022 nanti namun setidaknya Kakang Rudianto dan kolega levelnya masih sedikit di bawah Thailand.


2. Penampilan Cahya Supriadi di Piala AFF U-19 Tuai Pujian

Piala AFF u19 2022.

Cahya Supriadi sekali lagi menunjukkan kebolehannya beraksi di bawah mistar gawang kala timnas Indonesia menghadapi Thailand pada matchday ketiga fase grup Piala AFF U-19 2022 lalu.

Tanpanya, mungkin Garuda Muda akan tumbang di hadapan Gajah Perang dan gelombang pujian tak terbendung pun mengalir untuk kiper 18 tahun itu.

Layaknya saat menjajal Vietnam di laga pembuka, Cahya berjibaku mengamankan gawangnya dari gempuran lawan-lawan nyaris sepanjang 90 menit.

Setidaknya penggawa Persija Jakarta tersebut membuat empat penyelamatan penting termasuk dua peluang emas Seksan Ratree di babak kedua yang datang dari kesalahan pemain timnas Indonesia sendiri.

Aksi terbaik Cahya Supriadi terjadi di menit ke-69 kala salah satu pemain Thailand mampu melepas point-blank header namun masih ia gagalkan dengan sebuah tangkapan mantap.

Baca selengkapnya: Piala AFF U-19: 'Sendirian' Hadapi Thailand, Fabien Barthez Milik Timnas Indonesia U-19 Panen Pujian

VietnamThailandTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandTimnas VietnamTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022Dinh The Nam

Berita Terkini