x

Piala AFF U-19: Terlibat Isu Pengaturan Skor yang Rugikan Timnas Indonesia, Thailand: Kami Senang!

Senin, 11 Juli 2022 12:14 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Thailand merasa puas timnya lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 bersama Vietnam meski dinodai isu 'main mata' singkirkan timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sukses melaju ke fase knock-out Piala AFF U-19 2022 berkat hasil imbang melawan Vietnam disyukuri betul oleh Thailand.

Meski diterpa isu jika laga pada Minggu (10/07/22) lalu itu diwarnai pengaturan skor yang berujung pada tereliminasinya Timnas Indonesia, namun mereka tidak peduli.

Baca Juga

Pelatih dari Thailand, Salvador Garcia, menegaskan jika timnya jelas mengincar kemenangan kala jumpa Vietnam di Stadion Madya, Jakarta, tadi malam.

Hanya saja The Golden Star Warriors adalah kesebelasan yang tangguh dan Garcia cukup puas dengan skor 1-1.

Garcia menggarisbawahi bagaimana anak-anak asuhnya menunjukkan determinasi tinggi dalam bermain yang mana membuat mereka bisa unggul lebih dulu.

Baca Juga

"Tentu saja kami ingin menang melawan Vietnam. Setelah tertinggal, mereka menjadi lebih baik dalam memanfaatkan serangan balik cepat dan akhirnya bisa menyamakan kedudukan dalam waktu singkat," beber Salvador Garcia seperti yang dilansir Soha.

"Setelah pertandingan banyak pemain Thailand yang kelelahan karena usaha keras mereka dalam mengejar bola. Kami menunjukkan semangat juang tinggi dan sikap yang baik,"

"Secara garis besar saya senang dengan performa yang sudah ditunjukkan. Semua anggota tim bermain spartan dan bisa menjebol gawang lawan sekuat Vietnam," pungkasnya kemudian.

Baca Juga

Apa yang diklaim oleh Garcia sebenarnya justru malah berbeda dengan apa yang terjadi sebenarnya di lapangan.

Terutama di sepuluh menit terakhir dan injury time, pemain Thailand dan Vietnam telah kompak untuk membuang-buang waktu.


1. Thailand vs Vietnam Banyak Buang Waktu, Timnas Indonesia Siap Lapor AFF

Piala AFF u19 2022.

Para pemain The Golden Star Warriors hanya sibuk mengalirkan bola di separuh lapangan mereka sendiri tanpa terlihat adanya niatan untuk melakukan build up yang konkrit.

Pasukan The War Elephants yang sebenarnya bisa mengejar menang untuk mengklaim posisi juara grup seolah terima saja lawannya membuang-buang waktu.

Baca Juga

Sama sekali tidak ada pressing yang jelas dari Thailand. Dua pemain terdepan mereka hanya berlari-lari kecil di sekitar lingkaran tengah.

Ditambah lagi kedua kesebelasan juga seakan kompak melakukan pergantian pemain yang sangat lama. Berulang kali juga tim medis mondar mandir masuk lapangan untuk merawat mereka yang tampak 'cedera'.

Baca Juga

Hingga wasit meniup peluit panjang usai memberi waktu tambahan empat menit keadaan tidak berubah. Skor 1-1 membawa Vietnam dan Thailand meninggalkan timnas Indonesia menuju semifinal.

Jika penentunya adalah selisih gol, maka Garuda Muda yang memiliki poin 11 sama dengan kedua rivalnya tersebut berhak menjadi juara grup namun AFF rupanya memberlakukan sistem head-to-head.

Baca Juga

Tidak heran jika kemudian timbul kecurigaan adanya persekongkolan di antara Thailand dan Vietnam terutama dari kubu Timnas Indonesia.

Rencananya PSSI akan mengajukan gugatan pada Piala AFF U-19 2022 dan penyelengaranya setelah melakukan penyelidikan dan mengumpulkan bukti-bukti yang dirasa kuat.


2. Sayangkan Sepak Bola ASEAN Kembali Dicemari Isu Pengaturan Skor

Suporter Ultras di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22).

Dugaan adanya main mata pada matchday terakhir Grup A antara Vietnam vs Thailand menjadi isu terhangat dalam gelaran Piala AFF U-19 2022.

Hasil dari laga tersebut membuat Timnas Indonesia selaku tuan rumah gagal melaju ke semifinal dan tidak heran jika kemudian fans mereka kecewa berat.

Bermain di Stadion Madya, Jakarta, pada Minggu (10/07/22) malam lalu baik Vietnam maupun Thailand terlihat tidak berniat untuk memenangkan pertandingan.

Gol pemecah kebuntuan di skor 0-0 baru tercipta saat laga berumur 71 menit lewat aksi gelandang Thailand, Kroekphon Abram.

Vietnam kemudian membalas sekikar enam menit kemudian via lesakan Khuat Van Khang, tetapi 'sirkus' sebenarnya baru dimulai saat mendekati 10 menit pemungkas pertandingan.

Baca selengkapnya: Piala AFF U-19: Vietnam vs Thailand Jadi 'Sepak Bola Gajah', Fans Timnas Indonesia: Padahal Masih Muda

VietnamThailandTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandTimnas VietnamTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini