x

Seniornya Tersingkir, Timnas Indonesia U-16 Siapkan Misi Balas Dendam di Piala AFF

Senin, 11 Juli 2022 20:45 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-16 di Lapangan D Senayan, Jakarta, Senin (07/06/21).

INDOSPORT.COM – Tersingkirnya Timnas Indonesia U-19 dari Piala AFF U-19 2022 tampaknya membuat juniornya Timnas Indonesia U-16 tidak ingin mengalami hal serupa di Piala AFF U-16 2022.

Piala AFF U-19 2022 telah berakhir untuk Timnas Indonesia U-19. Harapan untuk merengkuh gelar juara pun sudah dipastikan lenyap.

Baca Juga

Namun, asa masih dapat tersisa untuk Timnas Indonesia U-16 yang juga akan melakoni turnamen Piala AFF U-16 2022 akhir Juli mendatang.

Dilansir dari laman resmi PSSI, Senin (11/07/22), Timnas Indonesia U-16 bahkan telah menjalani persiapan resmi Piala AFF di Yogyakarta.

Kegiatan persiapan mereka di Yogyakarta setidaknya akan berlangsung dari tanggal 11 Juli hingga 13 Agustus 2022 di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Baca Juga

Sang pelatih, Bima Sakti dikabarkan telah menyiapkan setidaknya 30 pemain dalam training camp (TC) bulan Juli ini.

Mereka rata-rata adalah para pemain yang juga pernah mengikuti TC di bulan sebelumnya. Perlu diketahui, Timnas Indonesia U-16 terakhir kali melakukan TC pada bulan April 2022 di Stadion Madya, Senayan.

“Alhamdulillah tim U-16 bisa kembali mengadakan pemusatan latihan lanjutan di Juli. Saya berpesan kepada pemain, untuk selalu semangat dan kerja keras dalam latihan. Ini juga sebagai persiapan jelang AFF U-16, jadi saya mau mereka maksimal,” ujar Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

Baca Juga

Tak hanya sang Ketua Umum PSSI, sang pelatih juga melontarkan harapan kepada anak asuhnya.

“Harapan saya, bisa membentuk tim U-16 yang kuat,” ujar Bima Sakti.


1. Timnas Indonesia U-19 Tersingkir di Piala AFF U-19 2022

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Jika Timnas Indonesia U-16 sedang melakukan pemusatan latihan untuk bersiap menghadapi Piala AFF U-16, Timnas Indonesia U-19 justru harus tersingkir lebih dulu dari ajang serupa di level usia berbeda, yakni di Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 harus tersingkir secara dramatis karena mereka kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand.

Pertandingan Timnas Indonesia U-19 sebenarnya menghasilkan kemenangan bagi anak asuhan Shin Tae-Yong tersebut atas Myanmar.

Namun, keberuntungan sepertinya kurang memihak kepada penggawa Garuda Nusantara itu. Kekalahan ini tentu membuat para penggawa Garuda Nusantara merasa sedih hati.

Baca Juga

Kendati demikian, Timnas Indonesia U-19 tak boleh berlarut-larut dalam kesedihan. Usai tersingkir dari Piala AFF, Shin Tae-Yong dikabarkan telah memiliki rencana untuk Timnas U-19.

Terutama rencana terkait persiapan Timnas Indonesia U-19 dalam menyambut Piala Dunia U-20 2023 yang akan kembali dilangsungkan di Indonesia.

Salah satu wacana terdekat Shin Tae-Yong adalah akan menggelar pemusatan latihan di Jakarta sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga

“Untuk TC berikutnya akan diadakan di Jakarta untuk menuju Kualifikasi Piala Asia U-20,” ucap Shin Tae-Yong, Minggu (10/07/22).

Tak berhenti di situ, Shin Tae-Yong menilai sudah mengajukan permohonan pemusatan latihan ke Eropa terhadap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Di Eropa nantinya, Timnas Indonesia U-19 akan singgah selama 50 hari berturut-turut.


2. Shin Tae-yong Geram

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong tak dapat menutupi rasa kecewanya atas prilaku Thailand dan Vietnam di laga terakhir grup A Piala AFF U-19, Senin (11/07/22).

Shin Tae-yong menilai, Thailand dan Vietnam layaknya pengecut yang takut akan kualitas dari Timnas Indonesia U-19.

Rasa amarah Shin Tae-yong tak lepas dari permainan Thailand dan Vietnam di laga pamungkas grup A Piala AFF U-19 2022.

"Thailand dan Vietnam tidak menunjukkan sikap fair play. Thailand dan Vietnam sendiri tapi memang mereka takut dengan Indonesia," ucap Shin Tae-yong.

"Oleh karena itu saya sedikit tersinggung dan tak senang dengan situasi ini," tegas Shin Tae-yong.

Baca Selengkapnya: Geram, Shin Tae-yong Klaim Thailand dan Vietnam Takut dengan Timnas Indonesia U-19

PSSITimnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Bola InternasionalTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yong

Berita Terkini