x

Potret Ruang Ganti Thailand Sebelum Lawan Vietnam, Netizen: Rapat Match Fixing Nih!

Selasa, 12 Juli 2022 14:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Asosiasi Sepak Bola Thailand membongkar suasana ruang ganti sebelum bermain imbang lawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022. Namun netizen semakin murka.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Sepak Bola Thailand membongkar suasana ruang ganti sebelum bermain imbang lawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022. Namun hal ini malah memancing netizen semakin curiga adanya match fixing.

Laga Thailand vs Vietnam yang berlangsung pada Minggu (10/7/22) kemarin menyisakan kesedihan bagi timnas Indonesia U-19 selaku tuan rumah turnamen Piala AFF U-19.

Baca Juga

Kemenangan telak 5-1 atas Myanmar tidak membuat pasukan Shin Tae-yong lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Sebab, laga Thailand vs Vietnam berkesudahan 1-1. Hasil ini membuat timnas Indonesia U-19 kalah head to head dengan kedua tim tersebut.

Bukan hanya itu, fans Garuda Nusantara kian dibuat ‘ngamuk’ lantaran dalam laga Vietnam vs Thailand, ada dugaan praktik kotor berupa ‘sepak bola gajah’ dan 'main sabun' alias match fixing.

Baca Juga

Amukan fans timnas Indonesia ini tak terbendung di dunia maya. Akun masing-masing asosiasi Vietnam dan Thailand diberondong netizen yang menuding bahwa mereka telah berbuat curang.

Anggapan Thailand dan Vietnam yang ‘main sabun’ itu membuat PSSI mengadukan masalah ini sebagai bentuk tidak sportivitas kepada AFF.

Asosiasi Sepak Bola Vietnam VFF, telah merespons sikap Indonesia tersebut. Seorang pejabat VFF yang tidak disebutkan namanya mengaku belum menerima pengaduan apa pun dari Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Sementara asosiasi Thailand, Changsuek, masih memilih bungkam. Namun, unggahan terbaru di Instagram seolah-olah malah menunjukkan bahwa mereka bersikap masa bodoh.


1. Masih Bungkam, Thailand Malah Bikin Netizen Murka

Logo Piala AFF u19 2022.

Dalam sebuah postingan di Instagram, Selasa (12/07/22), Changsuek menulis dua kata “CALM TOGETHER” yang diibaratkan sikap tenang menghadapi berbagai kritikan dan tudingan.

Selain itu, asosiasi tersebut juga memperlihatkan foto suasana ruang ganti Thailand, di mana para pemain U-19 tengah khusyuk mendengarkan arahan pelatih Salvador Valero Garcia.

Baca Juga

Thailand juga menekankan bahwa foto tersebut adalah kondisi para pemain sebelum bermain imbang lawan Vietnam. Foto ini diklaim sebagai suasana yang belum pernah diperlihatkan ke publik.

“Suasana di balik layar di ruang ganti #ChangsuekU19 di Stadion Madya Senayan sebelum pertandingan di Vietnam 1-1, di sudut yang belum pernah dilihat penggemar sepak bola!” tulis Asosiasi Sepak Bola Thailand.

Bukannya mendapat simpati, unggahan Asosiasi Thailand ini malah netizen di Indonesia murka. Mereka menganggap unggahan ini justru menambah bara api soal dugaan ‘sepak bola gajah’.

Baca Juga

Netizen lalu menulis komentar-komentar nyelekit bahwa suasana di ruang ganti ini seperti menggambarkan para pemain Thailand sepakat akan membuat Timnas Indonesia U-19 menderita.

@fadillah_iqbaal: “Meeting with mafia, talk about match fixing.”

@kulonprogo_sport: “Tenang sampai nggak niat maen bola ya.”

@rasyid_subhan: “No calm for you.”

Baca Juga

@irfanmau__bvw: “Meeting With Mafia AFF #Mafia #aff.”

@itsme.tasharini: “Takut lawan indo bilang aja bang ga usah gtu. malu-maluin.”

@kristianus_suryadi: “ThaiDogsLand play match fixing

@ambonrich: “Football Mafia & Match Fixing.”


2. Pelatih Thailand Berdalih Timnya Kelelahan

Logo Piala AFF u19 2022.

Sebelumnya, pelatih Salvador Valero Garcia sendiri mengakui bahwa timnya telah memberikan yang terbaik hingga bisa mencapai semifinal Piala AFF U-19 2022.

Namun terkait dugaan ‘sepak bola gajah’ di timnya, Valero Garcia secara tersirah menampiknya. Setelah hasil imbang 1-1, dia menegaskan bahwa para pemain kelelahan untuk menyerang ke kubu Vietnam di sisa laga.

"Tentu saja kami ingin mengalahkan mereka. Setelah gol tersebut, Vietnam merespons dengan sangat baik dan mencetak gol dengan sangat cepat sehingga kami tidak bisa mengatur permainan tepat waktu,” kata Salvador Garcia kepada awak media.

“Tetapi di akhir pertandingan, banyak pemain yang cukup lelah karena energinya terkuras, jadi kami harus menghargai usaha yang sudah kami tunjukkan di lapangan,” jelasnya

Timnas Thailand U-19 yang lolos sebagai runner-up Grup A selanjutnya akan bertemu dengan Laos yang menjadi juara Grup B di babak semifinal Piala AFF U-19 2022, Rabu (13/7/22).

Baca selengkapnya

VietnamThailandPengaturan Skor Pertandingan (match fixing)Bola InternasionalTimnas Indonesia U-19Piala AFF U-19 2022

Berita Terkini