x

Tampil Impresif, 3 Wonderkid Asli Indonesia di Luar Negeri yang Bisa Dipanggil Timnas U-19

Kamis, 14 Juli 2022 21:29 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Berhasil tampil gemilang di kompetisi luar negeri, tiga pemain muda kelahiran asli Indonesia ini layak mendapat kesempatan untuk perkuat Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Berhasil tampil gemilang di kompetisi luar negeri, tiga pemain muda kelahiran asli Indonesia berikut ini layak mendapat kesempatan untuk perkuat Timnas Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Timnas Indonesia terutama kelompok umur U-20, memang sedang serius mempersiapkan diri untuk tampil di babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung bulan September mendatang.

Baca Juga

Berbekal hasil kurang beruntung di Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia diprediksi bakal tampil habis-habisan demi mengincar satu tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-20.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-19 alami nasib apes setelah tersingkir di babak penyisihan grup Piala AFF U-19 2022.

Meski belum pernah kalah bahkan mencetak 17 gol dalam lima pertandingan, namun Timnas Indonesia gagal lolos ke semifinal lantaran kalah head to head atas Vietnam dan Thailand.

Baca Juga

Pada babak kualifikasi Piala Asia U-20 nanti, Timnas Indonesia akan kembali bertemu dengan Vietnam yang di partai terakhir penyisihan grup Piala AFF U-19 dianggap main mata kontra Thailand.

Mengusung misi balas dendam atas Vietnam sekaligus mengulang catatan emas di Piala Asia U-19 tahun 2018 lalu, di mana Timnas Indonesia lolos hingga perempat final, pelatih Garuda Nusantara pun langsung mematangkan skuatnya.

Tak hanya dari sisi taktikal, pelatih Shin Tae-yong dikabarkan memanggil sejumlah pemain keturunan yang diprediksi bisa membantu Timnas Indonesia U-19 di kualifikasi Piala Asia U-20 nanti.

Baca Juga

Selain memanggil pemain keturunan di Eropa, sejatinya Shin Tae-yong juga bisa berikan kesempatan sejumlah bakat asli Indonesia yang tampil gemilang di kompetisi luar negeri.

Berbeda dengan para pemain keturunan yang harus melalui jalur naturalisasi, deretan bintang kelahiran asli Indonesia berikut ini diprediksi bakal mudah perkuat Timnas Indonesia dari segi administrasi.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, tiga pemain asli Indonesia di luar negeri yang layak dipanggil Timnas Indonesia:


1. Abdurrahman Iwan

Abdurrahman Iwan

Nama pertama adalah Abdurrahman Iwan, pemain berusia 16 tahun ini kembali menemukan sentuhan terbaiknya setelah sempat absen lama akibat cedera.

Bermain untuk Al Wakrah di Liga Qatar, Abdurrahman Iwan yang berposisi sebagai gelandang serang tersebut mampu mencetak gol pada bulan Mei lalu di ajang Qatar Cup U17.

Baca Juga

Abdurrahman Iwan pernah bergabung dengan Aspire Academy sejak tahun 2011, setelah melalui proses seleksi super ketat dengan ratusan pemain berbakat Qatar.

Iwan pernah menjadi Pemain Terbaik dan Top Skorer Qatar Star League Junior bersama Al Wakrah SC pada musim 2014/2015 lalu. Saat itu, ia berhasil menorehkan 42 gol.

Gelar serupa juga berhasil ia raih pada Qatar Star League Junior 2015/2016, Iwan pun berhasil mengemas 37 gol hingga 10 assist.

Baca Juga

Abdurrahman Iwan merupakan pemain asli Indonesia. Sang orang tua yakni Bapak H. Iwan Kuswanto dan Ibu Hj. Tarini berasal dari Kramatwatu, Serang, Banten.

Samuel Agung Marcello Sillalahi
Berikutnya ada Samuel Agung Marcello Sillalahi. Nama gelandang berusia 17 tahun ini belakangan muncul setelah akun media sosial @idn_abroad, mengkonfirmasi silsilah keluarganya yang berasal dari Indonesia.

Dari akun tersebut dijelaskan, bahwa Samuel Agung Marcello Sillalahi mempunyai orang tua asli Indonesia. Sang ayah berasal dari Medan sementara Ibunya dari Bandung.

Baca Juga

Di musim 21/22 lalu, Samuel Agung Marcello Sillalahi sempat memperkuat klub Strømsgodset yang berkompetisi di kasta teratas Norwegia.

Namun dengan usia yang masih sangat belia, Samuel Agung Marcello Sillalahi lebih banyak habiskan menit bermain di tim reserve Strømsgodset II yang berkompetisi di kasta 3.


2. Welberlieskott de Halim Jardim

Welberlieskott de Halim Jardim, Pemain Muda Indonesia yang Memperkuat Klub Brasil, Sao Paulo

Terakhir adalah Welberlieskott de Halim Jardim, striker muda fenomenal kelahiran Banjarmasin yang jadi bintang di Liga Brasil bahkan sempat meraih gelar juara di negeri Samba.

Nama Welberlieskott de Halim Jardim sendiri sebelumnya memang sempat jadi perbincangan para penggemar sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Pasalnya, pemain berusia 15 tahun tersebut sudah beberapa kali sukses meraih gelar juara bersama tim Brazil dalam kompetisi Eropa.

Teranyar pada 2019 lalu, Welberlieskott de Halim Jardim berhasil meraih treble winner saat menjuarai Gothia Cup di Swedia, Dana Cup 2019 (Denmark) serta Adidas Madewis Cup 2019 (Prancis).

Berkat pencapaian manis tersebut, putra dari pasangan Elisangelo de Jesus Jardim dan Lielyana itu mendapat kontrak junior oleh Sao Paulo FC.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang tersebut sejatinya sudah bergabung dengan Sao Paulo Junior sejak dua tahun lalu, namun dirinya belum bisa memperkuat Sao Paulo secara resmi lantaran masih berusia di bawah 12 tahun.

Bersama Sao Paulo junior, Welberlieskott tampil impresif musim ini. Teranyar, sang striker mampu membawa Sao Paulo U-15 lolos putaran kedua ajang Paulista Sub-15.

Timnas IndonesiaBakat Muda IndonesiaTimnas Indonesia U-19TRIVIAPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini