x

Liga 1: Akhirnya, Alex Goncalves Terima Sisa Gajinya dari Persikabo 1973

Sabtu, 16 Juli 2022 16:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Alex Goncalves damai dengan Persikabo 1973.

INDOSPORT.COM - Mantan striker asing Persikabo 1973, Alex Goncalves, akhirnya bisa bernafas lega. Sengketa gajinya belakangan sudah beres, Minggu (16/7/22).

Diketahui, Alex Goncalves memang sempat berselisih paham dengan mantan klubnya, Persikabo 1973. Dia menuntut gajinya dibayar.

Baca Juga

Alex sempat mencurahkan isi hatinya via media sosial pribadinya. Dia tidak terima akan pemotongan gajinya sebesar 75 persen akibat pandemi Covid-19.

Alex Goncalves lantas melaporkan ke DRC FIFA melalui pengacara Pedro Macierinha. Pihak Persikabo 1973 sempat membantah dan mengaku sudah membayar seluruh gaji sang pemain.

Persikabo 1973 bahkan melaporkan Alex Goncalves ke pihak kepolisian dengan tuduhan pencemaran nama baik. Imbasnya, paspor striker asal Brasil itu sempat tertahan.

Baca Juga

Tak berhenti di situ, kasus ini sempat menyita perhatian presiden Brasil, Jair Bolsonaro, dia mengecam apa yang dialami oleh Alex Goncalves.

FIFA melalui Investigatory Chamber of the FIFA Ethics Committee turut mengawal dan menyelidiki kasus ini. Alex juga mendapat perlindungan dari Pihak Kedutaan Besar Brasil, APPI, dan FIFPRO.

Belakangan, Alex dan Persikabo 1977 menyatakan berdamai. Kesepakatan damai terwujud pada 24 Desember 2021 bertempat di kantor PSSI, Senayan, Jakarta.

Baca Juga

Setelah berdamai Alex Goncalves kembali ke negaranya di Brasil pada 28 Desember 2021. Namun, ternyata dia masih menyimpan rasa tidak puas.

Alex kembali mengadu kepada FIFA dan melaporkan bahwa dirinya mendapat tekanan berat saat proses membuat kesepakatan damai.


1. Terus Berjuang

Logo PSSI dan FIFA

FIFA lantas menyatakan bahwa Putusan DRC FIFA no Ref. Nr. FPSD-3269 tetap berlaku dan meminta Persikabo 1973 dan PSSI untuk patuh dan menjalankan putusan tersebut.

Baca Juga

“Pada 7 Juli 2022, saya telah menerima seluruh jumlah yang harus dibayar. Terima kasih kepada semua yang mendukung dan mendoakan saya, karena sampai hari itu tiba, begitu banyak hal yang terjadi," ucap Alex Goncalves.

Baca Juga

"Tapi keadilan dan kebenaran selalu menang. Kepada teman-teman pesepak bola, perjuangkan hak kalian sampai akhir, kita adalah pekerja yang pantas dihormati," bebernya.


2. Sudah Selesai

Logo TIRA Persikabo

Berdasarkan putusan tersebut, Persikabo 1973 harus membayar sisa gaji Alex Goncalves. Bila tidak membayar, klub dilarang tampil di Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Kini Persikabo 1973 pun dikabarkan telah melunasi gaji Alex Goncalves. Sehingga dia bisa tampil di Liga 1 yang direncanakan bergulir pada 23 Juli mendatang.

FIFABrasilPSSILiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaAlex dos Santos GoncalvesBerita Liga 1Persikabo 1973Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini