x

Siap Berjuang di Swedia, ASIOP Terang-terangan Bidik Trofi Gothia Cup 2022

Sabtu, 16 Juli 2022 15:57 WIB
Editor: Indra Citra Sena
ASIOP Football Academy U-16 siap berjuang di Gothia Cup 2022.

INDOSPORT.COM - ASIOP Football Academy U-16 siap mengulang prestasi juara saat kembali terjun di kejuaraan Piala Dunia Usia Muda berlabel Gothia Cup 2022

Turnamen yang diikuti total 1.602 tim peserta dari 59 negara ini akan digelar di Gothenburg, Swedia, mulai Minggu (17/7/22) hingga 23 Juli mendatang. 

Baca Juga

Direktur Utama ASIOP, Ade Prima Syarif, memastikan pihaknya siap bekerja keras untuk menjuarai Gothia Cup 2022 sekaligus mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. 

“ASIOP berangkat ke Gothia Cup tahun ini untuk mengulang kemenangan di edisi 2016. Kami berharap bisa kembali menorehkan prestasi membanggakan bagi Indonesia. Mohon doa dan dukungannya,” ucap Ade Prima Syarif dalam rilis yang diterima INDOSPORT

Tim ASIOP yang akan berlaga di Gothia Cup 2022 notabene juara putaran nasional Piala Soeratin U-15 2022. Skuat asuhan pelatih Apridiawan ini sudah bertolak dari Jakarta ke Norwegia pada Selasa (12/7/22) untuk melakukan adaptasi cuaca Eropa, persiapan akhir, dan uji coba. 

Baca Juga

“Tim ASIOP sudah berangkat pada Selasa (12/7/22) menuju Oslo untuk melakukan pemusatan latihan dan uji coba melawan klub akademi Liga 1 Norwegia yaitu LSK Norway pada Jumat (15/7/22) di sana,” kata Ade. 

Ade juga berterima kasih dan mengapresiasi Duta Besar RI untuk Norwegia, Todung Mulya Lubis, beserta staf yang sudah menyambut kedatangan ASIOP di Oslo. 

“Alhamdulillah ASIOP mendapat jamuan dan dukungan dari Pak Dubes RI untuk Norwegia, Dr. Todung Mulya Lubis. Terima kasih atas dukungan Bapak Todung. Kami pastikan dukungan ini sangat penting bagi kami semua,” ucap Ade. 

Baca Juga

Diketahui, ASIOP adalah akademi asal Indonesia pertama dan satu-satunya yang mampu menjuarai Piala Dunia Usia Muda, Gothia Cup U-15, di Swedia pada 2016. Rekor mentereng ini belum terpecahkan oleh tim mana pun dari Indonesia. 

ASIOP berhasil menorehkan prestasi untuk Indonesia usai mengalahkan wakil Swedia, IF Elfsborg, dengan skor telak 3-1 di final Gothia Cup U-15, 23 Juli 2016. 


1. Generasi Emas Egy Maulana

ASIOP menjuarai turnamen internasional Transtama-GIC 2, Minggu (3/7/22).

Tak hanya menjadi juara, ASIOP juga mampu menyapu bersih 10 laga tanpa sekali pun menelan kekalahan di Gothia Cup 2016. Sepanjang turnamen, mereka sukses mencetak 45 gol dan hanya kebobolan delapan gol. 

Bahkan penyerang ASIOP, Egy Maulana Vikri (kini langganan timnas Indonesia), terpilih sebagai pemain terbaik sekaligus top skor Gothia Cup 2016. 

Baca Juga

Chairman ASIOP, Ade Wellington, menilai pengiriman tim ke kejuaraan dunia usia muda Gothia Cup sangat penting dan dibutuhkan oleh pesepak bola muda yang kelak akan memperkuat Timnas Indonesia. 

"Kami berharap ASIOP sebagai representasi dari akademi di Indonesia bisa mengulang kesuksesan seperti 2016 lalu," kata Ade Wellington. 

Baca Juga

"Selain mengincar juara, tentunya terpenting anak-anak akademi ASIOP ini bisa mengasah dan menguji kemampuan mereka melawan tim-tim akademi bukan hanya dari Eropa, Asia, Amerika, tapi juga dunia," tandas mantan Sekjen PSSI tersebut.


2. Sekilas Gothia Cup

ATG Sentul merupakan kompleks sepak bola berdesain mewah khas Eropa yang diketahui memiliki dua lapangan berstandar FIFA.

Gothia Cup sendiri merupakan turnamen sepak bola usia muda terakbar di dunia saat ini dan dijuluki Piala Dunia Usia Muda karena diikuti lebih dari 50 negara setiap tahun di Juli. 

Sejak dimulai pada 1975, hampir 1 juta pemain bola usia muda telah berlaga di Gothia Cup. Pesepak bola kelas dunia seperti Andrea Pirlo, Xabi Alonso, hingga Zlatan Ibrahimovic pernah bermain di turnamen ini sewaktu mereka muda.  

Pada edisi tahun ini, ASIOP tergabung di Grup 23 bersama Molnlycke IF Svart (Swedia), Athinaikos FC (Yunani), dan More BK (Swedia). 

Baca Juga

Jadwal ASIOP di Fase Grup Gothia Cup 2022 

Senin, 18 Juli 2022
07.50 WIB - ASIOP vs More BK (Swedia) 

Selasa, 19 Juli 2022
08.10 WIB - ASIOP vs Athinaikos FC (Yunani) 

Rabu, 20 Juli 2022
06.00 WIB - ASIOP vs Molnlycke IF Svart (Swedia)

SwediaNorwegiaLiga IndonesiaGothia Cup 2016Gothia CupASIOP ApacintiEgy Maulana VikriAde WellingtonBola IndonesiaOne Football

Berita Terkini