x

Piala Presiden 2022 Usai, Begini Evaluasi Menpora dan Ketum PSSI

Senin, 18 Juli 2022 14:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Piala Presiden 2022 resmi berakhir dan Arema FC keluar sebagai juara setelah kalahkan Borneo FC dengan agregat 1-0 dalam dua leg final di Malang dan Samarinda. Foto: pialapresiden.id

INDOSPORT.COM - Piala Presiden 2022 resmi berakhir dan Arema FC keluar sebagai juara. Singo Edan kalahkan Borneo FC dengan agregat 1-0 dalam dua leg final di Malang dan Samarinda. 

Arema FC menang 1-0 saat leg pertama di Malang dan menahan imbang Borneo FC dengan skor 0-0, Minggu (17/07/22) di Samarinda. Ini jadi raihan trofi Piala Presiden ketiga untuk Singo Edan. 

Baca Juga

Piala Presiden 2022 mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo karena berjalan lancar. Ajang ini sekaligus uji coba, sebelum menyambut Liga 1 2022 hingga Piala Dunia U-20 2023.

"Saya hadir di Stadion Segiri untuk menutup pergelaran turnamen pramusim Piala Presiden mewakili presiden. Tadinya beliau mau hadir, tapi ada kegiatan di Jakarta yang tidak bisa ditinggalkan. Beliau tugaskan saya untuk menutup turnamen," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. 

Baca Juga

"Presiden sambut baik gelaran ini. Ini gelaran kita untuk masuk kompetisi 2022-2023, sekaligus jadi ajang untuk para pemain, terutama di timnas yang juga punya kesempatan untuk berkompetisi di dalam turnamen Piala Presiden maupun Liga 1," imbuhnya. 

"Kita tahu bahwa kita siapkan diri di berbagai event. Ada Piala Asia, Piala Dunia U-20 2023, SEA Games dan berbagai kompetisi maupun turnamen yang akan diikuti timnas kita," lanjut Menpora. 

Baca Juga

1. Percepat Pembinaan

Kiper Arema FC terpilih sebagai pemain terbaik di Piala Presiden 2022. Foto: pialapresiden.id

Lebih lanjut, Menpora menyampaikan pesan Presiden, agar PSSI mempercepat pembinaan secara berjenjang di kelompok umur, sehingga timnas semakin baik.

Sementara itu, ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan bersyukur Piala Presiden 2022 berakhir sukses. Dia mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh Presiden Jokowi dan Menpora, Zainudin Amali. 

Baca Juga

"Hampir semua rangkaian kegiatan Piala Presiden lancar. Hari ini (semalam-red) adalah pengujung, wakilnya dari Kalimantan dan Jawa, sedang bagus-bagusnya dua tim ini," ujar Ketum PSSI.  

Dalam kesempatan semalam, Iwan Bule (sapaan Ketum PSSI) juga memastikan kick-off Liga 1 2022/23 sesuai jadwal yakni 23 Juli. Bali United dan Persija Jakarta akan bertanding di laga pembuka di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. 

"Kami melaporkan tanggal 23 kita kick-off untuk Liga 1 di Bali. Pramusim adalah uji coba untuk nanti di Liga 1 dengan penonton," tuntasnya. 

Pada Piala Presiden 2022, PSSI mengizinkan penonton hadir di stadion secara langsung dengan kuota 75 persen dari kapasitas. Hal itu kemungkinan besar diterapkan di Liga 1 2022. 


2. Strategi Pelatih Arema FC hingga Juara Piala Presiden 2022

Borneo FC Juara Runner Up Piala Presiden 2022. Foto: pialapresiden.id

Ogah disebut minim taktik, ini strategi jitu dari pelatih Eduardo Almeida, hingga Arema FC resmi menjadi juara ajang pramusim Piala Presiden 2022.

Arema FC sukses merengkuh trofi juara Piala Presiden 2022, setelah menahan imbang Borneo FC di final leg 2, Minggu (17/7/22), di Stadion Segiri, Samarinda.

Walau hanya bermain imbang 0-0, tetapi sebelumnya, Arema FC sudah menang 1-0 saat final leg 1 di Stadion Kanjuruhan.

Maka dari itu, Arema FC berhak membawa pulang kembali trofi Piala Presiden 2022 ke Malang, setelah sebelumnya mereka juga menjuarainya di tahun 2017 dan 2019.

Sebelum pertandingan final, banyak yang menyebut bahwa Arema FC akan bermain parkir bus melawan Borneo FC, agar bisa menjaga keunggulan final leg 1 lalu.

Baca Selengkapnya: Ogah Disebut Minim Taktik, Ini Strategi Pelatih Arema FC hingga Juara Piala Presiden 2022

PSSIBorneo FCPiala PresidenLiga IndonesiaArema FCLiga 1Piala Presiden 2022

Berita Terkini