x

Masuk Akal! Ini Alasan Shin Tae-yong Sebut Vietnam dan Thailand 'Main Mata' di Piala AFF U-19

Rabu, 20 Juli 2022 10:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Masuk akal, ini alasan Shin Tae-yong sebut Timnas Vietnam U-19 dan Thailand 'main mata' di laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19, Vietnam dan Thailand memiliki poin yang sama di klasemen akhir penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, yaitu 11 poin.

Baca Juga

Timnas Indonesia unggul selisih gol, setelah Hokky Caraka dkk menang atas Brunei 7-0, membekuk Filipina 5-1, dan memberondong Myanmar dengan skor 5-1, Minggu (10/7/22).

Vietnam sendiri hanya mencetak total 12 gol, sedangkan Thailand lebih sedikit, baru membukukan 7 gol di fase penyisihan grup.

Melihat produktivitas gol, tentu saja Timnas U-19 yang paling layak melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Namun, berdasarkan aturan AFF, Garuda Muda tidak terpilih.

Baca Juga

AFF merilis aturan bahwa tim yang memiliki poin sama, maka yang dihitung adalah head to head untuk menentukan siapa yang lolos.

Mengingat Timnas U-19 tak bisa mencetak gol ke gawang Vietnam dan Thailand, maka Garuda Muda pun tidak berhak ke semifinal.

Alhasil, banyak yang tidak bisa menerima keputusan ini, karena seolah-olah sudah di-setting agar Timnas U-19 tersingkir.

Baca Juga

Apalagi, pada laga penentuan, Vietnam dan Thailand seolah main tak bergairah, setelah kedudukan imbang 1-1, dan memastikan mereka unggul head to head atas Garuda.

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun mencium adanya indikasi 'main mata' antara Timnas Vietnam dan Thailand, agar tidak bersua Garuda Muda.


1. Shin Tae-yong: Mereka Tidak Niat Main

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Dengan hasil imbang 1-1, maka Vietnam dan Thailand sama-sama melenggang ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022, menyisihkan Timnas Indonesia yang unggul selisih gol.

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengaku kecewa dengan aturan aneh dari AFF yang membuat Garuda Muda gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Menurutnya, Vietnam dan Thailand 'main mata' agar tidak bertemu Timnas Indonesia. Barangkali mereka takut diberondong gol oleh Hokky Caraka dkk di fase knockout.

"Jujur saya tidak bisa banyak bicara, daripada saya banyak bicara tentang ada 'sesuatu', tetapi pastinya terlihat memang laga ini tidak fairplay," kata Shin Tae-yong.

"Terlihat sekali dari pertandingan itu, kedua tim takut dengan Indonesia. Dari awal laga melawan Vietnam, mereka (Thailand) terus mengulur waktu, dan juga tidak fairplay."

Baca Juga

"Untuk lolos ke semifinal, harusnya mereka berusaha maksimal sampai waktu terakhir. Tetapi mereka di menit-menit akhir tidak niat menyerang sama sekali," imbuhnya.

"Dari pertandingan itu sudah terlihat, kedua tim ini takut dengan Indonesia," kata Shin Tae-yong saat hadir di Youtube Sport77.

Shin Tae-yong juga menyesalkan, mengapa AFF memilih menentukan urutan klasemen dengan sistem head to head, dan tidak memakai selisih gol sebagai patokan.

Baca Juga

"Memang kalau kita cetak satu gol saja ke gawang Thailand atau Vietnam, pastinya kita akan lolos dari fase grup, itu terlihat dari taktik dan jalannya pertandingan."

"Head to head ini memang tidak ada di regulasi FIFA, tetapi masih ada di AFC dan AFF, ini yang saya tidak bisa terima, jarang ada yang memakai regulasi itu," tukasnya.


2. PSSI Layangkan Protes ke AFF

Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule ke skuat Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Rabu (06/11/19).

Setelah meninjau jalannya laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022, PSSI mulai mencium adanya indikasi 'sepak bola gajah'.

Dengan hasil imbang 1-1, maka Vietnam dan Thailand sama-sama melenggang ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022, menyisihkan Timnas Indonesia yang unggul selisih gol.

Maka dari itu, PSSI mengambil langkah tegas dengan melayangkan surat protes ke AFF, untuk meninjau ulang jalannya babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule melalui unggahan di Instagram-nya.

"Dari hasil rapat kami siang ini, saya dan PSSI sepakat untuk bertindak tegas dan melayangkam surat protes ke AFF terkait hasil pertandingan tadi malam," tulisnya.

"Sekiranya AFF dapat meninjau kembali apa yang menjadi keresahan kami," tegas Moch. Iriawan melalui unggahan di Instagram-nya.

VietnamThailandAFF U-19 ChampionshipTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas ThailandTimnas VietnamTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini