x

Media Korea Sebut Asnawi Mangkualam Lakukan 'Dribel Badai' Sebelum Cetak Gol Debut di K-League 2

Minggu, 24 Juli 2022 11:00 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam Bersama Ansan Greeners

INDOSPORT.COM – Keberhasilan Asnawi Mangkualam mencetak gol debut bersama Ansan Greeners di kompetisi K-League 2 membuat media Korea Selatan heboh.

Pada pertandingan tersebut, tim yang dibela Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners berhasil mempecundangi Gimpo FC dengan skor 3-1, Sabtu (23/07/22) malam WIB.

Baca Juga

Asnawi menjadi salah satu penyumbang gol kemenangan Ansan Greeners. Penggawa timnas Indonesia tersebut mencetak gol ketiga untuk Ansan.

Sebelumnya, Ansan berhasil mencatatkan dua gol lewat Song Jin-kyu dan Geon Joo Choi. Dilansir dari Sportal Korea, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong bahkan turut hadir dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga

Ditonton oleh sang pelatih timnas, Asnawi kerap menunjukkan kepiawaiannya mengolah bola. Bahkan, pada menit ke-34 Asnawi menunjukkan tekel apiknya untuk merebut bola.

Tak cukup sampai disitu, Asnawi juga sempak menunjukkan ‘dribel badai’ ketika pertandingan sudah memasuki babak kedua.

Asnawi dari garis tengah lapangan langsung menggiring bola dan menunjukkan ‘dribel badai’ tersebut. Penonton di stadion pun langsung bergemuruh melihat aksi Asnawi itu.

Baca Juga

Tak puas dengan menunjukkan aksi memukai, pemain asal Indonesia tersebut kemudian mencetak golnya pada menit ke-42 babak kedua.

Gol tersebut menjadi yang pertama kalinya dicetak Asnawi Mangkualam sejak ia memperkuat Ansan Greeners pada 22 Januari 2021 lalu.


1. Asnawi Ungguli Legenda Timnas Indonesia

Asnawi Mangkualam di TC Timnas U-23

Asnawi Mangkualam tidak hanya membuka keran gol pribadinya pada pekan ke 26 K-League 2 bersama Ansan Greeners.

Asnawi juga turut menorehkan rekor luar biasa dan turut membuat namanya semakin harum di kancah sepak bola Tanah Air.

Baca Juga

Asnawi berhasil menorehkan rekor menjadi pemain Indonesia pertama yang mampu membuat gol di kompetisi profesional Korea Selatan dan Jepang untuk kasta berapapun.

Korsel dan Jepang memang sudah menjadi kiblat sepak bola benua Asia sejak lama. Liga kedua negara itupun seringkali mendapat tempat teratas koefisien Benua Kuning.

Indonesia mengekspor pemain ke Negeri Sakura dan Ginseng adalah sesuatu yang langka dan wajar jika baru Asnawi yang bisa mencatatkan namanya dalam mesin pencetak gol.

Baca Juga

Legenda Timnas Indonesia, Ricky Yacobi adalah pemain pertama yang bisa dikirim Indonesia ke liga elite Asia dengan bargabung bersama Marsushita pada 1988.

Ricky kala itu memang dapat membuat satu gol dari enam penampilannya, tetapi kala itu liga Jepang statusnya baru semi-pro.

Selain itu, ada juga Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly yang masih sama-sama aktif merumput hingga kini.

Baca Juga

Keduanya bahkan pernah berbaju Consadole Sapporo. Terkhusus Irfan, ia juga sempat membela Ventforet Kofu.

Dengan torehan Asnawi baru-baru saja, diharapkan ia masih dapat berkembang dan karirnya semakin maju bersama Ansan Greeners.


2. Susunan Pemain

Klub Ansan Greeners FC.

Ansan Greeners (4-3-3)

Lee Hee-sung; Asnawi Mangkualam, Yu -Seop Jang, Sin Il-soo, Jun-Hee Lee; Song Jin-kyu, Kim Young-Nam, Sang-Min Lee; Róbson Carlos Duarte, Thiago Henrique Do Espírito Santo, Bo-Seob Kim.

Gimpo FC (3-4-3) Lee Sang-wook; Jong-Min Kim, Kang-Yeon Lee, Kyung-Rok Park; Park Dae-han, Kim Jong-seok, Jae-Hun Choi, Park Jae-woo; Seong-eun Na, Min-Ho Yun, Seok-Yong Son;

Baca Selengkapnya: Hasil Ansan Greeners: Main Penuh, Asnawi Cetak Gol dan Bantu Tim Menang 3-1!

Korea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharK-LeagueSepak BolaShin Tae-yongAnsan Greeners

Berita Terkini