x

Media Malaysia Terpukau Lihat Gol Perdana Asnawi Mangkualam di Korea Selatan

Minggu, 24 Juli 2022 10:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Gol pedana bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, untuk klub Korea Selatan, Ansan Greeners, turut membuat media di Malaysia terpukau.

INDOSPORT.COM – Gol pedana bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, untuk klub Korea Selatan, Ansan Greeners, turut membuat media di Malaysia terpukau.

Seperti diketahui, pada Sabtu (23/07/22) malam WIB, Ansan Greeners yang diperkuat Asnawi Mangkualam meraih kemenangan 3-1 atas Gimpo Citizen pada lanjutan pekan ke-28 K-League 2 atau kasta kedua Liga Korea Selatan.

Baca Juga

Menghadapi Gimpo FC yang bertengger di urutan ketujuh serta sempat kalahkan Jeonnam Dragons pekan lalu, pelatih Ansan Greeners langsung memainkan bintang Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Bermain dalam formasi 4-3-3, Asnawi Mangkualam akhirnya berada di posisi terbaiknya yakni sebagai wingback sebelah kanan dan bertandem dengan Jun-Hee Lee di sebelah kiri.

Media Malaysia, Main Bola, menyoroti salah satu gol kemenangan Ansan Greeners yang dicetak oleh bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam .

Baca Juga

Dalam judul berita yang terbit selepas laga Ansan Greeners vs Gimpo Citizens, media ini menulis “Asnawi Hebat, Cetak Gol Pertamanya di Korea Selatan.”

Media ini kemudian memaparkan proses terciptanya gol yang dicetak Asnawi di laga itu. Asnawi yang bermain di posisi sayap kanan mencetak gol pada menit ke-88.

Baca Juga

“Asnawi yang beraksi di posisi sayap kanan membuat Ansan Greeners menjaringkan gol tersebut pada menit ke-88 permainan yang akhirnya menentukan kemenangan 3-1 Ansan Greeners atas Gimpo FC,” tulis berita tersebut.

“Gol tersebut tercipta selepas Asnawi menerima umpan dari Kim Kyung Jun. Dia kemudian melakukan dribel pendek di sisi kanan sebelum melepas tembakan kaki kiri,” lanjut media ini dalam ulasannya.


1. Asnawi Cetak Gol Bersejarah di Ansaan Greeners

Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam Bersama Ansan Greeners

Bola sejatinya sempat membentur pemain lain, namun pada akhirnya tetap bersarang di gawang Gimpo Citizens yang dikawal oleh Lee Sang-wok.

Kemenangan atas Gimpo Citizens ini juga mengantarkan Ansan Greeners duduk di tangga ke-9 liga dari 12 tim yang bertanding di kompetisi K-2 League.

Baca Juga

Dengan media Malaysia ikut terpukau dengan gol yang dicetak Asnawi, ini menunjukkan bahw akiprah Asnawi di Korea Selatan mulai diperhitungkan oleh lawan-lawannya di Asia Tenggara.

Asnawi sendiri sejatinya sudah terbukti tajinya kala membela Timnas Indonesia. Bersama pasukan Garuda, pemain berusia 22 tahun ini mengoleksi 21 caps dan mencetak satu gol.

Baca Juga

Meski demikian, butuh 31 pertandingan bagi Asnawi untuk bisa mencetak gol perdananya untuk Ansan Greeners setelah mulai membela tim tersebut sejak Februari 2021 lalu.

Pada musim ini, Asnawi sudah mencatatkan 15 penampilan di liga bersama klubnya. Asnawi sendiri merupakan satu-satunya bintang bola sepak Indonesia yang melebarkan sayap di Korea Selatan.

Baca Juga

Fakta ini membuat Asnawi menorehkan catatan luar biasa yakni menjadi pemain Indonesia pertama yang mampu cetak gol di kompetisi profesional Korea Selatan dan Jepang untuk kasta berapa pun.

Legenda Timnas Indonesia, Ricky Yacobi, adalah pemain pertama yang bisa dikirim bangsa ini ke elite Asia dengan memperkuat Matsushita pada 1988.


2. Asnawi Susul Jejak Legenda Timnas Indonesia

Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam Bersama Ansan Greeners

Ricky memang bisa bikin satu gol dari enam penampilannya namun kala itu liga Jepang statusnya baru semi-pro. Label profesional baru bisa dipamerkan J.League pada 1992 silam.

Kemudian ada juga Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly yang masih sama-sama aktif merumput hingga kini.

Keduanya pernah berbaju Consadole Sapporo, khusus Irfan ditambah Ventforet Kofu, dan mendapat menit bermain juga namun gol gagal disarangkan.

Korea SelatanMalaysiaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharK-LeagueBakat Muda IndonesiaPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas IndonesiaAnsan GreenersOne Football

Berita Terkini