x

Waduh! Media Malaysia Soroti Jebolnya Pagar Pembatas Stadion JIS di Laga Persija vs Chonburi

Senin, 25 Juli 2022 14:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Robohnya pagar pembatas Stadion Internasional Jakarta (JIS) saat laga Persija vs Chonburi FC memancing perhatian luar negeri, salah satunya dari Malaysia.

INDOSPORT.COM – Robohnya pagar pembatas Stadion Jakarta International Stadium (JIS) saat laga klub Liga 1, Persija Jakarta vs Chonburi FC memancing perhatian luar negeri, salah satunya dari Malaysia.

Sebagaimana diketahui, Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS) akhirnya resmi diluncurkan pada Minggu (25/07/22).

Baca Juga

JIS merupakan stadion kelas dunia baru yang dibangun di ibukota Jakarta, Indonesia dan diperkirakan mampu menampung 82 ribu orang.

Sebuah media online asal Malaysia, VOCKETFC, pada Senin (25/07/22), turut menyorot acara Grand Launching JIS yang juga dimeriahkan dengan laga Persija Jakarta vs Chonburi FC.

Laga persahabatan antara Persija Jakarta melawan klub asal Thailand ini sendiri berlangsung sengit dan berakhir imbang 3-3.

Baca Juga

Alih-alih menyoroti jalannya pertandingan dan acara inti dari Grand Launching JIS, media ini ternyata lebih tertarik dengan insiden ambruknya pagar pembatas JIS.

Media ini memberi judul berita mengenai Grand Launching JIH dengan, “Pagar pembatas Stadion Internasional Jakarta runtuh saat laga Persija Jakarta melawan Chonburi.”

Menurut VOCKETFC, pagar pembatas antara tribun penonton dan lapangan Stadion JIS ini ambruk jelang kick-off pertandingan Persija Jakarta vs Chonburi.

Baca Juga

“Sebelum pertandingan dimulai terjadi insiden yang mencuri perhatian para penggemar sepak bola Indonesia. Pagar pembatas di area tempat duduk penonton di dekat gawang ditemukan runtuh,” tulis media ini.


1. Media Malaysia Soroti JIS Jadi Venue Piala Dunia U-20

Lapangan di Jakarta International Stadium (JIS) berukuran 105 x 68 meter dengan permukaan lapangan menggunakan rumput hibrida.

Media ini juga menyoroti kesibukan petugas keamanan menjaga arena pagar yang ambruk ini guna mencegah suporter masuk ke lapangan saat laga Persija vs Chonburi dimulai.

Bagi VOCKETFC, insiden ini tentunya sangat menarik dunia luar mengingat Stadion JIS terpilih sebagai salah satu venue gelaran Piala Dunia U-20 tahun depan.

Baca Juga

“Stadion Internasional Jakarta juga telah dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 (U-20) tahun depan,” tulis media ini.

Bukan hanya itu, media ini juga menyoroti klaim bahwa Stadion JIS adalah stadion paling modern di Indonesia, yang fasilitasnya menyerupai Stadion Santiago Bernabeu milik Real Madrid.

“Stadion yang dianggap paling modern di Indonesia ini juga memiliki fungsi atap portabel yang bisa dibuka tutup seperti Stadion Santiago Bernabeu milik Real Madrid.”

Baca Juga

Menambahkan informasi, media ini juga menuliskan pernyataan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, terkait runtuhnya pagar pembatas Stadion JIS.

Berbanding terbaik dengan klaim media-media di Indonesia, VOCKETFC menilai bahwa Anies Baswedan tidak menyalahkan Jakmania – sebutan pendukung Persija – sebagai penyebab utama.


2. Kata Anies Baswedan soal Robohnya Pagar JIS

Gubernur DKI Anies Baswedan bersama tim Persija memantau pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) 8

Anies Baswedan yang juga hadir di acara Grand Launcing Stadion Jakarta International Stadium (JIS) ini memastikan bahwa pagar itu nantinya akan segera diperbaiki sehingga bisa menopang beban yang lebih kuat di kemudian hari.

“Untuk pagar, saya kira karena semangatnya luar biasa tinggi dan baru pertama kali stadion ini digunakan,” kata Anies kepada awak media.

“Jadi ini semua bagian dari proses pembelajaran. Nah proses belajar akan bertemu dengan segala macam tantangan. Ini salah satu masalah yang harus dihadapi bersama,” katanya.

Baca selengkapnya: Soal Pagar Roboh di Stadion JIS, Anies Baswedan: Semangat Jakmania Sangat Tinggi

Persija JakartaMalaysiaLiga IndonesiaLiga 1Chonburi FCBerita Liga 1Jakarta International Stadium (JIS)Liga 1 2022-2023

Berita Terkini