x

Segera Kembali ke Indonesia, Pelatih Vietnam U-20 Tingkatkan Sisi Psikologis Para Pemain

Rabu, 27 Juli 2022 19:35 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Vietnam, Dinh The Nam soal lawan Indonesia dan pemain yg diwaspadai. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Vietnam U-20, Dinh The Nam mengatakan bahwa dirinya sudah meningkatkan sisi psikologis para pemainnya dalam rangka persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pelatih Vietnam U-19 (kini U-20), Dinh The Nam menilai pasukannya kini lebih berpengalaman dibanding dengan pemain yang lalu.

Baca Juga

Menghadapi kualifikasi Piala Asia U-20 2023, pasukan Dinh The Nam masih banyak dihuni para pemain U-19 yang sebelumnya tampil di Piala AFF 2022 lalu.

Vietnam juga menambahkan enam pemain baru, di antaranya kiper Doan Huy Hoang, gelandang Nguyen Thanh Dat, Nguyen Dang Duong, Nguyen Thanh An, striker Tieu Trung Hieu dan gelandang Tran Dam Phuc Thinh.

Sayangnya, Vietnam U-20 belum akan mendapatkan skuat terbaik mereka lantaran beberapa pemain dengan kualitas bagus masih bermain untuk klub mereka.

Baca Juga

Menurut Dinh The Nam, pemain yang baru ditambahkan semuanya lahir pada 2004-2005, dalam hal keterampilan dasar, pemikiran bermain sepak bola mereka juga relatif terintegrasi. 

Akan tetapi, ketika memasuki kompetisi, mereka masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengejar senior-senior mereka di timnas sebelumnya.

Atas alasan tersebut, Dinh The Nam juga turut meningkatkan sisi luar permainan pemain, seperti sisi psikologis, keberanian, hingga konsentrasi.

Baca Juga

“Seperti pada turnamen U-19 Asia Tenggara baru-baru ini, 12 pemain dikumpulkan dalam tim untuk pertama kalinya dan juga berkompetisi di turnamen internasional untuk pertama kalinya, yang sangat berbeda dengan pergi ke tempat lain," kata Dinh The Nam.

"Bertanding di Indonesia, penonton juga sangat antusias. Sehingga, kita perlu secara khusus meningkatkan psikologi, keberanian, dan konsentrasi kita. Meningkatkan keinginan anak-anak untuk menang dan bersaing lebih kuat," cetusnya.


1. Vietnam Siapkan Diri Lakukan Training Camp

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Kembali ke Indonesia membuat tim kepelatihan Vietnam tampaknya benar-benar ingin mematangkan kemampuan skuat mereka.

Demi mencapai target tersebut, para pemain Vietnam U-20 akan menjalani training camp yang akan ditempatkan di Vietnam Youth Football Training Center hingga 31 Juli mendatang.

Baca Juga

Setelah itu, Timnas Vietnam akan berpindah ke Binh Duong untuk menghadiri turnamen internasional kategori usia 19 tahun.

Turnamen tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada 5-11 Agustus dengan partisipasi tiga tim tamu termasuk Thailand, Malaysia, dan Myanmar.

Usai menjalani turnamen tersebut, Timnas Vietnam akan menjalani sesi latihan selama dua minggu di Negeri Sakura, Jepang.

Baca Juga

Selama masa pelatihan di Jepang tersebut, timnas Vietnam akan memainkan tiga pertandingan lebih banyak dengan pemain dengan kualiltas lebih tinggi dari Vietnam U-20, sehingga membantu para pemain untuk meningkatkan kemampuan mereka.

“Mudah-mudahan sebelum memasuki Kualifikasi Piala Asia U-20, para pemain Vietnam U-20 akan meningkatkan keberanian dan mentalitasnya,” ujar Dinh The Nam.

“Selain itu, para pemain juga memiliki rencana untuk memperbaiki beberapa masalah dalam permainan mereka. Baik taktik dalam bertahan maupun menyerang,” tegas nya.

Baca Juga

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dijadwalkan akan berlangsung pada September mendatang. Indonesia akan menjadi tuan rumah pada gelaran tersebut.

Vietnam tergabung dalam Grup F dan akan kembali satu grup dengan Indonesia, Hong Kong, dan Timor Leste.


2. Tuding Indonesia Susahkan Timnas Vietnam

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Media Vietnam menuduh, keputusan PSSI itu mempersulit Timnas Vietnam menjelang laga pembuka Kualifikasi Piala Asia U-20 2022.

Dilansir SuperBall, tuduhan PSSI bikin susah timnas U-20 VIetnam itu datang dari sebuah media asal Vietnam, Giaittri Arttimes.

Giaittri Arttimes menulis "Tuan rumah Indonesia 'mempersulit' Vietnam U-20 di Kualifikasi AFC U-20 2023" pada judul artikelnya.

Menurut Giaittri Arttimes, para pemain Vietnam akan melakukan perjalanan panjang untuk bisa bermain di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Hal tersebut lantaran stadion yang akan digunakan berada di Jawa Timur, yakni di stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Baca Selengkapnya: Kualifikasi Piala Asia U-20: Timnas Vietnam Trauma Kembali ke Indonesia

VietnamPiala AFCBola InternasionalTimnas VietnamSepak BolaDinh The Nam

Berita Terkini