x

Ajukan Tuan Rumah Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Dituding Bakal Rugikan Vietnam

Jumat, 29 Juli 2022 16:00 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
Vietnam merasa mengalami kerugian karena pengajuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 bisa menggeser mereka ke pot tiga.

INDOSPORT.COM – Vietnam merasa mengalami kerugian karena pengajuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 bisa menggeser mereka ke pot tiga.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dilaporkan telah resmi menerima permintaan Indonesia untuk menjadi calon tuan rumah Piala Asia 2023.

Baca Juga

Setelah PSSI mengirim proposal pada Selasa (28/06/22) lalu, AFC secara resmi mengumumkan bahwa mereka sudah menerima permintaan Indonesia.

Sebelumnya AFC telah memutuskan bahwa ada empat proposal yang masuk ke meja mereka hingga batas akhir pengajuan, Jumat (15/07/22).

Indonesia, Australia, Korea Selatan dan Qatar merupakan negara yang telah menyerahkan proposal resmi kepada AFC.

Baca Juga

Oleh karena itu, negara-negara tersebut, termasuk Indonesia diminta untuk segera melengkapi semua dokumen sebelum Senin (31/07/22) nanti.

Jika Indonesia berhasil menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 nanti, skuad Garuda akan melompat menjadi pot pertama.

Sedangkan Vietnam mau tidak mau harus terjun ke pot tiga dan memiliki kemungkinan untuk melakoni pertandingan yang sulit.

Baca Juga

Hal itu tentu saja membuat negara tetangga, Vietnam 'kebakaran jenggot'. Peluang Indonesia untuk menjadi kandidat tuan rumah Piala Asia 2023 dituding bakal merugikan mereka.

Melalui media Bongda, mereka menuding bahwa Indonesia sengaja mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 untuk mempersulit Vietnam.


1. Vietnam Merasa Dirugikan

Ketum PSSI Mochammad Iriawan menerima kunjungan Kaesang Pangarep.

Diketahui bahwa saat ini Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengumumkan daftar negara yang sudah mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Saat ini, Indonesia tengah bersaing dengan tiga kandidat lain seperti, Korea Selatan, Australia dan Qatar.

Baca Juga

Mengetahui bahwa Indonesia merupakan kandidat paling kuat, Media Vietnam pun lantas gemetar menyikapi fakta tersebut.

“Perwakilan dari Asia Tenggara (Indonesia) dianggap sebagai kandidat kuat karena mereka memiliki faktor-faktor yang diperlukan,” tulis Media Vietnam, Bongda.

“Seperti kondisi halaman, dan jadwal liga yang sesuai, jika dibandingkan dengan pesaing lainnya,” sambung mereka.

Baca Juga

Dengan peluang itu, Media Vietnam menuding bahwa secara tidak langsung Indonesia telah merugikan mereka. Sebab, jika Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Maka Vietnam bakal turun ke pot tiga.

Mereka menilai bahwa masuk ke pot tiga merupakan posisi yang tidak menguntungkan. Sebab, Vietnam memiliki kemungkinan akan menghadapi lawan yang kuat di awal pertandingan.

Sedangkan Indonesia akan melesat ke pot satu, apabila berhasil menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah mengalahkan tiga kandidat lainnya.

Baca Juga

Kendati demikian, mereka berharap bisa satu grup dengan Indonesia, karena menganggap Vietnam lebih sering menang atas skuad Garuda.

“Kami sering menang melawan Tim Garuda dan para pesaing di kawasan SEA di berbagai kompetisi sepanjang tahun,” papar Bongda.


2. PSSI Telah Siapkan Kota Tuan Rumah Piala Asia

Ketum PSSI Mochammad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali tiba di venue Kongres PSSI 2021 disambut Ketum Koni Kongres PSSI 2021 di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (25/05/21).

Indonesia kembali menjadi tuan rumah untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 mendatang. Timnas Indonesia tergabung di grup F bersama Vietnam, Hongkong, dan Timor Leste.

PSSI sebagai federasi sepakbola Indonesia pun sudah memilih kota mana yang akan menghelat turnamen ini, Rabu (20/07/22).

PSSI melalui Ketua Umum, Mochamad Iriawan menunjuk wilayah Jawa Timur untuk menghelat perhelatan tersebut.

"(Kualifikasi Piala Asia U-20) rencananya di Jawa Timur."

"Mungkin salah satunya di Sidoarjo karena (stadion) Gelora Bung Tomo sedang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023," ucap Mochamad Iriawan.

Baca selengkapnya: Bukan Jakarta, PSSI Siapkan Kota Ini Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

IndonesiaAFCVietnamPiala Asia 2023Bola Internasional

Berita Terkini