x

Bantu Viking FK Bekuk Raksasa Ceko, Shayne Pattynama Makin Dekat Tampil di UEFA Conference League!

Jumat, 29 Juli 2022 06:52 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Viking FK dan Shayne Pattynama lolos ke kualifikasi ketiga untuk Liga Konferensi Europa dan sang calon pemain timnas Indonesia tampil reguler sebagai starter.

INDOSPORT.COM - Shayne Pattynama punya kans mengharumkan nama Indonesia di kompetisi elite Eropa pada musim 2022/2023 ini.

Pasalnya calon penggawa naturalisasi timnas Indonesia tersebut tengah berjuang meloloskan klubnya, Viking FK, menuju Liga Konferensi Europa atau UEFA Conference League.

Baca Juga

Viking FK berhak mengikuti kualifikasi kompetisi ketiga terbesar antar klub benua Biru setelah Liga Champions dan Liga Europa tersebut setelah bisa finis ketiga di divisi teratas Liga Norwegia.

Hanya saja kualifikasi yang harus mereka hadapi bersama Pattynama jauh dari kata mudah karena prosesnya tergolong panjang.

Untuk bisa lolos ke putaran final Liga Konferensi Europa, Viking FK harus melalui empat fase yakni kualifikasi pertama, kedua, dan ketiga sebelum memasuki play-off.

Baca Juga

Saat ini Viking FK dan Shayne Pattynama sudah memastikan satu tempat di kualifikasi ketiga pasca menggebuk raksasa Republik Ceko, Sparta Praha.

Sparta meski harus bertandang ke SR-Bank Arena alias Viking Stadion, sebenarnya sedikit lebih diunggulkan namun justru menelan pil pahit pada Jumat (29/07/22) dini hari tadi.

Baca Juga

Dengan hasil imbang 0-0 di leg pertama, Sparta sempat berada di atas angin kala unggul lebih dulu via gol Jaroslav Zeleny di menit ke-42.

Namun Viking FK bisa merebut momentum lagi dengan lesakan balasan Viljar Vevatne kurang dari tiga menit setelahnya. Tuan tumah kemudian mengklaim kemenangan agregat 2-1 usai Mai Traore melengkapi comeback mereka di injury time babak kedua.


1. Ditunggu Wakil Irlandia

Liga Konferensi Europa.

Shayne Pattynama sendiri cukup punya andil besar dengan tanpil 90 menit penuh di posisi bek kiri. Pemain berdarah Belanda itu dapat mematikan pergerakan pemain lawan di depannya seperti Dominik Holek.

Lawan Viking FK di kualifikasi ronde ketiga sudah ditentukan oleh UEFA dan Liga Konferensi Europa yakni kesebelasan asal Irlandia, Sligo Rovers.

Baca Juga

Ketimbang Sparta Praha, calon lawan yang akan dihadapi pada 4 Agustus 2022 mendatang tersebut memang kalah pamor namun tetap tidak bisa diremehkan.

Mereka mampu lolos ke babak ini usia menundukkan wakil Britania Raya lainnya yakni Motherwell dengan agregat 3-0.

Baca Juga

Diharapkan Shayne Pattynama bisa membawa tim dan rekan-rekannya untuk menang juga melawan Sligo.

Nantinya jika berhasil lolos maka mereka sudah akan ditunggu babak play-off dimana masih ada puluhan tim yang berambisi untuk melaju ke putaran final.

Sebelum ini belum pernah ada pemain asal Indonesia yang bisa bermain di kompetisi elite antar klub Eropa.

Baca Juga

Memang saat ini Pattynama belum memegang pasporr dan KTP Indonesia mengingat proses naturalisasinnya masih berlangsung.

Hanya saja siapa tahu di tengah gelaran Liga Konferensi Europa nanti Shayne Pattynama telah diresmikan statusnya sebagai WNI dan bisa mengharumkan nama negaranya bersamaan dengan nama Viking FK.


2. Cheshire Tidak Lagi Disukai Fans Timnas Indonesia usai Turun ke Kasta 8 Inggris

Logo Garuda Timnas Indonesia.

Harapan bagi Anthony Cheshire untuk membela timnas Indonesia sepertinya saat ini sudah sangat tipis atau bahkan habis.

Pasalnya kariernya kini tengah mengalami penurunan hingga harus merumput di level semi-pro Inggris dan fans Merah-Putih meragukan kemampuannya.

Cheshire adalah pemain bertahan bedarah Inggris-Indonesia yang sebelumnya digadang-gadang akan menjadi aset berharga untuk timnas Indonesia.

Posturnya yang ideal sebagai bek tengah dengan bekal tinggi badan 185 cm membuatnya dianggap cocok untuk dinaturalisasi.

Apalagi sampai Agustus 2021 lalu ia masih merumput di kasta keempat Liga Inggris bersama Swindon Town sehingga kemudian nama Cheshire sempat viral.

Baca selengkapnya: Fans Timnas Indonesia Ogah Shin Tae-yong Panggil Pemain Blasteran Ini karena Main di 'Liga Tarkam'

Sparta PrahaNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalViking FKShayne PattynamaUEFA Conference League

Berita Terkini