x

Dijamu PSM Makassar di Pekan Kedua Liga 1, Bali United Ogah Terjebak Wiljan Pluim

Jumat, 29 Juli 2022 08:55 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Wiljam Pluim ditempel ketat Renshi di laga Piala Presiden Arema FC vs PSM (Ian Setiawan/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Bali United tidak mau terjebak pada pandangan bahwa PSM Makassar hanya Wiljan Pluim saja jelang berduel di pekan kedua Liga 1 2022-2023.

Serdadu Tridatu atau julukan Bali United mewaspadai setiap pemain PSM Makassar jelang lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Jumat (29/07/22) sore WIB.

Baca Juga

Wiljan Pluim merupakan sosok yang setia bersama PSM Makassar. Ketika pemain datang dan pergi, pria asal Belanda tetap setia dengan setiap keadaan Juku Eja.

Total Wiljan Pluim sudah enam tahun berseragam tim kebanggaan masyarakat Makassar tersebut. Ini menjadi klub terlama yang dibela Pluim sepanjang karier profesional sebagai pemain sepak bola.

Baca Juga

Kesetian Wiljan Pluim tak sekadar bertahan dan main. Selama enam tahun Pluim konsisten jadi pilar andalan PSM. Musim ini, Pluim mengawali Liga 1 dengan mencetak dua gol.

Baca Juga

Dua gol itu membawa PSM menang atas PSS Sleman 2-1 pada Sabtu (23/07/22) lalu. Catatan itu memberi anggapan bahwa dirinya mengambil peran besar dalam setiap hasil PSM, termasuk musim ini.

Namun, Bali United tak mau hanya berfokus pada Pluim saja. Gelandang Bali United, Brwa Nouri, menilai Pluim merupakan pemain bagus, namun rekan-rekannya juga wajib diwaspadai.


1. Brwa Nouri Respect dengan Pemain PSM Makassar Lainnya

Gelandang Bali United, Brwa Nouri.

"Saya tahu kualitas dari Pluim. Dia merupakan satu dari sederet gelandang terbaik di liga," kata Brwa Nouri, Kamis (28/7/22).

"Saya respect dengan Pluim, tapi juga respect dengan pemain lainnya. Tidak boleh fokus sama satu pemain. Harus fokus sama semua dari PSM," lanjut Nouri.

Baca Juga

Namun bagi Nouri, mewaspadai setiap kekuatan PSM merupakan hal penting. Namun, hal itu tak boleh mengurangi rasa fokus terhadap tim sendiri.

"Kami harus fokus dalam permainan kita sendiri, bukan dari tim lawan saja," tutur pria berpaspor Irak ini.

Baca Juga

Bali United datang dengan target membawa pulang poin dari markas PSM. Mereka ingin melanjutkan tren positif yang dicatatkan pada laga pertama saat mengalahkan Persija Jakarta 1-0.

Baca Juga

Nouri dkk. pun sudah tak sabar bermain di Parepare. Ini jadi momen pertama Bali United bermain di Stadion B.J. Habibie.

"Ya benar ini tempat baru. PSM belum pernah main di sini, kita juga belum main di sini. Kita punya satu kesempatan buat latihan. Mudah-mudahan lapangan bagus," jelas pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.


2. Bali United Jadi Tim Pertama yang Dijamu PSM di Parepare

Kondisi Stadion BJ Habibie, Parepare, di malam hari yang akan dijadikan homebase oleh PSM Makassar di Liga 1 2022-2023.

Bagi Teco, PSM merupakan tim yang kuat, karena bisa mengawali kompetisi dengan tiga poin, sama seperti Bali United.

"Kita harus kerja keras buat dapat hasil positif di sini," tegas pelatih asal Brasil ini.

Terpisah, winger Bali United, M Rahmat ikut gembira setelah Stadion B.J. Habibie, Parepare, lolos verifikasi untuk menggelar pertandingan Liga 1 2022/2023.

Awalnya, stadion ini terancam batal jadi markas PSM Makassar karena PT Liga Indonesia Baru (LIB) mencatat beberapa kekurangan saat mengunjungi stadion berjarak 150 kilometer dari Makassar itu.

Setelah dilakukan sejumlah perbaikan, PT LIB akhirnya memberi lampu hijau. Rahmat bersama Bali United akan menjadi tim Liga 1 pertama yang dijamu PSM di Parepare.

Bagi Rahmat, ketika ada kota lain di Sulawesi yang bisa menggelar Liga 1, selain Makassar, hal itu merupakan sebuah kabar menggembirakan.

"Saya hanya ingin mengucapkan selamat setelah akhirnya Stadion B.J. Habibie Parepare lolos verifikasi dan PSM tetap bisa bermain di Sulawesi Selatan," kata Rahmat.

Baca Juga
PSM MakassarBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Willem Jan PluimBrwa NouriLiga 1 2022-2023

Berita Terkini