x

Liga 1: Peluang Carlos Fortes Tampil Lawan Arema FC, Begini Kata Pelatih PSIS

Jumat, 29 Juli 2022 18:09 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Striker PSIS Semarang, Carlos Fortes akan bertemu dengan mantan timnya Arema FC pada pekan kedua Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (30/07/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIS Semarang, Sergio Aparecido Alexandre, menyertakan Carlos Fortes untuk laga Liga 1 melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (30/07/22). Namun, Fortes belum tentu akan bermain.

PSIS dan Arema FC benar-benar akrab tahun ini. Sebelum bertemu pada pekan kedua Liga 1 musim ini, kedua tim sudah bersua empat kali.

Baca Juga

Dua pertemuan awal merupakan laga uji coba. Kedua tim sepakat untuk bertanding di kandang masing-masing. Arema FC menang 2-0 di Kanjuruhan dan PSIS menang 2-1 di Jatidiri.

Ternyata, "kemesraan" berlanjut pada Piala Presiden 2022. Kedua tim bertemu pada babak semifinal. Dalam dua pertemuan, Arema menang 2-0 di Kanjuruhan dan menang 2-1 di Jatidiri.

Dalam empat pertemuan kedua tim itu, Carlos Fortes selalu jadi sosok yang dibicarakan dan menjadi momok bagi lawan.

Baca Juga

Fortes mencetak dua gol dalam uji coba. Kemudian pada babak semifinal, Fortes hanya sempat main 60 menit, sebelum kemudian cedera.

Bisa dibilang, Fortes belum benar-benar membawa PSIS dominan atas mantan klubnya. Maka, Liga 1 bisa menjadi momen Fortes untuk membawa PSIS dominan atas Arema FC.

Pertemuan pertama akan berlangsung di Kanjuruhan. Fortes ada dalam rombongan tim. Sayangnya, dia belum tentu ditampilkan melawan Arema FC.

Baca Juga

"Fortes dibawa ke Malang, tapi akan dilihat lagi kondisinya bagaimana," kata Sergio, Jumat (29/07/22) siang.

Hadirnya Fortes tentu akan menjadi sosok penting bagi PSIS. Liga 1 Musim lalu, Fortes tampil bagus dengan mencetak 20 gol dalam 31 penampilan untuk Arema FC.


1. Efek Absennya Fortes

Pertandingan Liga 1 antara PSIS Semarang vs RANS Nusantara FC, Sabtu (23/07/22). Foto: ligaindonesiabaru

Ketiadaan Fortes pun sudah dirasakan ketika harus bermain imbang lawan Rans Nusantara FC pada pembuka Liga 1. Dalam laga itu, PSIS dipaksa berbagi angka 1-1 dengan Rans FC.

Tapi, Sergio melihat PSIS sebagai sebuah kesatuan. Dia tak mau fokus hanya untuk satu pemain, namun keseluruhan tim yang dibawa ke Malang.

Baca Juga

"Tidak hanya PSIS, saya pikir klub di seluruh dunia, ketika kehilangan pemain andalan pasti akan jadi masalah. Harus diakui kehilangan Fortes merupakan kehilangan salah satu bagian penting dalam tim," tutur Sergio.

"Tapi, saya tidak fokus pada hal itu saja karena saya yakin pemain lain bisa melakukan tugasnya dengan baik," lanjut pelatih asal Brasil ini.

Baca Juga

Sergio menyebut timnya sudah melupakan dua kekalahan di Piala Presiden 2022. PSIS punya ambisi untuk memperbaiki catatan atas Arema FC.

"Ya benar, kita dua kali melawan Arema, kita kalah dua kali. Tentu dari sisi PSIS, kami ingin membalik kondisi itu di Liga 1. Sementara dari sisi Arema tentu ingin menjaganya," jelas Sergio.


2. Belajar dari Kesalahan

Pertandingan Liga 1 antara PSIS Semarang vs RANS Nusantara FC, Sabtu (23/07/22). Foto: ligaindonesiabaru

Pelatih berlisensi AFC Pro ini tetap melihat Arema FC sebagai sebuah kekuatan bagus di Liga Indonesia, meski pada laga pertama dihajar Borneo FC 0-3 di Samarinda.

Sergio meyakini skuat besutan Eduardo Almeida sudah belajar dari kesalahan di markas Borneo FC.

"Kedua tim merupakan tim kuat yang punya peluang juara di Liga 1, tapi yang jelas, dengan apa yang kami rencanakan, semoga bisa mendapatkan hasil yang baik," harap mantan pelatih Persiraja Aceh ini.

"Kami ingin datang dengan situasi hasil yang lebih baik. Tidak masalah ketika kemarin kalah, tapi sekarang masing-masing tim punya target dan kami ingin mendapatkan hasil lebih baik di kompetisi," imbuhnya.

Partai Liga 1 antara PSIS Semarang melawan Arema FC akan berlangsung pada pukul 18.15 WIB.

PSIS SemarangLiga IndonesiaArema FCLiga 1Carlos Manuel Dos Santos FortesLiga 1 2022-2023

Berita Terkini