x

Timnas Indonesia Jajal Curacao, Tim Antah-berantah dengan Pemain Kelas Eropa

Senin, 1 Agustus 2022 13:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dikabarkan akan menjajal FIFA Matchday September dengan melawan Curacao, tim antah-berantah yang punya pemain kelas Eropa.

Kabar ini dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, bahwa timnas Indonesia akan menjalani dua partai FIFA Match Day 2022 nanti melawan Curacao.

Baca Juga

"Dua pertandingan bulan September nanti rencananya menghadapi Curacao," ucap Yunus Nusi kepada awak media di Stadion Maguwoharjo, Minggu (31/7/22) malam.

PSSI mengincar Curacao sebagai lawan tanding karena berdasarkan data terkini berada di peringkat 84 FIFA. Mereka memang ingin mempertemukan timnas Indonesia dengan tim 100 besar untuk mendongkrak peringkat jika berhasil menang.

Baca Juga

Timnas Indonesia saat ini tertahan di peringkat 155, tertinggal dari negara Asia Tenggara lainnya, Vietnam (91), Thailand (111), Filipina (134), hingga Malaysia (147).

PSSI pun melihat peluang untuk menjajal laga persahabatan kontra Curacao, dan pihak lawan juga tertarik akan tawaran itu.

Kabar ini langsung menyita perhatian komentator sekaligus pengamat sepak bola nasional, Binder Singh, karena tim Curacao seolah tak pernah terdengar di level dunia.

Baca Juga

"Di pertandingan persahabatan, lebih baik jika Timnas Indonesia berhadapan dengan oposisi yang kuat, agar para pemain mulai terbiasa merasakan level kesulitan," kata Binder.

"Ternyata dalam beberapa hari terakhir, saya baca berita bahwa timnas Indonesia akan berhadapan dengan Curacao, jujur saya belum pernah dengar Curacao."


1. Menakar Kekuatan Curacao

Timnas Curacao di CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: Stars and Stripes FC

Berhubung minim sekali informasi soal Timnas Curacao, pengamat sepak bola, Binder Singh pun melakukan riset terhadap calon lawan tanding Timnas Indonesia itu.

"Curacao ini masuk Benua Amerika Selatan, tapi Timnas Curacao tergabung ke federasi CONCACAF, konfederasi yang diisi negara Amerika Utara dan Tengah," jelas Binder.

Baca Juga

Beberapa negara yang tergabung di konfederasi CONCACAF adalah Amerika Serikat, Meksiko, Panama, Kuba, Trinidad-Tobago, El Salvador, dan lain sebagainya.

"Uniknya, Timnas Curacao ini berada di ranking 84 FIFA, jauh lebih tinggi daripada Timnas Indonesia," kata Binder Singh lagi.

Baca Juga

"Namun lucunya, Timnas Curacao belum pernah lolos ke Piala Dunia, dan mereka juga belum pernah berprestasi di zona CONCACAF," tambah sang komentator.

Meski demikian, banyak pemain Curacao yang berkarier di Liga Eropa. Hal ini sedikit membantu saat uji coba timnas Indonesia.

Baca Juga

"Ketika saya lihat pemain-pemain mereka di timnas, memang sebagian besar bermain di Eropa. Itu bagus juga, timnas Indonesia bisa berhadapan dengan yang main di Eropa."

"Tapi bisa jadi pemain tersebut hanya bagus secara individu, tetapi secara tim mereka tidak bisa membentuk timnas yang kuat," jelas Binder Singh di kanal Youtube-nya.


2. Timnas Indonesia jangan Salah Kaprah

Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (01/06/22).

Besar harapan Timnas Indonesia bisa mengalahkan Curacao di FIFA Matchday September nanti, agar bisa mendongkrak posisi di ranking FIFA.

Namun, komentator dan pengamat sepak bola, Binder Singh mengingatkan bahwa timnas Indonesia jangan salah kaprah, dan hanya mengejar hasil akhir di pertandingan.

"Jangan sampai kita sudah memilih Timnas Curacao, tapi Indonesia tidak bisa meraih kemenangan. Sebelumnya saat melawan Bangladesh tak bisa meraih kemenangan."

"Hasil akhir adalah nomor dua, yang penting cara bermainnya rapi, jangan seperti lawan Bangladesh, menyerang terus, tetapi sulit menciptakan peluang," pungkas Binder.

PSSITimnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoBerita Timnas IndonesiaBinder SinghYunus Nusi

Berita Terkini