x

Media Vietnam Ketar-ketir, Soroti Tekad Timnas Indonesia untuk Balas Dendam di Piala AFF U-16

Sabtu, 6 Agustus 2022 13:50 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Media Vietnam, TheThao247, ketar-ketir melihat tekad timnas Indonesia yang ingin membalas dendam di Piala AFF U-16 2022.

INDOSPORT.COM – Media Vietnam, TheThao247, ketar-ketir melihat tekad Timnas Indonesia U-16 yang ingin membalas dendam di Piala AFF U-16 2022.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Vietnam, Indonesia, dan Thailand memiliki poin yang sama di klasemen akhir penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, yaitu 11 poin.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 saat itu menang selisih gol setelah Hokky Caraka dkk menang atas Brunei 7-0, membekuk Filipina 5-1, dan memberondong Myanmar dengan skor 5-1, Minggu (10/07/22).

Vietnam sendiri hanya mencetak total 12 gol, sedangkan Thailand lebih sedikit, baru membukukan 7 gol di fase penyisihan grup.

Melihat produktivitas gol, tentu saja Timnas U-19 yang paling layak melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Namun, berdasarkan aturan AFF, Garuda Muda, tidak terpilih.

Baca Juga

Di sisi lain, Vietnam dan Thailand justru meraih hasil imbang 1-1 pada pagelaran Piala AFF U-19 saat itu. Bahkan, Iwan Bule menduga laga tersebut diindikasi ada main mata.

AFF sudah menyelidiki laga tersebut dan menyimpulkan bahwa tidak ada laga 'sepak bola gajah' dalam pertandingan Vietnam dan Thailand.

Laga yang diduga sebagai pertandingan ‘main mata’ tersebut bahkan membuat PSSI ngotot ingin cabut dari AFF dan masuk ke EAFF.

Baca Juga

Kini, Vietnam bersua kembali melawan Timnas Indonesia U-16 dalam ajang Piala AFF U-16 2022, bahkan media setempat ketar-ketir akan tekad Indonesia untuk balas dendam.


1. Bima Sakti Bernafsu Menangi Laga Kontra Vietnam

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti. Foto: PSSI

Perebutan tiket ke babak semifinal akan menjadi persaingan sengit antara Timnas Vietnam U-16 melawan Indonesia U-16 apalagi Garuda Muda baru saja berpesta gol dalam kemenangan 9-0 atas Singapura.

Hasil tersebut membuat Indonesia bertengger di pucuk klasemen sementara di atas meski kedua tim memiliki 6 poin yang sama, tetapi berbeda dalam sisi produktivitas (+11 vs +9).

Baca Juga

Dengan aturan hanya 3 juara grup dan 1 tim terbaik kedua yang memegang tiket untuk lolos ke babak berikutnya, maka setiap pertandingan di turnamen AFF U16 2022 menjadi sangat penting.

Pada laga terakhir, Indonesia U-16 memiliki banyak keunggulan ketika hanya membutuhkan hasil imbang melawan Vietnam U-16 untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

Sedangkan jika tidak bisa mengalahkan Indonesia, Vietnam U-16 harus mengandalkan hasil pertandingan grup lain.

Baca Juga

Saat ini, skuad asuhan Nguyen Quoc Tuan memimpin peringkat kedua dengan performa terbaik dibandingkan grup lain karena unggul dua poin dari Thailand U-16 yang baru saja bermain imbang kontra Laos U-16.

Skenario terburuk bagi Vietnam U-16 adalah kalah dari Indonesia U16, sementara Thailand U16 menang melawan Timor Leste di pertandingan terakhir.

Namun, inilah hasil yang sebenarnya diinginkan Indonesia. Media Vietnam tersebut menyebut pasukan pelatih Bima Sakti sangat bertekad menyingkirkan Vietnam U-16.

Baca Juga

Pelatih Indonesia U-16, Bima Sakti, menegaskan bahwa skuadnya telah menganalisis Vietnam U-16 dengan sangat hati-hati untuk membidik kemenangan.

“Kami telah melakukan operasi pada dua pertandingan terakhir Vietnam U-16. Namun, Indonesia U-16 yakin bahwa mereka dapat membongkar pertahanan mereka dan tahu bagaimana menghadapi gaya serangan balik Vietnam U-16,” kata Bima Sakti.

“Tentu kami ingin menang. Kami tidak ingin nasib satu tim ditentukan oleh tim lain, jadi saya katakan kepada para pemain, kami harus terus berjuang. Dapatkan kemenangan. Saya ingin pergi ke semifinal sebagai tim teratas Grup A."

Baca Juga

TheThao247 juga menyoroti tekad pelatih asal Indonesia itu yang disinyalir membuat media Vietnam itu ketar-ketir.

“Bermain aman dengan mencari hasil imbang jelas bukan keputusan yang bijak. Indonesia U-16 harus terus berjuang untuk menang dan menyingkirkan Vietnam.”


2. Kafiatur Optimis Indonesia Kalahkan Vietnam

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Kafiatur Rizky usai membobol gawang Singapura U-16 pada laga kedua fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22).

Gelandang asal Tangerang Selatan, Muhammad Kafiatur Rizky, berambisi membawa Timnas Indonesia U-16 menang lagi pada Piala AFF U-16 2022.

Di atas kertas, partai melawan Vietnam U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/22) pukul 20.00 WIB, memang lebih berat dari laga Filipina dan Singapura pada laga awal Piala AFF U-16 2022.

Namun, hal itu tak menjadikan semangat dan motivasi para pemain Garuda Muda mengendor.

Justru para pemain, salah satunya, Kafiatur siap berjuang habis-habisan demi mengalahkan Vietnam, meski sejatinya satu poin sudah cukup untuk melaju ke babak semifinal.

"Laga ini harus kita menangkan. Harus, tidak boleh seri," tegas  pemain Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022, Kafiatur, Jumat (05/08/22).

Baca selengkapnya: Kafiatur Optimis Timnas Indonesia Menang Lagi di Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Titip Pesan

Timnas Indonesia U-16Bola InternasionalPiala AFF U-16 2022Timnas Vietnam U-16

Berita Terkini