x

Iwan Bule Jadikan Kapten Timnas Indonesia U-16 Sebagai Anak Angkat

Minggu, 7 Agustus 2022 20:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Kapten Timnas U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge saat sesi jumpa pers usai laga fase grup A Piala AFF U-16 2022 melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (06/08/22).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan kejutan untuk kapten Timnas Indonesia U-16 pasca kalahkan Vietnam 2-1 di laga terakhir Grup A di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (06/08/22).

Iwab Bule, sapaan Ketum PSSI menyatakan akan menjadikan kapten Timnas U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge sebagai anak angkat. 

Baca Juga

Dia berjanji akan membiayai pendidikan bek berdarah Papua itu hingga sukses di masa depan. 

Iqbal Gwijangge merupakan sosok penting di balik kesuksesan Timnas U-16 lolos ke semifinal dengn status juara Grup A Piala AFF U-16 2022

"Iqbal mungkin saya angkat jadi anak angkat saya," kata Iwan Bule.

Baca Juga

"Dia dari Papua tapi lahir dan besar di Bandung, dia sekarang di SMA 4. Saya akan kawal sampai dapat pekerjaan, sampai lulus," imbuhnya. 

Iqbal lahir di Sumedang, Jawa Barat pada 29 Agustus 2006. Dia merupakan putra dari mantan atlet angkat berat Jawa Barat, Besinah Haluk.

Baca Juga

Iqbal kini bergabung dengan tim Bhayangkara FC U-16. Sebelumnya, anak muda 16 tahun itu sempat bermain untuk Bandung Pro United. 

Pemain berpostur 179 cm itu selalu tampil dalam tiga laga Timnas Indonesia U-16 di babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2022. 


1. Target Juara

Kapten Timnas Indonesia U-16, Muhammad Iqbal Gwijanggeas (kanan) mengamati duel rekannya dengan pemain Vietnam pada laga fase grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (06/08/22).

Setelah membawa Timnas U-16 lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022, Iqbal mengucapkan terima kasih atas dukungam suporter dan masyarakat. Dia berjanji akan tampil lebih baik, demi target raih juara. 

"Terima kasih kepada penonton di stadion dan di rumah. Tanpa dukungan mereka kami tak bisa lebih semangat lagi di babak kedua," ujarnya pasca kalahkan Vietnam.

Baca Juga

"Saya harus lebih baik lagi di semifinal. Kami tadi sempat kecolongan (lawan Vietnam) dan bangkit lagi babak kedua. Kami tak menyerah karena lawan Vietnam kita harus lebih dari mereka usahanya," lanjut Iqbal. 

Di sisi lain, Iwan Bule juga memastikan akan terus memantau perkembangan Timnas U-16 Indonesia. 

Baca Juga

Ia menilai, pasukan Bima Sakti kali ini adalah generasi emas yang punya potensi di masa depan.

"Saya minta Sekjen (Yunus Nusi) dan Dirtek (Indra Sjafri) mengawal tim ini sampai selesai. Saya minta tim untuk betul-betul mengawal Timnas U-16 sampai jenjang berikutnya,'' tuntas Ketum PSSI. 


2. Tunggu Lawan

Timnas Indonesia U-16 saat mengalahkan Vietnam 2-1 pada laga fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (06/08/22).

Setelah memastikan tiket semifinal Piala AFF U-16 2022, Timnas U-16 masih harus menunggu siapa calon lawan. 

Skuad Garuda Asia menunggu hasil laga terakhir dari Grup C dan Malaysia, Myanmar dan Kamboja yang masih berpeluang menjadi juara Grup C.

Bima Sakti menyatakan tidak masalah melawan tim mana pun. Semua negara pesaing dinilai punya kekuatan tersendiri jadi wajib diwaspadai. 

"Jadi kami gak pilih-pilih lawan. Siapa saja lawannya kalau Malaysia atau Myanmar, kami tetap fight yang penting sudah masuk semifinal agar lolos ke final," tuntasnya. 

Timnas U-16 lolos dari babak penyisihan Grup A dengan status juara grup. Tim Merah Putih kalahkan Vietnam (2-1), Singapura (9-0) dan Filipina (2-0). 

VietnamTimnas Indonesia U-16Liga IndonesiaIwan BulePiala AFF U-16 2022

Berita Terkini