x

Banyak Keluhan Soal Wasit, Ketum PSSI Sebut Liga 1 Masih Aman-aman Saja

Selasa, 9 Agustus 2022 12:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

INDOSPORT.COM - Liga 1 Indonesia 2022-2023 sudah bergulir tiga pekan. Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, merasa sejauh ini kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia berjalan dengan lancar seusai rencana.

Meski demikian, Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, tak menampik adanya kekurangan yang masih saja terjadi di Liga 1 2022-2023, salah satunya terkait kepemimpinan wasit.

Baca Juga

Menurut Iriawan, masih ada keputusan wasit yang dinilai kurang tepat. Hal itu sekaligus menjadi bahan evaluasi PSSI agar Liga 1 2022-2023 bisa berjalan dengan lancar.

Sebagai informasi, sejak pekan pertama hingga ketiga Liga 1 2022-2023, ada beberapa klub yang merasa dirugikan dengan keputusan korps baju hitam, di antaranya Persib Bandung.

Pelatih Robert Rene Alberts menyoroti kinerja wasit pada pertandingan pekan kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 kontra Madura United. Beberapa kali sang pengadil dinilai mengambil keputusan yang kurang tepat.

Baca Juga

Keputusan yang dinilai kurang tepat adalah wasit tak menganggap pemain lawan melakukan pelanggaran, padahal jika jeli seharusnya Persib mendapatkan dua kali penalti. 

Sedangkan Madura United seharusnya tidak mendapatkan penalti. Pasalnya, kiper Persib, Fitrul Dwi Rustapa, diklaim sudah terlebih dulu mendapat bola. 

Baca Juga

Kemudian, pelatih Barito Putera, Dejan Antonic, menyoroti kinerja wasit yang memimpin pertandingan pekan ketiga Liga 1 2022-2023 kontra PSIS Semarang.

Pada laga tersebut Taisei Marukawa berhasil masuk ke pertahanan Barito, tapi entah mengapa terjatuh sendiri. Umumnya aksi ini disebut sebagai diving.


1. Penjelasan Iwan Bule

Striker Persib, Ciro Alves saat pertandingan melawan Madura United.

Akan tetapi, wasit memberikan hadiah penalti. Jonathan Cantillana akhirnya mencetak gol dari titik penalti, skor menjadi imbang 1-1.

Tak lama berselang, giliran Alfeandra Dewangga yang terjatuh tanpa adanya sentuhan dengan pemain Barito Putera. Aksi ini juga menjadi sorotan karena terindikasi diving.

Pelatih Barito Putera akhirnya mengunggah cuplikan pertandingan yang berakhir dengan kemenangan PSIS 2-1 tersebut di Instagramnya, yakni saat pemain PSIS Semarang melakukan diving dan dianggap pemain Barito melakukan pelanggaran.

Baca Juga

"Saya rasa on the track ini, jadi beberapa wasit memang evaluasi tapi namanya human error pasti terjadi, yang jelas kita on the track," ucap Mochamad Iriawan saat ditemui di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Minggu (7/8/22).

Sedangkan terkait kick-off pertandingan yang berlangsung pada malam hari, menurutnya jadwal tersebut sudah disepakati peserta kompetisi. Pasalnya, hal itu berkaitan dengan sponsor.

Baca Juga

"Jadwal itu sudah disepakati, jadi semua juga kena ada yang malam, jadi kita ada win-win solution dengan sponsor hak siar. Mereka butuh, kalau nggak nanti dari mana angka subsidi juga kan dari mereka juga," ungkap Iwan Bule.

"Sponsor kasih uang, kami subsidikan kalau nanti hak siarnya tidak tercapai tentunya akan menjadi dampak yang ada di tim," jelasnya.


2. Klasemen Liga 1 2022-2023

Logo Liga 1 2022-2023.

Sementara itu, hingga memasuki pekan ketiga kompetisi Liga 1 2022-2023, Madura United menjadi pemuncak klasemen sementara setelah meraih tiga kemenangan secara beruntun dan saat ini mengoleksi sembilan poin.

Sedangkan runner-up ditempati oleh Persikabo. Pasukan Djajang Nurdjaman ini berhasil meraih kemenangan pada tiga pertandingan dan memiliki poin yang sama dengan Madura United.

Meski memiliki nilai yang sama dengan Madura United, Persikabo 1973 berada di peringkat kedua lantaran kalah produktivitas gol.

Baca Juga

Sedangkan di zona degradasi, untuk sementara peringkat 16 ditempati Persik Kediri dengan perolehan satu poin, diikuti Persib (17) yang jumlah kemasukan lebih banyak dari Persik.

Posisi juru kunci sendiri, ditempati oleh Persis Solo. Pasukan Jacksen F. Tiago belum mendapat poin lantaran harus mengakui keunggulan lawan pada tiga pertandingan mereka.

Persib BandungPSSIWasitLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaMochamad IriawanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini