x

Hasil Piala AFC PSM Makassar vs Kedah Darul Aman: Juku Eja Kunci Tiket Final Zona ASEAN!

Selasa, 9 Agustus 2022 20:12 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor:
Laporan hasil Piala AFC babak semifinal zona ASEAN antara PSM Makassar vs Kedah Darul Aman yang digelar pada Selasa (09/08/22) dengan skor akhir 2-1.

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah laporan hasil Piala AFC babak semifinal zona ASEAN antara PSM Makassar vs Kedah Darul Aman yang digelar pada Selasa (09/08/22) petang.

Meski harus melihat dua pemainnya dikartu merah di babak kedua namun Juku Eja tetap bisa menyingkirkan wakil Malaysia dengan skor 2-1 dan melaju ke babak final.

Baca Juga

PSM sudah tancap gas sejak peluit tanda mulai pertandingan dibunyikan. Bahkan belum tiga menit laga berjalan mereka sudah nyaris unggul.

Berawal dari lolosnya Everton Nascimento di depan kotak penalti Kedah usai menerima sodoran dari rekannya, bola kemudian ditembaknya langsung namun usahanya membentur tiang gawang.

Bola rebound kemudian hendak disambar oleh Kenzo Nambu namun pemain bertahan Kedah lebih cepat untuk merespon sehingga PSM harus puas hanya mendapat sepak pojok.

Baca Juga

Setelah mendominasi cukup lama, akhirnya PSM Makassar pecah telur juga di menit ke-31 dengan gol berproses indah yang diciptakan oleh Yakob Sayuri.

Visi brilian dari Pluim mampu membelah pertahan Kedah Darul Aman dan membuat Rizky Pratama dari sisi kiri bisa berhadapan langsung dengan kiper Ifwat Akmal.

Baca Juga

Hanya saja Rizky tahu betul jika ruang tembaknya tidak terlalu ideal sehingga memilih untuk menyodorkan bola ke sisi lain dimana kemudian Yakob tinggal mencocor masuk bola ke dalam gawang.

Skor 1-0 kemudian bertahan hingga jeda turun minum dengan keunggulan jadi milik PSM atas Kedah.


1. Babak Kedua

Piala AFC.

Di paruh kedua karena tahu sedang dalam kondisi tertinggal dan butuh melakukan perubahan guna mengejar gol, Kedah Darul Aman pun memasukkan kaki-kaki segar dari bangku cadangan.

Amirul Hisyam dan Fadzrul Daniel ditarik keluar untuk memberi tempat pada Akmal Kamil dan Khairu Khazali.

Baca Juga

Hanya saja justru PSM Makassar yang mampu menambah keunggulan di menit ke-54 lewat bek asing berpaspor Tanjung Verde, Yuran Fernandez.

Memanfaatkan situasi sepak pojok, pemain berusia 27 tahun itu melompat tinggi melewati penjaganya dan menanduk telak bola sehingga sama sekali tidak terantisipasi oleh kiper.

Baca Juga

Sayangnya Yuran kemudian beralih menjadi pesakitan usai namanya dielu-elukan. Kurang dari sepuluh menit usai golnya tercipta, ia harus masuk ke ruang ganti lebih dulu.

Pasalnya Yuran diacungi kartu kuning kedua oleh wasit dan akhirnya PSM harus memainkan sisa pertandingan dengan sepuluh pemain saja di lapangan.

Baca Juga

Unggul jumlah pemain membuat Kedah kembali terpacu untuk memangkas defisit gol. Akhirnya gawang PSM kawalan Reza Arya Pratama bobol juga empat menit jelang waktu normal usai karena tembakan Fayadh Zulkifli.

PSM Makassar bahkan masih bisa selamat dari ancaman comeback Kedah Darul Aman kalah bermain dengan sembilan pemain saja usai Agung Mannan juga diusir oleh wasit saat masa injury time. Skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.


2. Susunan Pemain

Gelandang klub Liga 1 PSM Makassar, Willjan Pluim.

PSM Makassar (3-5-2): Reza Arya Pratama, Yance Sayuri, Yuran Fernandes, Agung Mannan, Yakob Sayuri, M. Arfan, A. Tanjung, Kenzo Nambu, Rizky Eka Pratama, Everton Nascimento, Wiljan Pluim

Kedah Darul Aman (4-4-2): Ifwat Akmal, Amirul Hisyam, Akmal Zahir, Rodney Celvin, Ariff Farhan, Azamuddin Akil, Fadzrul Daniel, Sanrawat Dechmitr, Ronald Ngah, Aiman Afif, Mahmoud Al Mardhi

PSM MakassarPiala AFCBola InternasionalKedah Darul Aman

Berita Terkini