x

Kritik Kick-off Liga 1 Terlalu Malam, PT LIB Kabulkan Permintaan Persebaya

Selasa, 9 Agustus 2022 15:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Persebaya Surabaya saat berhadapan dengan Bhayangkara FC pada pekan ketiga Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (07/08/22).

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator mengabulkan permohonan Persebaya Surabaya dan Bonek untuk memindahkan jam kick-off Liga 1 yang dianggap terlalu malam.

Kabar persetujuan PT LIB ini dikabarkan oleh situs resmi Persebaya Surabaya. Bahkan surat persetujuan ini sudah ditandatangani oleh Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Baca Juga

Perubahan jadwal kandang Persebaya disampaikan PT LIB pada Senin (8/8/2022) melalui surat bernomor 345/LIB-KOM/VIII/2022.

Surat dari PT LIB tersebut merupakan balasan untuk surat Persebaya bernomor 95/PT.PI-VIII/2022 yang dikirimkan di hari yang sama pada siang harinya. 

Surat itu berisi penegasan Persebaya untuk adanya perubahan jam kick-off di atas pukul 19.00 WIB.

Baca Juga

”Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, maka bersama ini kami PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan bahwa seluruh jadwal kandang klub Persebaya Surabaya di tahun 2022 berubah."

"yang mana jam kick-off di atas pukul 19.00 WIB akan disesuaikan menjadi sore hari dan akan dituangkan dalam circular yang akan disampaikan kemudian,” demikian isi surat PT LIB kepada Persebaya.

Baca Juga

Dalam satu surat elektronik lain yang dikirim PT LIB kepada manajemen Persebaya, diketahui laga kandang Bajul Ijo yang sebelumnya dimulai pukul 20.30 WIB, diubah ke sore hari. Ada yang pukul 15.30 WIB maupun 16.00 WIB.

Sebelumnya terkait permasalahan ini, Bonek suporter fanatik dari Persebaya Surabaya berencana menggelar demo besar-besaran yang dijadwalkan hari ini Selasa (09/08/22) siang WIB.


1. Surati PT LIB

Sekretaris Persebaya, Ram Surahman menyatakan pihaknya sudah menyurati PT LIB terkait jadwal Liga 1 yang terlampau malam.

Sebelumnya, Persebaya Surabaya kembali menyurati operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai jadwal Liga 1 yang terlampau malam.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Persebaya Surabaya, Ram Surahman beberapa waktu yang lalu. Surat yang dilayangkan Bajul Ijo ke operator Liga 1 itu sekaligus sebagai pengingat kepada mereka.

Baca Juga

"Kami Persebaya meluncurkan kembali surat ke LIB. Untuk meninjau kembali jam kick off di atas pukul 19.00 WIB," katanya kepada awak media, Jumat (08/05/22).

"Ini juga sebagai pengingat dari apa yang dijanjikan Pak Jarno sebelum ini yang akan meninjau kick off kemalaman," lanjutnya.

Protes kick-off Persebaya yang kemalaman ini ternyata selain tidak bagus untuk kesehatan pemain juga merugikan suporter.

Baca Juga

2. Banyak Keluhan

Media officer Arema FC, Sudarmaji mengaku pihaknya banyak mendapat keluhan terkait jadwal Liga 1 yang terlalu malam.

Di sisi lain, Arema FC mendapat banyaknya keluhan dari suporter maupun publik sepak bola di Malang Raya, perihal jadwal Liga 1 Indonesia dengan kick-off malam hari.

Diketahui, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 tetap menerapkan waktu kick-off malam hari pukul 20.30 WIB sebagaimana musim lalu.

Jadwal kick-off itu merupakan slot ke-3 yang diterapkan pihak televisi atas siaran langsung, sedangkan dua slot lain adalah pukul 15.30 WIB dan 18.15 WIB.

Sayangnya, penentuan waktu kick-off ini banyak mendapat kritik dan keluhan dari suporter lantaran berlangsung sampai larut malam hingga berimbas pada waktu kepulangan mereka ke rumah.

"Kami sejak awal sudah berkomunikasi dengan LIB terkait pertandingan dengan kick-off malam hari saat ini," tutur Media Officer Arema FC, Sudarmaji, kepada INDOSPORT, Senin (08/08/22).

Baca selengkapnya: Liga 1: Kick-Off Larut Malam Belum Berubah, Arema FC Mulai Ditinggal Penonton

Persebaya SurabayaBonekLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Liga 1 2022-2023

Berita Terkini