x

Catat! Ini Tanggal Drawing Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 13:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut adalah tanggal drawing Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 yang digelar pada akhir tahun 2022 nanti.

INDOSPORT.COM – Berikut adalah tanggal drawing Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 yang digelar pada akhir tahun 2022 nanti.

AFF telah resmi merilis jadwal pengundian resmi AFF Mistubishi Electric Cup 2022 yang akan dilangsungkan pada Selasa (30/08/22) mendatang.

Baca Juga

Pengundian resmi dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 tersebut rencananya akan dilangsungkan di Bangkok, Thaliand pada akhir bulan nanti.

Sebagai informasi tambahan, Piala AFF 2022 akan bergulir pada akhir tahun ini. Kompetisi bergengsi tersebut akan kembali menggunakan format kandang dan tandang.

Sebanyak sepuluh tim akan bersaing di putaran final ajang tersebut, yang akan terbagi menjadi dua grup, serta dalam satu grup berisi lima tim.

Baca Juga

Sembilan negara yang diundi terdiri dari Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Sementara Brunei Darussalam dan Timor Leste akan memperebutkan tempat kesepuluh melalui pertandingan play-off.

Masing-masing tersebut akan memainkan dual aga kandang, serta dua pertandingan tandang pada babak penyisihan, atau fase grup.

Baca Juga

Kemudian, dua tim teratas di dari setiap grup akan melaju ke sistem gugur, yakni babak semifinal, dan dilanjutkan ke partai final Piala AFF 2022.

Pengundian resmi yang dilakukan di Bangkok, Thailand itu, akan dihadiri oleh perwakilan dari Dewan AFF, Asosiasi Anggota, sponsor dan beberapa tim peserta diharapkan akan hadir.


1. Ungkapan Presiden AFF tentang Piala AFF 2022

logo AFF

Piala AFF 2022 ini akan menjadi turnamen dengan edisi ke-14, selain itu Piala AFF edisi yang akan datang dengan warna baru.

Pasalnya kali ini, judul turnamen tersebut akan berubah nama menjadi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022.

Baca Juga

Sebagai tambahan informasi, Timnas Indonesia belum sekali pun menjuarai Piala AFF. Pada edisi sebelumnya, anak asuh Shin Tae-yong cuma finis sebagai runner-up.

Padahal, sejak ajang Piala AFF ini diadakan, tercatat Timnas Indoensia telah masuk ke partai final sebanyak enam kali sejak tahun 1996.

Terakhir, pada tahun 2020 lalu, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor agregat 6-2, di Singapura.

Baca Juga

“Pengumuman Undian Resmi hari ini menandai langkah maju yang signifikan dalam persiapan AFF Mitsubishi Electric Cup 2022.” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth dilansir dari laman Aseanfootball.org.

“Kami percaya para penggemar dan tim nasional berbagi kegembiraan kami, dan pengundian akan dimulai,” katanya.

“Persiapan menuju pameran sepak bola terbesar di kawasan ini yang berlangsung pada akhir tahun,” tambah Khiev Sameth.

Baca Juga

Sementara itu, Malcolm Thorpe selaku managing director Sport Five Asia Tenggara mengatakan hingga perhelatan Piala AFF 2022 dimulai pada akhir tahun nanti, antusiasme pecinta Timnas masing-masing negara akan bertumbuh.

"Dengan sekitar empat bulan hingga AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 dimulai pada Desember antusias akan tumbuh di antara para penggemar yang sangat ingin melihat tim favorit mereka kembali beraksi," ujar Malcolm.

Sementara penggemar sepak bola dapat menyaksikan undian resmi yang akan disiarkan langsung di situs resmi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022.

Selain itu, tayangan drawing Piala AFF 2022 juga dapat disaksikan di platform media sosial, serta berbagai saluran dan oleh mitra media resmi acara tersebut.


2. Thailand dan Vietnam Sudah Mulai Perang Saraf di Piala AFF U-16

Aksi di laga Timnas Indonesia U-16 kontra Filipina U-16 di Piala AFF U-16 2022 (31/07/22). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Laga Timnas Indonesia vs Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022, Rabu (10/08/22) jelas akan dibanjiri penonton. Namun, pertemuan Thailand vs Vietnam juga tak kalah menarik.

Thailand dan Vietnam sempat menjadi sorotan pada Piala AFF U-19 2022 lalu. Ada dugaan kedua negara itu sengaja main imbang agar sama-sama lolos ke babak selanjutnya.

Peristiwa itu bahkan sempat dikritik keras pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dengan mengunggah video laga kedua tim di instagram pribadinya.

Baca selengkapnya: Tak Kalah Seru dari Timnas Indonesia, Thailand vs Vietnam Sudah Mulai Perang Saraf dalam Piala AFF U-16

Timnas IndonesiaBola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)Berita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini