x

Piala AFF U-16: Pelatih Myanmar Peringatkan Suporter Timnas Indonesia U-16

Rabu, 10 Agustus 2022 16:47 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Suporter Ultras Garuda di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22).

INDOSPORT.COM – Pelatih Myanmar U-16, Aung Myo Zaw memberikan peringatan kepada para suporter Indonesia di Piala AFF U-16 2022. Ia berujar dukungan suporter Indonesia justru akan memberikan tekanan pada Timnas Indonesia sendiri.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Timnas Myanmar U-16 di babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Rabu (10/08/2022), pukul 20.00 WIB.

Baca Juga

Timnas Myanmar U-16 lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 secara meyakinkan. Saw Myaw Zaw dan kawan-kawan menyandang status juara Grup C. Padahal grup itu tergolong berat.

Di grup tersebut Myanmar tergabung bersama dengan Malaysia, Kamboja dan Australia. Di awal perjalanan, Malaysia dan Australia sebenarnya adalah dua tim yang lebih diunggulkan daripada Myanmar.

Pada awal kompetisi, Myanmar berhasil menalukkan Australia dengan skor 3-2. Lalu, di laga kedua Myanmar menorehkan hasil imbang melawan Malaysia dengan skor 1-1.

Baca Juga

Dalam laga terakhir yang menjadi penentuan mereka, Myanmar berhasil kembali menorehkan kemenangan dengan skor 1-0 atas Kamboja.

Keberhasilan tersebut tak ayal membuat mereka akhirnya berhak mengantongi satu tiket ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022 dan akan berjumpa dengan Indonesia.

Selain itu, Myanmar juga mampu menyandang rekor dengan menjadi tim yang tak terkalahkan dari tiga laga di fase grup.

Baca Juga

Skuad asuhan Aung Myo Zaw meraih dua kemenangan kala berhadapan dengan Australian dan Kamboja. Sedangkan, satu hasil imbang berhasil mereka raih kala melawan Malaysia.


1. Pelatih Myanmar U-16 Peringatkan Suporter Indonesia

Suporter Ultras di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22).

Keberhasilan Timnas Myanmar U-16 meloloskan diri dari jeratan fase grup Piala AFF U-16 2022 membuat mereka akan bertemu dengan Timnas Indonesia U-16 selaku tuan rumah.

Atas hal itu pelatih Timnas Myanmar U-16, Aung Myo Zaw turut mengucap syukur dan memberi peringatan kepada anak asuhnya untuk bersiap dengan tekanan yang diberikan oleh suporter Indonesia.

Baca Juga

“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat kepada semua tim yang mencapai semifinal. Semua adalah tim yang barus. Saya berharap beruntung,” ujar Aung Zaw Myo dilansir dari situs resmi Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF).

Aung Myo Zaw turut menyatakan bahwa pertandingan nanti akan menjadi pertandingan pertama bagi para pemainnya bermain dihadapan puluhan ribu penonton.

Sang pelatih juga turut memuji calon lawannya nanti. Aung Zaw Myo mengatakan Timnas Indonesia adalah tim yang bagus.

Baca Juga

Namun, ia justru menilai dukungan suporter Indonesia akan memberikan tekanan pada Timnas Indonesia sendiri.

“Selain menjadi tuan rumah, Indonesia adalah tim yang bagus. Saya akan mencoba yang terbaik untuk mempersiapkan pertandingan semifinal,” kata Aung Zaw Myo.

“Meskipun mereka hanya memiliki hari libur setelah pertandingan grup, itu tidak masalah karena para pemain cukup istirahat. 

Baca Juga

“Ini akan menjadi pertama kalinya bagi pemain saya untuk bermain di depan banyak penonton. Tapi tekanan hanya akan berada di pihak tuan rumah," tegas Aung Zaw Myo.


2. Rekor Pertemuan Indonesia vs Myanmar, Skuad Garuda Pernah Dihajar

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asyura usai membobol gawang Singapura U-16 pada laga kedua fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22).

Pertama kali Timnas Indonesia U-16 bersua Myanmar saat semifinal Piala AFF U-16 edisi pertama pada 2022 silam. Saat itu Garuda Muda harus menanggung malu karena dibantai dengan skor telak 0-6.

Kemudian pertemuan kedua terjadi di fase grup Piala AFF U-16 2005 silam. Lagi-lagi Timnas Indonesia U-16 dipermalukan Myanmar dengan skor 1-6.

Seiring berjalannya waktu, generasi penerus Timnas Indonesia U-16 semakin berkembang. Di pertemuan ketiga, mereka mampu menahan imbang dengan skor 2-2 di Piala AFF U-16 2017.

Setelah itu, skuat Garuda Muda mampu mengungguli Myanmar dengan menang 2-1 dan 5-0 atas Myanmar di fase grup edisi 2018 dan 2019 lalu.

Rekor pertemuan tersebut memang tidak bisa dijadikan patokan. Apalagi kini kekuatan mereka sudah jauh berbeda.

Baca Selengkapnya: Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Myanmar di Piala AFF U-16, Garuda Muda Pernah Dihajar 0-6

MyanmarTimnas Indonesia U-16Bola InternasionalMyanmar vs IndonesiaBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini