x

Liga 1: Rumor Hokky Caraka Diincar Klub Yunani, PSS Sleman Berat Hati?

Kamis, 11 Agustus 2022 10:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Pemain Timnas Indonesia U-19, Hokyy Caraka. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Kontestan Liga 1 Indonesia, PSS Sleman, merespons rumor ketertarikan klub Liga Yunani terhadap salah satu pemain mudanya, Hokky Caraka. Manajemen mendukung, namun tetap akan selektif.

Hokky Caraka merupakan salah satu aset besar timnas Indonesia. Jebolan tim muda PSS Sleman itu tokcer selama mengikuti program Garuda Select.

Baca Juga

Hokky Caraka kerap menjadi penentu kemenangan dalam setiap uji coba di Inggris. Beredar kabar Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, akan mencarikan klub untuknya.

Dari informasi yang beredar, ada klub asal Yunani yang menginginkan jasa Hokky Caraka. Hanya saja, PSS sebagai tim yang mengikat kontrak sang pemain belum diajak bicara.

"Seperti yang kita tahu banyak kejadian hanya direkrut atau ditaruh di klub di luar negeri, padahal tidak dimainkan," kata Direktur Utama PT PSS Sleman, Andywardhana, Rabu (10/8/22). 

Baca Juga

"Malah nanti bakatnya terbuang percuma di sana. Ini yang perlu kami perhatikan karena terlebih Hokky adalah pemain muda asli akademi PSS," cetusnya.

Andywardhana tak bicara banyak mengenai klub Yunani yang disebut-sebut melirik Hokky Caraka. Apalagi, PT PSS belum pernah diajak bicara pihak manapun, termasuk Dennis Wise, yang punya rencana ingin membuka jalan berkarier di Eropa.

"Saya belum bisa menjawab karena dari mereka belum ada pembicaraan ke PSS. Kami sangat menghargai sikap dan respons dari Hokky menolak hal itu karena masih terikat kontrak dengan PSS," tuturnya.

Baca Juga

Jadi, ketika Andywardhana ditanya mengenai kemungkinan proses transfer Hokky Caraka ke Yunani, PSS Sleman belum bisa menyampaikan apa pun.

"Itulah yang kami apresiasi dan bagaimana mungkin membicarakan nominal begitu jika dari mereka tidak ada pembicaraan langsung ke kami sebagai klub yang memiliki kontrak Hokky Caraka," lanjutnya.


1. Kans Main di Liga 1

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro.

Ketika sudah tak bersama Garuda Select, Hokky Caraka berlatih bersama para seniornya di PSS Sleman. Namun, dia belum mendapatkan kesempatan bermain di Liga 1 2022-2023.

Tapi, PSS memastikan bahwa kans Hokky Caraka menembus tim utama sangat terbuka. Apalagi selama ini Hokky menjalankan program dengan bagus.

Baca Juga

"Perkembangannya kami jaga dengan latihan harian tentu saja dan kami juga bisa lihat Hokky di luar latihan juga sering nge-gym juga. Hokky sendiri juga mengerti dan paham bahwa dia harus terus menjaga performa dan kami apresiasi hal itu," jelas Andywardhana.

Ditambahkan pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, seluruh pemain muda, termasuk Hokky, memiliki peluang sama menembus tim utama. Menurut Seto, Hokky merupakan pemain yang bagus.

Baca Juga

"Hokky Caraka pemain muda yang berpotensi, tapi perlu waktu dan proses. Harapan saya, dia terus berusaha dan belajar di PSS. Di sini, dia bisa banyak belajar dari para seniornya mengenai dan bagaimana bermain sepak bola," kata Seto.


2. Seto Doakan Hokky Caraka

Pemain Garuda Select, Hokky Caraka.

Hokky Caraka tampil mengesankan bersama timnas Indonesia U-19 sekaligus berpotensi tampil pada Piala Dunia U-20 2023. Seto berharap performa ciamik pada usia muda tak membuat ia berpuas diri. 

"Secara postur Hokky bagus, memiliki pengalaman di timnas. Namun bermain di level kompetisi Liga 1 tentu memiliki tantangan yang berbeda. Suatu saat pasti ada kesempatan, kuncinya dia serius menjalani," papar pelatih asal Kalasan ini.

Selain Hokky Caraka, PSS Sleman juga punya Saddam Emiruddin Gaffar. Pemain asal Jepara ini sempat menjadi andalan timnas Indonesia U-19, namun kemudian harus absen karena cedera lutut.

Baca Juga

Saddam kini sudah mulai latihan setelah melakukan operasi cedera ACL di Tangerang pada Januari 2022 lalu. Saddam dan Hokky bisa jadi opsi ketika lini depan PSS kurang memuaskan.

PSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaSeto NurdiyantoroBerita Liga 1Hokky CarakaLiga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini