x

Ungkapan Kafiatur Rizky Setelah Cetak Gol Penentu Juara Piala AFF U-16 untuk Timnas Indonesia

Sabtu, 13 Agustus 2022 13:42 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Kafiatur Rizky usai membobol gawang Singapura U-16 pada laga kedua fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22).

INDOSPORT.COM - Gelandang Timnas Indonesia U-16, Muhammad Kafiatur Rizky, mengungkapkan rasa bahagianya setelah menjadi penentu kemenangan timnya atas Vietnam U-16 pada final Piala AFF U-16 2022.

Dalam laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/22), Kafiatur mencetak gol pada penghujung babak pertama. Itulah satu-satunya peluang mutlak yang mampu dimaksimalkan Timnas Indonesia U-16.

Baca Juga

Gol Kafiatur membuat gemuruh lebih dari 22 ribu pasang mata yang hadir langsung, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Bagi tim besutan Bima Sakti, kemenangan ini menjadi momen luar biasa, terutama ketika bisa mencetak gol.

Baca Juga

Pada 45 menit pertama, Vietnam bermain lebih bagus dengan menghasilkan banyak peluang. Namun, semua peluang mampu dimentahkan barisan belakang, bersama kiper Andrika Fathir Rachman.

Sementara Indonesia cukup kesulitan membuat peluang. Ketika lini tengah lebih dikuasai Vietnam, Indonesia coba membuat jalan dengan menyisir sektor sayap.

Baca Juga

Beberapa kali peluang yang mengandalkan umpan panjang gagal berbuah hasil, hingga akhirnya Kafiatur memecah kebuntuan. Ketenangannya mengecoh lini belakang Vietnam bisa berbuah gol.


1. Tegang Sepanjang Pertandingan

Gelandang Timnas Indonesia U-16, Muhammad Kafiatur Rizky saat melewati kawalan pemain Vietnam. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Tendangan Kafiatur ke pojok kanan gawang Vietnam meluncur dengan mulus. Gol ini menjadi satu-satunya yang tercipta dalam laga ini dan Indonesia bisa juara lagi setelah Piala AFF U-16 2018 lalu.

Usai pertandingan, Kafiatur pun mengungkapkan keberhasilan menjadi juara. Menurutnya, laga kedua melawan Vietnam berjalan tidak mudah.

Baca Juga

"Sengit banget, harus kerja keras banget ini," kata Kafiatur saat ditemui dalam perayaan juara bersama suporter.

Pemain Bina Sentra FU15 ini tak memungkiri kehadiran suporter tak hanya mendatangkan rasa semangat, tapi juga ketegangan juga bagi dia dan rekan-rekannya.

Baca Juga

"Tegang banget sih," tutur Kafiatur.

Barulah pada babak kedua, para pemain bisa main lebih nyaman dengan keunggulan satu gol. Sebaliknya, Vietnam mulai menunjukkan penurunan permainan.

"Alhamdulillah saya bisa bikin gol. Down banget sih pas awal-awal masih 0-0," ucap Kafiatur.


2. Berharap Bisa Tembus Liga 1

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Kafiatur Rizky usai membobol gawang Singapura U-16 pada laga kedua fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22).

Gelar Piala AFF U-16 2022 bukan sebuah puncak dari karir. Justru momen ini menjadi pembuka dari perjalanan panjang karir profesional skuat Timnas U-16, termasuk Kafiatur.

Selain mencetak gol ke gawang Vietnam, Kafiatur juga mencatatkan dua gol saat Indonesia menang 9-0 atas Singapura.

"Semoga bisa mendapat kesempatan bermain di Liga 1," tutur pemain yang sempat memperkuat tim muda Borneo FC ini.

Setelah ini, para pemain akan dikembalikan ke klubnya masing-masing. Mayoritas para pemain muda ini akan diandalkan klub-klub Liga 1 dalam mengarungi Elite Pro Academy (EPA) U-18.

Setelah itu, skuat ini akan tampil dalam kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada bulan Oktober mendatang.

Indonesia sebagai tuan rumah tergabung di grup B bersama Malaysia, Palestina, Guam dan Uni Emirat Arab.

Timnas Indonesia U-16Bola InternasionalPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini