x

Siapa Suruh Pilih Pelatih Belanda! Erik ten Hag Keringat Dingin Lihat Rekor Pendahulunya di Man United

Minggu, 14 Agustus 2022 13:35 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih asal Belanda, Erik ten Hag, dibayangi rekor pendahulunya di Manchester United, Louis van Gaal, yang jeblok di lima pekan awal Liga Inggris. Foto: Reuters/John Sibley

INDOSPORT.COM – Erik ten Hag dibayangi rekor pendahulunya sesama pelatih Belanda di Manchester United, Louis van Gaal, yang jeblok di lima pekan awal Liga Inggris (Premier League).

Pelatih asal Belanda, Erik ten Hag, agaknya harus berpikir keras untuk membenahi Manchester United pada pekan-pekan selanjutnya usai babak belur di dua pekan perdana.

Baca Juga

Tercatat bahwa Manchester United besutan Erik ten Hag harus menerima kekalahan dari Brighton pada pekan perdana dengan skor 1-2 di Stadion Old Trafford.

Kekalahan lebih buruk justru terjadi pada pekan kedua ketika Manchester United kemudian dihancurkan oleh Brentford dengan skor 4-0.

Tentunya, kekalahan ini akan membuat Manchester United berbenah di bawah kepelatihan Erik ten Hag, salah satunya dengan menghadirkan banyak pemain baru.

Baca Juga

Namun demikian, cara mendatangkan pemain baru tak terlalu efektif membenahi klub secara instan, mengingat cara ini dilakukan juga oleh kompatriot Erik ten Hag asal Belanda, Louis van Gaal.

Van Gaal menerima ‘tugas mulia’ membenahi Man United selepas gagal total di era transisi pensiunnya Sir Alex Ferguson.

Menariknya, Louis van Gaal merupakan pelatih bereputasi tinggi usai mengantar Timnas Belanda menjadi juara ketiga Piala Dunia 2014 di Brasil.

Baca Juga

Ekspektasi tinggi kemudian membayangi pendukung Man United yang membayangkan akan melihat klubnya kembali berprestasi di bawah kepelatihan Louis van Gaal.

Tercatat ada banyak pemain datang untuk mengisi pasukan The Red Devils di bawah Van Gaal, yaitu Ander Herrera, Luke Shaw, Marcos Rojo, Angel Di Maria, hingga Daley Blind.


1. Manchester United di Bawah Van Gaal

Louis Van Gaal, mantan pelatih Manchester United

Meskipun demikian, Manchester United dengan banyak pemain baru tidak juga langsung menghasilkan performa yang menawan jika melihat perjalanan di Liga Inggris musim 2014-2015.

Bahkan, Manchester United bersama Louis van Gaal memulai musim dengan buruk ketika dikalahkan dari Swansea City dengan skor tipis 1-2.

Baca Juga

Hasil ini mirip dengan apa yang didapatkan oleh Manchester United besutan Erik ten Hag yang dikalahkan oleh Brighton.

Bahkan, hasil tanpa menang Mancheqster United bertahan hingga pekan ketiga, dengan dua pertandingan berikutnya meraih hasil imbang.

Hasil imbang pertama didapat Manchester United kalah bertandang ke Stadium of Light, kandang Sunderland dengan skor 1-1.

Baca Juga

Pekan ketiga Liga Inggris kala itu juga belum berpihak pada Manchester United yang juga menggunakan strategi baru 3-5-2 besutan Louis van Gaal dengan diimbangi Burnley 0-0 di Stadion Turf Moor.

Namun demikian, Manchester United tampil digdaya pada pekan keempat dan kelima dengan mengalahkan Queens Park Rangers.

Kemenangan di pekan keempat kontra Queens Park Rangers didapat melalui gol Angel Di Maria di menit ke-24, Ander Herrera (38), Wayne Rooney (44), dan Juan Mata (58).


2. Ten Hag Bisa Ikuti Jejak Van Gaal di Manchester United

Louis Van Gaal, mantan pelatih Manchester United

Bukan kemenangan yang didapat di pekan kelima, Manchester United justru menderita kekalahan lagi kala bertandang ke King Power Stadium kandang Leicester City.

Kala itu, Manchester United mencetak gol melalui Robin van Persie (13), Angel Di Maria (16), dan Ander Herrera (57).

Tentunya, melihat performa yang cenderung tak bagus-bagus amat dari kompatriotnya asal Belanda, Louis van Gaal, Erik ten Hag harus waspada jika tak cepat membenahi Manchester United di Liga Inggris.

Baca Selengkapnya: Boro-boro Tsunami Trofi, 2 Pelatih Belanda Bikin Man United Tsunami Air Mata Lagi di Liga Inggris

Manchester UnitedLouis van GaalLiga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini