x

Segrup dengan Vietnam, Ini 5 Alasan Timnas Indonesia U-19 Bakal Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Senin, 15 Agustus 2022 17:08 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak ke gawang Myanmar Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

INDOSPORT.COM - Berikut lima alasan Timnas Indonesia U-19 besutan Shin Tae-yong bakal tampil gemilang di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, meski satu grup dengan Vietnam.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 tergabung ke dalam Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Grup F.

Baca Juga

Di Grup F, Timnas Indonesia U-19 bakal bersua Vietnam, Timor Leste, dan Hong Kong. Ajang ini dijadwalkan berlangsung pada 14 hingga 18 September 2022.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan memperebutkan 15 tiket. Ada 10 tiket bagi juara Grup A hingga J dan lima sisanya untuk tim berstatus runner-up terbaik.

Baca Juga

September memang bakal menjadi bulan melelahkan bagi Shin Tae-yong. Selain Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, ia juga memimpin tim nasional senior di FIFA Matchday.

Saat ini Shin Tae-yong dilaporkan masih menjalani liburan di Korea Selatan seusai memimpin Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Vietnam sendiri sudah menggelar persiapan dengan mengikuti turnamen bertajuk International U-19 Thanhnien 2022 pada awal Agustus ini.

Baca Juga

Sedangkan Ronaldo Kwateh dkk masih menunggu kedatangan Shin Tae-yong ke tanah air untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Meski kalah start dari Vietnam, Timnas Indonesia U-19 tetap diuntungkan bakal finis di posisi puncak Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 karena beberapa alasan kuat berikut ini:


1. 1. Timnas Indonesia U-19 Berstatus Tuan Rumah

Suporter Timnas Indonesia menyalakan flare usai pertandingan.

Salah satu keuntungan Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yaitu pasukan Shin Tae-yong bakal bermain di hadapan ribuan fans.

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Grup F. Seluruh laga Timnas Indonesia U-19 rencananya digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Baca Juga

Surabaya sendiri dikenal dengan kota yang memiliki suporter militan di dunia sepak bola. Hal ini akan membuat mental dan semangat Ronaldo Kwateh dkk semakin bertambah.

Di sisi lain, para pemain Vietnam, Timor Leste dan Hong Kong diprediksi bakal mengalami down karena mendapatkan tekanan dari fans Garuda.

Baca Juga

2. Hong Kong dan Timor Leste Jadi Lawan Mudah

Meski tergabung di Grup F bersama Vietnam, Timnas Indonesia U-19 memiliki keuntungan karena dua lawan lainnya dinilai lemah.

Timnas Indonesia U-19 diprediksi bisa mengantongi poin penuh saat bersua Hong Kong dan Timor Leste. Saat era Bagus Kahfi, Garuda Muda sempat menang telak 4-0 atas Hong Kong dan 3-1 atas Timor Leste.

Baca Juga

3. Tak Ingin Mengulang Kegagalan Seperti di Piala AFF

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 menjadi ajang pembuktian bagi Ronaldo Kwateh dkk dan Shin Tae-yong sebagai pelatih.

Mereka tentu tidak ingin mengulang kegagalan saat gugur di fase Grup A Piala AFF U-19 2022 lalu. Berstatus sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-19 harus gugur karena kalah head-to-head dari Vietnam dan Thailand yang bermain imbang 1-1 di laga pamungkas.


2. 4. Motivasi Tinggi Balas Dendam ke Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Sejak menukangi Timnas Indonesia pada akhir 2019 lalu, Shin Tae-yong belum pernah menorehkan kemenangan bila bersua Vietnam di skuat junior hingga senior.

Terakhir, Shin Tae-yong gagal membawa Timnas Indonesia U-19 menang setelah ditahan imbang 0-0 oleh Vietnam di fase Grup A Piala AFF U-19 2022 lalu.

Hasil imbang tanpa gol membuat Garuda Muda akhirnya harus gugur karena kalah head to head dari Vietnam dan Thailand, meski sempat menang besar atas Myanmar.

Lantas hal ini membuat dirinya dan para pemain harus memiliki motivasi tinggi untuk balas dendam ke Vietnam.

5. Keberhasilam Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF Jadi Cambuk untuk Shin Tae-yong

Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 meraih juara Piala AFF U-16 2022 tentu menjadi cambukan bagi pasukan Shin Tae-yong.

Bila pelatih lokal, Bima Sakti bisa membawa Nabil Asyura juara, mengapa Shin Tae-yong yang berstatus juru taktik kelas dunia tidak bisa melakukannya.

Shin Tae-yong harus segera mengakhiri liburan di Korea Selatan dan pulang ke Tanah Air. Timnas Indonesia U-19 harus segera mengadakan TC agar mereka tidak malu lagi seperti saat gagal di Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga
VietnamTimor LesteHong KongPiala AsiaTimnas Indonesia U-19Marcelino FerdinandShin Tae-yongRonaldo Kwateh

Berita Terkini