x

Mirip Taktik AC Milan, Bedah Formasi Persib Bandung Bersama Do-hoon Kim di Liga 1

Selasa, 16 Agustus 2022 20:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Bakal mirip klub AC Milan, intip potensi formasi yang bakal diterapkan Persib Bandung bersama calon pelatih anyar mereka, Do-hoon Kim di Liga 1 Indonesia.

INDOSPORT.COM – Bakal mirip klub AC Milan, intip potensi formasi yang bakal diterapkan Persib Bandung bersama calon pelatih anyar mereka, Do-hoon Kim di Liga 1 Indonesia musim ini.

Nama Do-hoon Kim belakangan memang sedang jadi perbincangan, terutama bagi para penggemar Persib Bandung yang saat ini belum memiliki pelatih kepala di gelaran Liga 1 22/23.

Baca Juga

Banyak rumor menyebut, jika Do-hoon Kim akan menggantikan posisi Robert Rene Alberts yang beberapa waktu lalu mundur sebagai pelatih Persib.

Sebagai informasi, Robert Rene Alberts mundur dari Persib usai gagal catatkan penampilan impresif dari tiga pertandingan awal Liga 1 musim ini.

Dari tiga laga awal, Persib tak pernah sekalipun meraih kemenangan dengan ditahan imbang 2-2 oleh Bhayangkara FC, kemudian tunduk dari Madura United 1-3 serta digulung Borneo FC 4-1.

Baca Juga

Manajemen Persib sendiri sejauh ini belum mengumumkan siapa sosok resmi yang akan menukangi Maung Bandung.

Bahkan, Umuh Muchtar selaku Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), mengaku belum diberitahu petinggi Persib lain terkait calon pelatih baru.

"Sabar, sampai saat ini juga saya belum dikasih tahu Pak Glenn. Ya kalau Pak Glenn biasanya kalau sudah dapat, sudah ok pasti Pak Glenn pasti ada berita," ucap Umuh.

Baca Juga

Walau belum ada kabar resmi, namun peluang Persib untuk menggaet Kim Do-hoon terbilang cukup besar, lantaran sang pelatih saat ini berstatus bebas transfer usai tak memperpanjang kontrak bersama klub Singapura, Lion City Sailors.

Andai benar dilatih Do-hoon Kim, bakal seperti apakah formasi serta taktik yang akan digunakan Persib di sisa kompetisi Liga 1 musim ini?

Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Mirip AC Milan

Persib Bandung vs PSIS Semarang di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (13/08/22).

Melansir dari laman Transfermakt, diketahui bahwa Do-hoon Kim kerap bermain dengan formasi 4-2-3-1 saat melatih klub-klub yang ia tukangi.

Beberapa tim yang pernah rasakan service Do-hoon Kim hingga akhirnya berbuah gelar juara antara lain Incheon United, Ulsan Hyundai hingga Lion City Sailors.

Baca Juga

Lewat taktik 4-2-3-1 ini juga, Do-hoon Kim berhasil catatkan prestasi gemilang dengan membawa Ulsan Hyundai juara Korean FA Cup serta AFC Champions League tahun 2020 lalu.

Di Eropa sendiri taktik 4-2-3-1 memang cukup popular diperagakan. Bahkan sang juara Liga Italia musim lalu, AC Milan juga menerapkan formasi pohon natal ini.

Lantas jika benar Do-hoon Kim resmi merapat ke Persib, bakal seperti apakah formasi Maung Bandung di Liga 1 musim ini?

Baca Juga

Berkaca dari pengalaman melatihnya, Do-hoon Kim diprediksi akan kembali menggunakan formasi 4-2-3-1 saat menukangi Persib.

Jika melihat dari skuat yang ada saat ini, Persib pun sepertinya bisa memenuhi kriteria pemain dalam taktik idaman Do-hoon Kim.

Dari penjaga gawang, Made Wirawan dipastikan akan jadi pilihan utama, setelah Teja Paku Alam alami cedera dan belum pasti kapan bisa pulih.

Baca Juga

Di depan Made Wirawan, terdapat empat kuartet pertahanan yang akan ditempati Daisuke Sato, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers serta Kakang Rudianto.

Untuk bek tengah, Persib masih memiliki Victor Igbonefo namun pemain naturalisasi ini masih alami cedera sehingga sektor central back ditempati oleh Achmad Jufriyanto.


2. Lini Tengah Jadi Tumpuan

Selebrasi gol kedua David da Silva ke gawang PSIS Semarang.

Memperdalam kekuatan lini tengah, taktik Do-hoon Kim akan menerapkan dua gelandang bertahan dan di skuat Persib saat ini ada Marc Klok serta Rachmat Irianto yang paling cocok mengemban tugas itu.

Sementara untuk membantu serangan, satu gelandang serang plus dua winger akan jadi poros Persib di bawah arahan Do-hoon Kim.

Baca Juga

Untuk posisi ini, trio Ezra Walian, Ricky Kambuaya serta Ciro Alves jadi pilihan teratas jika melihat potensi serta statistik musim lalu.

Ezra Walian walau posisi aslinya adalah striker, namun kecepatan serta akurasi umpannya bisa jadi senjata mematikan Persib dari sektor sebelah kiri.

Sementara Ricky Kambuaya yang sudah teruji sebagai gelandang serang di Timnas Indonesia, dipastikan bakal membuat aliran bola Persib kian lancar.

Pun begitu dengan Ciro Alves. Statusnya sebagai top skor klub Persikabo musim lalu, membuatnya jadi ancaman serius buat pertahanan lawan.

Terakhir adalah posisi striker alias ujung tombak. Untuk pos ini, jelas nama David da Silva yang sudah mencetak 4 gol di Liga 1 jadi pilihan utama.

Bermodalkan umpan manis dari sisi sayap, ditambah gaya main Do-hoon Kim menyerang lewat gelandang, tampaknya peluang David da Silva menambah pundi-pundi golnya di Liga 1 akan semakin besar.

Lantas dengan formasi 4-2-3-1 ala Do-hoon Kim tersebut, mampukah Persib kembali ke jalur kemenangan di sisa Liga 1 musim ini? Menarik dinantikan.

Persib BandungLiga 1

Berita Terkini