x

Liga 1: Bernardo Tavares Murka Jelang Laga PSM vs Arema FC, Ada Apa?

Sabtu, 20 Agustus 2022 12:15 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares (tengah), saat menghadiri sesi prematch jelang lawan Arema FC di Liga 1. Foto: Adriyan Adirizky/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, sangat murka ketika menghadiri prematch press conference menjelang bentrok dengan Arema FC pada pekan kelima Liga 1 Indonesia 2022/23.

Ahli taktik sepak bola berusia 42 tahun ini mendadak emosional saat mengawali statement-nya di ruang konferensi pers Stadion Gelora B.J Habibie, Kota Parepare, Jumat (19/08/22) petang.

Baca Juga

Rupanya, mantan analis pertandingan Real Madrid ini kesal lantaran banyak penikmat bal-balan Tanah Air menuding dirinya terlalu sering melontarkan kritik pedas kepada PSSI dan PT LIB.

“Mungkin, banyak orang di luar sana yang berpikiran kalau saya selalu memberontak. Namun saya pelatih PSM Makassar sehingga perlu membela pemainnya,” ungkap Bernardo Tavares ketika mengawali statemetnt-nya.

Pemilik lisensi kepelatihan UEFA Pro ini melanjutkan, bahwa sangat wajar apabila dirinya sangat merasa resah melihat jadwal kontra Arema FC di BRI Liga 1 2022/23 yang menurutnya terlalu dipaksakan.

Baca Juga

Mengingat, PSM Makassar merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di ajang AFC Cup 2022 dan akan menjalani laga final zona ASEAN di markas Kuala Lumpur City FC, Rabu (24/04/22) mendatang.

“Seluruh pemain kami bukan mesin. Mereka sangat kelelahan karena bertarung dengan keras sehingga harus beristirahat untuk memulihkan kondisi seperti yang dirasakan pemain di klub lain,” tutur Tavares.

Baca Juga

Diketahui, PSM Makassar akan menjamu Arema FC pada pekan kelima BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora B.J Habibie, Kota Parepare, Sabtu (20/08/22) mulai pukul 16.00 WIB.


1. Terkait PSM vs Arema FC

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares (tengah), saat menghadiri sesi prematch jelang lawan Arema FC di Liga 1. Foto: Adriyan Adirizky/INDOSPORT.

Terlepas dari hal tersebut, Bernardo Tavares menilai duel menghadapi Arema FC dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/23 akan berjalan sangat ketat yang diwarnai aksi menarik dari kedua kubu.

Pria asal Portugal ini bahkan tak malu mengatakan bahwa Singo Edan menjadi salah satu rival terberat dalam perburuan gelar juara di kompetisi sepakbola tertinggi Indonesia musim ini.

Baca Juga

Hal tersebut dikarenakan PSM Makassar telah sekali menghadapi Adilson Maringa cs., pada laga perdana  fase grup D Piala Presiden 2022 yang berangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Arema FC merupakan klub yang berkualitas dengan dukungan suporternya yang luar biasa. Kami sangat menikmati laga dengan mereka di ajang pra-musim kemarin,” ujar Bernardo Tavares.

Baca Juga

“Pelatih maupun pemainnya berkualitas dan jangan lupakan kalau mereka mempunyai waktu pemulihan yang lebih banyak ketimbang kami,” tambah pelatih sepak bola berkepala plontos ini.

Sekadar mengingat kembali, PSM Makassar sukses membungkam Arema FC dengan skor tipis 1-0 saat bentrok di Piala Presiden 2022 berkat gol cepat dari Willem Jan Pluim pada detik ke-32.


2. Prediksi Liga 1 PSM vs Arema FC

Prediksi Liga 1 antara PSM Makassar vs Arema FC, Sabtu (20/08/22).

Prakiraan Formasi

PSM Makassar (3-5-2)

Harlan Suardi 62; Dallen Doke 33, Yuran Fernandes 4, Agung Mannan 47; Yakob Sayuri 22, Bryan Cesar 8, Akbar Tanjung 45, Rasyid Bakri 17 (C), M Rizky Eka Pratama 24; Kenzo Nambu 39, Everton Nascimento 10.

Pelatih: Bernardo Tavares (Portugal).

Arema FC (4-3-3)

Adilson Maringa 99; Rizky Dwi Febriyanto 12, Sergio Silva 4, Bagas Adi Nugroho 5, Johan Farizi 87 (C); Renshi Yamaguchi 14, Evan Dimas 6; Dendi Santoso 41, Gian Zola 11, Adam Alis 18; Abel Camara 29.

Pelatih: Eduardo Almeida (Portugal).

Baca selengkapnya: Prediksi Liga 1: PSM Makassar vs Arema FC, Tuan Rumah Terjebak Dilema

PSM MakassarLiga IndonesiaArema FCLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023Bernardo Tavares

Berita Terkini