x

Naturalisasi Jordi Amat cs Mandek di DPR, Exco dan Perwakilan PSSI Hanya Bisa Pasrah

Selasa, 23 Agustus 2022 19:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Jordi Amat tiba di Jakarta.

INDOSPORT.COM - Proses calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yakni Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama sampai saat ini belum dibahas di DPR.

Padahal, berkas Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama sudah masuk cukup lama. DPR yang kembali dari masa reses, ternyata belum memasukan pembahasan naturalisasi untuk Timnas Indonesia dalam agendanya, dua hari terakhir.

Baca Juga

Hal tersebut membuat Exco PSSI, Hasani Abdulgani yang mengawal prosesnya sudah pasrah. Dia berharap DPR segera bergerak karena masyarakat sudah lama menantikan aksi para pemain tersebut bersama Timnas Indonesia. 

"Kita semua sama-sama menunggu. Memang menunggu bukan pekerjaan yang menyenangkan," tutur Hasani dikutip dari Instagram pribadinya.

Baca Juga

"Semoga DPR segera memproses tiga pemain keturunan: Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama. Sebab ketiganya sudah sangat ingin bermain untuk Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga

Redaksi media olahraga INDOSPORT juga sudah mencoba menghubungi Hamden Hamedan selaku perwakilan PSSI untuk mengurus proses naturalisasi.

Namun, yang bersangkutan juga mengatakan pembahasan hal tersebut belum masuk agenda DPR.

"Masih belum ada update terbaru," ujarnya melalui pesan singkat. 


1. PSSI Berharap Sandy Walsh Cs Bisa Main di FIFA Matchday

Calon pemain naturalisasi, Sandy Walsh, melakukan medical check up usai tiba di Indonesia.

PSSI berharap, Jordi, Sandy dan Shayne sudah bisa bergabung ke Timnas Indonesia saat FIFA matchday pada September 2022. Ada dua kali pertandingan di rentang tanggal 17-29 September. 

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali membocorkan berkas naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama telah ditandatangi Presiden RI, Joko Widodo.

Baca Juga

Proses naturalisasi melewati beberapa tahapan. PSSI terlebih dahulu mengajukan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk dibahas di Komisi X DPR RI demi mendapatkan persetujuan sebelum dilantik oleh Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Baca Juga

Dalam keterangan Ditjen AHU (administrasi hukum umum) dijelaskan ada 13 persyaratan yang wajib dipenuhi jika seseorang ingin dinaturalisasi.

Baca Juga

Baik Jordi Amat, Sandy Walsh maupun Shayne Pattynama telah jalani beberapa proses naturalisasi seperti wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN) dan lainnya beberapa waktu lalu di Jakarta. 


2. Rencana Naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Selain tiga nama di atas untuk Timnas senior, PSSI juga kabarnya ingin lakukan naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-19. Setidaknya ada beberapa nama yang dilirik pelatih Shin Tae-yong.

Pada pemusatan latihan Timnas U-19 bulan lalu, Shin Tae-yong memanggil Jim Roberto Croque, Kai Boham dan Max Christoffel. Satu nama lain yang jadi incaran adalah Ivar Jenner.

Baca Juga
PSSINaturalisasiDPR RIHasani AbdulganiTimnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshShayne PattynamaJordi Amat

Berita Terkini