x

Bejo Sugiantoro Bongkar Sepak Bola Dulu dan Sekarang: Kalah, Siap-siap Dilempar Air Kencing

Rabu, 24 Agustus 2022 18:07 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Bejo Sugiantoro beri pesan khusus untuk anaknya yang tergabung di Timnas U-19.

INDOSPORT.COM - Staf pelatih Persebaya Surabaya, Bejo Sugiantoro bongkar perbedaan sepak bola zaman dulu dan sekarang. Bedanya sangat signifikan dengan Liga 1 2022-2023.

Sebagaimana diketahui, Bejo Sugiantoro adalah salah satu pesepak bola legendaris jebolan Persebaya Surabaya, dan menjadi salah satu langganan di Timnas Indonesia.

Baca Juga

Bejo Sugiantoro dikenal sebagai petualang. Ia sempat membela PSPS Pekanbaru asal Sumatera, lalu ke Mitra Kukar di Kalimantan, hingga ke Persidafon Dafonsoro di Papua.

Selain itu, Bejo juga pernah berseragam Deltras Sidoarjo hingga Perseba Bangkalan. Tetapi, ia selalu melekat dengan Persebaya.

Sampai saat ini pun, Bejo Sugiantoro yang sudah berusia 45 tahun, masih tergabung sebagai staf pelatih Persebaya Surabaya.

Baca Juga

Menghabiskan waktu di lapangan hijau, Bejo Sugiantoro mengaku melihat adanya perbedaan signifikan antara industri sepak bola zaman dulu hingga masa sekarang.

"Sekarang fasilitas serba ada ya. Dulu kita tahu tidak ada fisioterapi, cuma masseur, beda banget," ungkap Bejo Sugiantoro dalam tayangan Youtube Tiento Indonesia.

Baca Juga

"Kalau dulu, kita dituntut untuk selalu siap. Kalau sekarang, misal sakit kan sudah ada tim medisnya, dokter datang, fisioterapis dan masseur menangani," jelasnya.

"Dulu enggak, kita malah diberi ultimatum oleh manajemen, kalau dalam seminggu kita enggak sembuh, kita dicoret," kenang Bejo, yang merupakan pemain jebolan Primavera.


1. Tim Kalah, Bejo Ogah Keluar Rumah

Bejo Sugiantoro memimpin latihan Persebaya di Lapangan Polda Jatim, Senin (12/8/19).

Bejo Sugiantoro melihat adanya pergeseran kebiasaan pesepak bola zaman dulu hingga sekarang. Salah satu dampak positif yang ia rasakan adalah fasilitas yang makin komplit.

Maka dari itu, setelah menjabat sebagai staf pelatih, Bejo Sugiantoro berharap pemain fokus mengembangkan kemampuannya, dan membayar timnya dengan prestasi.

Baca Juga

"Bersyukur sekali pemain sekarang fasilitas komplit, tinggal prestasi yang dituntut oleh manajemen," ungkap Bejo Sugiantoro.

Namun, salah satu pergeseran negatif yang Bejo rasakan, saat ini pemain bola tidak bisa lepas dari gadget dan platform media sosial

Padahal, media sosial memiliki dampak negatif yang sudah banyak dirasakan para pemain, khususnya mental mereka yang ikut jatuh karena di-bully saat kalah bertanding.

Baca Juga

Berbeda dengan zaman dulu, Bejo justru harus menghadapi amukan suporter tim secara langsung. Ia terkenang satu momen saat kalah, ia justru dilempari air kencing.

"Dulu tidak ada sosmed, kita dihujat dengan dilempari di stadion, bahkan air seni juga, saya pribadi mengalami," ungkap Bejo.

"Sekarang mungkin bully-an datang dari sosmed, tinggal kita yang menyiasatinya agar tidak terpengaruh dengan ocehan netizen, kita jalan aja," pesan sang pelatih.

Baca Juga

Bejo Sugiantoro juga terkenang saat timnya kalah, para pemain enggan keluar dari mess karena takut digeruduk oleh para suporter.

"Bebannya lebih berat yang dulu, kalau kita kalah, di mall saja kita diomelin, sampai kita menyadari bahwa kekalahan itu tuh sangat berat dan kita tak berani keluar," tukasnya.


2. Rekap Perjalanan Persebaya di Liga 1 2022

Aksi Taisei Marukawa dalam pertandingan Liga 1 antara Persebaya vs PSIS Semarang, Selasa (23/8/22).

Di bawah komando Bejo Sugiantoro dan pelatih kepala Aji Santoso, skuat Persebaya Surabaya mengalami naik turun performa di kompetisi Liga 1 2022.

Berikut rekap hasil Persebaya Surabaya hingga pekan keenam Liga 1 2022. Bajul Ijo meraih dua kemenangan, satu hasil imbang, dan tiga laga lainnya berujung kekalahan.


Persikabo 1973 1-0 Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya 2-0 Persita Tangerang

Bhayangkara FC 1-0 Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya 2-2 Madura United

Borneo FC 2-1 Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya 1-0 PSIS Semarang

Persebaya SurabayaPelatihIn Depth SportsLiga 1Bejo SugiantoroBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini