x

Liga 1: Pelatih Persija Naik Darah, Desak PSSI Hukum Berat Arthur Bonai

Rabu, 24 Agustus 2022 16:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, masih menyimpan kecewa menyikapi pelanggaran yang dilakukan pemain Rans Nusantara FC, Arthur Bonai, terhadap beknya, Ondrej Kudela, Sabtu (20/8/22).

Bek Persija, Ondrej Kudela, menerima hantaman keras dari Arthur Bonai dalam pekan kelima Liga 1 Indonesia 2022-2023 beberapa waktu lalu. Ia tampak disikut dengan sengaja.

Baca Juga

Imbas kerasnya sikutan tersebut membuat mulut Ondrej Kudela berdarah dan harus dilarikan ke rumah sakit usai pertandingan dan mendapatkan tiga jahitan di sekitar bibirnya.

Ada satu kekecewaan besar dari Thomas Doll dari pelanggaran tersebut. Wasit hanya mengerikan kartu kuning terhadap Arthur Bonai.

"Cedera yang didapatkan Kudela seharusnya tidak terjadi di lapangan dan pemain Rans FC itu harus dikeluarkan," kata Thomas Doll.

Baca Juga

Bagi Thomas Doll ada alasan kuat mengapa seharusnya Arthur Bonai mendapat kartu merah. Kerasnya sikutan bisa saja memberikan dampak berbahaya bagi Ondrej Kudela di kemudian hari.

"Setiap orang bisa melihat apa yang terjadi dan kejadian ini tak bisa diterima karena bisa saja berdampak lebih bahaya untuk Kudela," lanjut Thomas Doll.

Berkaca dari kejadian ini, Thomas Doll berharap PSSI bisa memberikan hukuman tegas terhadap pemain-pemain yang melakukan pelanggaran keras. Terlebih bila terbukti membahayakan nyawa pemain lain.

Baca Juga

"Jadi saya sangat berharap dari PSSI bisa tegas karena kita bicara soal sepak bola yang jujur, fairplay, dan ada anak-anak yang melihat ini di Youtube atau televisi. Bagi saya ini tidak bisa terjadi," cetus Thomas Doll.

"Berbicara soal fair play, pemain yang melakukan pelanggaran semacam itu seharusnya dikeluarkan dari laga. Sanksi larangan bermain selama beberapa pekan," tegas Thomas Doll.


1. Bandingkan dengan Eropa

Pertandingan Liga 1 antara RANS Nusantara FC vs Persija Jakarta di Stadion Pakansari, Sabtu (20/08/22).

Bahkan Thomas Doll mengatakan perilaku ini di sepak bola Eropa tidak dapat ditoleransi. Dia sangat marah atas insiden yang dilakukan oleh Arthur Bonai.

Baca Juga

"Di Eropa, tindakan seperti itu tak bisa lagi didiskusikan, entah itu dalam laga atau setelah laga karena ada video yang bisa lihat semua," jelasnya.

Baca Juga

"Jadi saya berharap ke PSSI kalau tidak ada yang dilakukan saya tak bisa percaya lagi ke sepak bola yang jujur. Saya sangat marah ketika melihat pelanggaran itu dan melihat apa yang terjadi dengan pemain saya," tutup Thomas Doll.


2. Kabar Baik dari Kudela dan Hansamu

Bek anyar Persija Jakarta, Ondrej Kudela.

Meski mengeluh karena padatnya jadwal, Persija Jakarta setidaknya dapat kabar baik dari dua bek mereka, Ondrej Kudela dan Hansamu Yama, jelang kontra Persita Tangerang di Liga 1 2022-2023.

Persija Jakarta dijadwalkan menjamu Persita Tangerang pada pekan keenam Liga 1. Pasukan Macan Kemayoran bakal meladeni perlawanan Pendekar Cisadane di Stadion Patrio Candrabhaga, Kota Bekasi, Rabu (24/08/22) malam ini.

Jelang menjamu Persita Tangerang, Persija Jakarta mengaku kondisi mereka kurang ideal. Hal ini tak lepas dari pendeknya jarak antara pekan kelima dan keenam Liga 1.

Baca Juga

Hal ini pun dikeluhkan oleh pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. Bahkan Doll menilai karena mepetnya waktu dia tidak bisa menggelar latihan secara maksimal.

"Minggu ini kami tidak bisa latihan banyak karena baru main beberapa hari lalu. Saya melatih crossing dan finishing. Sudah semakin bagus," cetus Thomas Doll.

Persija JakartaRans Nusantara FCLiga IndonesiaArthur BonaiLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023Thomas DollOne FootballOndrej Kudela

Berita Terkini