x

PSSI Sudah Siapkan Lawan Timnas Indonesia di Tahun 2023

Rabu, 24 Agustus 2022 13:40 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri (kanan), sepertinya bergerak cepat dalam mempersiapkan calon lawan Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday di tahun 2023 mendatang.

INDOSPORT.COM - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri sepertinya bergerak cepat dalam mempersiapkan calon lawan Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday di tahun 2023 mendatang, Selasa (23/08/22).

Timnas Indonesia memang sudah memiliki calon lawan untuk agenda FIFA Matchday terakhir di tahun 2022 ini.

Baca Juga

Di mana skuat Garuda dijadwalkan menghadapi Curacao dalam agenda FIFA Matchday di bulan September mendatang.

Tak hanya sekali Timnas Indonesia menghadapi Curacao, tetapi dua kali. Yakni pada 24 September di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan 27 September di Jakarta International Stadium (JIS).

"Timnas Indonesia dipastikan akan melawan Curacao pada laga FIFA Match Day tanggal 24 dan 27 September 2022 mendatang. Ini FIFA Match terakhir tahun 2022," tulis narasi postingan Indra Sjafri.

Baca Juga

Namun Indra Sjafri mengatakan lawan Timnas Indonesia tak berhenti di curacao. Dia sudah menyiapkan lawan untuk Timnas Indonesia di FIFA Matchday di tahun 2023 mendatang.

"PSSI sudah mulai menyiapkan calon lawan FIFA Matchday tahun 2023 dan akan diumumkan saat yang tepat siapa calon lawannya," sambung Indra Sjafri.

Baca Juga

Tahun depan sendiri agenda Shin Tae-yong akan banyak di Timnas Indonesia baik itu senior atau kelompok umur. Sebab, bakal ada turnamen yang diikuti oleh tim Garuda.

Turnamen tersebut adalah Piala Asia dan Piala Dunia U-20. Selain Piala Dunia yang sudah pasti digelar di Indonesia, Piala Asia kabarnya juga akan dihelat di Tanah Air. 
 


1. Timnas Indonesia Resmi Tantang Curacao di FIFA Matchday

Selebrasi Evan Dimas dan Irfan Jaya di laga Timnas Indonesia vs Kamboja pada ajang Piala AFF 2020, Kamis (09/12/21).

Timnas Indonesia memastikan diri menantang Curacao dalam agenda FIFA Matchday bulan September mendatang, Jumat (19/08/22).

Skuat Garuda dijadwalkan menantang Curacao sebanyak dua kali pada 24 dan 27 September mendatang. Nantinya Timnas Indonesia akan menjamu Curacao di dua stadion kota yang berbeda.

Baca Juga

Kedua stadion tersebut adalah Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung dan Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta. Kepastian ini disampaikan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Alhamdulillah kami sudah deal dengan Curaçao," buka Yunus Nusi.

"Mereka tim yang kuat, serta akan main dua kali di Indonesia yakni tanggal 24 September di Stadion Bandung Lautan Api dan tanggal 27 di Stadion Jakarta International Stadium," kata Yunus Nusi. 

Baca Juga

Curaçao merupakan negara dari Kepulauan Karibia dengan peringkat FIFA 84 dan tergantung ke zona CONCACAF. Untuk skuad Garuda saat ini menempati peringkat 155 dunia.

"Semoga dua kali laga melawan Curaçao kami meraih kemenangan untuk mendongkrak peringkat FIFA Indonesia dan sebagai salah satu persiapan mengikuti Piala AFF akhir tahun nanti," tambah Yunus Nusi.

Sebelumnya PSSI juga menjalin komunikasi dengan India untuk laga FIFA Match Day selain melawan Curaçao.

Baca Juga

"Opsi melawan India batal karena mereka mendapatkan sanksi dari FIFA. Untungnya PSSI belum deal dengan India, jadi tidak mengganggu persiapan untuk lawan di laga FIFA Match Day," katanya.

Pada laga FIFA Match Day terakhir bulan Juni lalu, Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung dan berakhir dengan skor imbang 0-0 untuk kedua tim.


2. Gelandang Naturalisasi asal Korea yang Siap Bela Timnas Indonesia

Gelandang naturalisasi asal Korea Selatan, Lee Yu-jun. Foto: Instagram@leeyujun89

Berikut profil Lee Yu-jun, gelandang naturalisasi asal Korea Selatan yang siap untuk memperkuat Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, Lee Yu-jun yang kini merupakan pemain andalan klub Liga 1 2022-2023, Madura United, akhirnya resmi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).

Lee Yu-jun sah menjadi WNI setelah enam tahun berkarier di Indonesia. Ia mengajukan diri untuk berpidah status warga negara dari Korea Selatan ke Indonesia sejak 2020 lalu.

Setelah proses selama dua tahun, ia akhirnya dilantik menjadi WNI jelang pekan keempat Liga 1 2022-2023. Sebelumnya ia tidak bisa dimainkan oleh Madura United karena slot pemain asing sudah penuh.

Barulah di pekan keempat Liga 1 2022-2023, tepatnya saat Madura United dijamu Persebaya Surabaya pada Minggu (14/08/22) lalu, Lee Yu-jun bisa menjalani debut. Jika benar dinaturalisasi, maka Lee Yu-jun juga bisa saja debut membela Timnas Indonesia. 

Baca Selengkapnya: Profil Lee Yu-jun, Gelandang Naturalisasi asal Korea yang Siap Bela Timnas Indonesia

FIFAIndra SjafriTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTim Nasional CuracaoBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini