x

Liga 1: Bukan Cuma Marselino, Persebaya Punya Banyak Siasat Bungkam PSS Sleman

Jumat, 26 Agustus 2022 19:56 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menegaskan kekuatan timnya bukan sebatas Marselino Ferdinan saja menjelang laga pekan ke-7 Liga 1 Indonesia 2022-2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (27/8/22).

Marselino menjadi pahlawan kemenangan 1-0 Persebaya atas PSIS Semarang via sepakan spektakuler dari luar kotak penalti pada detik-detik akhir pertandingan.

Baca Juga

Gol itu semakin menegaskan kontribusi besar Marselino untuk Persebaya. Pada musim lalu, Marselino mencatatkan 23 penampilan dengan torehan empat gol dan sejumlah umpan penting.

Namun, Aji menegaskan bahwa Persebaya Surabaya bukan Marselino saja. Dalam sistem sepak bola yang dianutnya, sebuah tim bisa berkembang dengan seluruh pemain.

"Bagi saya sepak bola itu mengandalkan kolektivitas tim, tidak pernah mengandalkan satu dua pemain saja, termasuk Marsel, karena sepak bola itu 11 orang, tapi tidak dipungkiri dia salah satu faktor penting di tim," kata Aji Santoso, Jumat (26/8/22).

Baca Juga

Bagi Aji, kualitas pemuda kelahiran 9 September 2004 itu cukup bagus. Dalam usia muda, Marselino Ferdinan bisa terus berkembang, tapi sekali lagi Persebaya bukan hanya mengandalkan dirinya, termasuk melawan PSS Sleman.

"Secara individu kita tahu kualitas Marsel seperti apa, tapi yang jelas saya lebih mengandalkan kolektivitas tim," tutur Aji Santoso.

Baca Juga

Dalam laga melawan PSS, Aji menyebut seluruh pemain yang dibawa ke Sleman dalam kondisi baik. Persebaya Surabaya melakukan sesi latihan resmi pada Jumat pagi.

"Kami melakukan official training satu jam. Saya lihat pemain dalam kondisi yang cukup baik. Saya prediksi pertandingan bakal berjalan seru," ungkap Aji.


1. Puji Kualitas Seto

Selebrasi gelandang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan

Berbicara kekuatan lawan, Aji menilai PSS Sleman sebagai tim bagus, terutama berkat sentuhan pelatih Seto Nurdiyantoro. Permainan mereka semakin berkembang dari pekan ke pekan di Liga 1 2022-2023.

"Saya lihat PSS di tangan Seto perkembangan bagus dan cara bermainnya bagus. Dulu juga pernah bermain sama saya di Timnas. Bahkan saya satu grup dengan coach Seto saat ambil lisensi Pro. Saya tahu kualitas coach Seto. Pelatih muda berkualitas," jelas Aji.

Baca Juga

Kemampuan Seto dalam meracik tim berpadu dengan materi pemain yang bagus. Aji melihat materi PSS banyak dihuni para pemain berkualitas.

"PSS Sleman dihuni materi pemain cukup bagus, pemain asing mereka juga berkualitas. Mereka juga baru saja mendapatkan nilai positif, laga away lawan Persik Kediri menang 2-0," ucap Aji Santoso.

Baca Juga

"Sedangkan kami lawan Semarang menang dengan dramatis, di mana menit akhir bisa mencetak gol. Mudah-mudahan pertandingan berjalan seru dan kami bisa dapat poin," sambung Aji.


2. Modal Percaya Diri

Pertandingan Liga 1 antara Persebaya Surabaya melawan PSIS Semarang.

Sementara itu, gelandang Persebaya, Marselino Ferdinan, memastikan Persebaya sudah siap melawan PSS. Kemenangan 1-0 atas PSIS Semarang meningkatkan percaya diri skuat muda tim Bajul Ijo.

Masa persiapan berjalan bagus untuk mengantisipasi kelebihan yang dimiliki PSS. Marselino menyebut Aji Santoso sudah memberi kiat-kiat khusus melawan strategi Seto Nurdiyantoro.

Baca Juga

"Dengan apa yang diberikan coach Aji dalam latihan, dengan kombinasi dll, tinggal melakukan dengan baik dan kerja keras," jelas Marselino.

Dalam tiga laga tandang sebelumnya, Persebaya mencatatkan hasil buruk dengan tiga kekalahan serta kemasukan empat gol. Partai ini diharapkan bisa mengakhiri rentetan hasil buruk laga tandang musim ini.

Persebaya SurabayaAji SantosoPSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaMarselino FerdinanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini